3.4.21

Aktivitas Pengusir Bosan Dirumah Selama Covid-19

Aktivitas Pengusir Bosan Dirumah Selama Covid-19


Tugas Essay Psikologi Lingkuang Genap 2020/2021

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA


Nisa Armila Gunawan (19310410076)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


      Kurang lebih sudah satu tahun lamanya Covid-19 menyerang Indonesia. Adanya Covid-19 menyebabkan banyak kegiatan dilakukan secara online, seperti sekolah, kuliah, bekerja, belanja atau kegiatan lainnya. Masyarakat yang berdiam dirumah sudah cukup bosan dengan kegiatan yang serba terbatas atau mungkin ada yang sampai stress. Jika kecemasan yang disebabkan oleh rasa bosan meningkat, maka situasi tersebut akan merusak kesehatan mental. 

      Menurut Muhibbin Syah (1999:161), jenuh dapat berarti jemu dan bosan dimana sistem akalnya tidak dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan dalam memproses item-item informasi atau pengalaman baru. Sedangkan secara harfiah jenuh ialah padat atau penuh sehingga tidak memuat apapun. Sedangkan menurut Al-Qawiy (2004:1) bahwa kejenuhan adalah tekanan sangat mendalam yang sudah sampai titik jenuh. 


    Ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan selama dirumah untuk mengusir rasa bosan, yaitu :

1. Memasak, selain untuk meningkatkan kreatifitas memasak juga bisa dijadikan sarana meditasi untuk kita.

2. Bercocok tanam, aktivitas ini sedang di gandrungi oleh banyak orang mulai dari kalangan artis hingga masyarakat biasa. Hal ini disebabkan karena ada beberapa tanaman yang dihargai dengan sangat mahal yang akhirnya menarik banyak perhatian orang. Becocok tanam bisa menghilangkan rasa jenuh, selain itu jika tanaman yang kita tanam adalah sayuran atau bahan pangan lainnya maka kita bisa menghemat pengeluaran.

3. Menonton film, semua kalangan pasti suka menonton film baik itu anak-anak atau orang dewasa. Dimasa covid sekarang ini merupakan waktu yang cocok untuk menjajal semua film-film. Menonton film adalah suatu hiburan yang bisa menurunkan stress yang kita alami. Selain itu, kita bisa mengambil pelajaran dari sebuah film yang kita tonton.

4. Membaca, aktivitas ini bisa jadi alternatif bagi kita untuk menghilangkan rasa bosan. Bacalah gendre buku yang kita sukai.

5. Menulis, aktivitas ini biasanya tidak jauh dari aktivitas membaca. Biasanya orang yang suka menulis pasti suka membaca juga. Selain bermanfaat untuk mneghilangkan bosan, menulis juga bisa kita jadikan kegiatan yang menghasilkan pemasukan. Caranya yaitu dengan mengikuti lomba-lomba kepenulisan.

6. Merawat hewan peliharaan, dengan memiliki hewan peliharan kita merasa mempunyai seorang teman. Merawat hewan peliharaan juga dapat menghilangkan rasa stress selain itu bisa melatih tanggung jawab pemiliknya. 

7. Melakukan hal yang baru, seperti membuat kerajinan. Hal ini akan meningkatkan kreativitas kita, bahkan selain sebagai pengusir bosan kerajinan dapat memberikan kita pemasukan jika dijadikan usaha rumahan.

     Sebelum kita memilih aktivitas mana yang akan kita lakukan, pilihlah sebuah aktivitas yang menurutmu menyenangkan. Aktivitas yang biasa penulis lakukan adalah memasak, menonton film, merawat peliharaan atau melakukan hal yang baru. Semoga aktivitas-aktivitas yang disebutkan di atas menambah referensi pembaca dalam melakukan kegiatan dirumah selama Covid-19. Stay healthy:)


REFERENSI :

 Al-Qawiy, Abdirrahman, Abu. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Jakarta: Khalifa

Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sumber Gambar : https://pantuncinta2000.blogspot.com/2020/04/10-pantun-bosan-di-rumah-ini-obatnya.html


1 komentar:

  1. Mantap sekali ka, nonton film, memasak dan membaca buku menjadi hal paling menyenangkan

    BalasHapus