3.4.21

Pelestarian Lingkungan dan Penerapan 3R dengan Memanfatkan Kembali Kertas Bekas Menjadi Amplop

Pelestarian Lingkungan dan Penerapan 3R dengan Memanfatkan Kembali Kertas Bekas Menjadi Amplop 

Tugas Essay Psikologi Lingkuang Genap 2020/2021

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA


Nisa Armila Gunawan (19310410076)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


   Jika kita mendengar tentang kata pelestarian lingkungan, yang terpikir dikepala kita adalah tentang menjaga lingkungan tersebut supaya tidak tercemar. Dilansir dalam buku Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan (2014) karya Arif Zulkifli dalam (Cahya : 2020), pelestarian lingkungan hidup adalah rangkaian usaha untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup. Daya dukung lingkungan berhubungan dengan kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup yang lain. Sedangkan daya tampung lingkungan, berhubungan dengan kemampuan lingkungan untuk menyerap zat, energi, dan komponen lain yang masuk ke dalam lingkungan. Pelestarian lingkungan hidup berarti memanfaatkaan lingkungan secara bijak agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga. 

      Dalam menjaga keseimbangan linkungan, kita bisa menerapkan 3R  (Reduce, Reuse, Recycle). Sistem 3R yaitu Reduce, reuse dan recycle adalah sistem pengelolaan sampah yang berorientasi pada pencegahan timbulnya sampah, meminimalisir sampah dengan memanfaatkan kembali barang yang masih dapat digunakan, mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat serta penerapan pembuangan sampah yang ramah lingkungan (Helmi, dkk : 2018).

 


      Melakukan kegiatan 3R, sangatlah mudah jika kita mempunyai keinginan atau motivasi diri yang kuat. Seperti hal sederhana yang bisa kita lakukan dengan sistem 3R adalah membuat amplop dari kertas bekas. Disini penulis membuat amplop kecil untuk hari raya nanti. Penulis menggunakan kertas ukuran A4 bekas kumpulan-kumpulan makalah yang gagal. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan hanyalah kertas berkas, gunting, lem dan spidol.

 


Lankah-langkahnya:

1. Siapkan kertas A4 yang sudah tidak terpakai, lalu bagi kertas tersebut menjadi 4 bagian seperti pada gambar (1).

2. Setelah itu, lipat dan potong dengan pola yang ada pada gambar (2).

3. Setelah membentuk pola seperti yang ada pada gambar (2), berilah lem pada lipatan yang kecil. Lalu eratkan dan hasilnya seperti pada gambar (3). Maka amplop telah setengah jadi.

4. Buatlah juga kertas kecil dengan ukuran yang panjang seperti pada gambar (4).

5. Lingkarkan kertas kecil panjang tersebut pada amplop tersebut seperti pada gambar (5), jangan lupa untuk memotong kertas bagian belakangnya.

6. Setelah itu, kamu bisa kreasikan amplop tersebut dengan hiasan. Bisa memakai spidol, pensil warna ataupun crayon. Sekreatif mungkin. Amplop yang telah jadi bisa digunakan.

       Dengan melakukan hal sederhana seperti diatas, kita ikut berkontribusi dalam menjaga pelestarian lingkungan dengan cara 3R. Kita telah membantu mengurangi banyaknya pohon yang ditebang untuk dijadikan kertas. Kita juga telah membantu mengurangi pengeluaran air yang digunakan dalam pembuatan kertas teresebut. Selain itu manfaat yang kita dapatkan adalah menghemat pengeluaran. Jika semakin banyak orang yang sadar dan mau menerapkan 3R. Dampaknya akan semakin besar bagi lingkungan.


REFRENSI :

Dicky, Cahya. (2020). Kompas : Pelestarian Lingkungan Hidup: Definisi dan Tujuan. https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/28/170438669/pelestarian-lingkungan-hidup-definisi-dan-tujuan (diakses pada 3 Maret 2021)

Helmi, Henny dkk. (2018). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat : Peningkatan kepedulian lingkungan melalui pembinaan penerapan sistem 3R (reduce, reuse, recycle). ISSN 2355-1615 (print)/ISSN 2477-2992 (online)

Sumber Gambar : https://twitter.com/petragroupid/status/990818911644864512?lang=he 

0 komentar:

Posting Komentar