7.4.21

OPTIMALISASI PEMANFAATAN AIR MELALUI KEGIATAN BUDIDAYA IKAN

 



Teguh sundoro/ 19310410054

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45

Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta, M.A

Air merupakan sumber daya alam yang paling berharga. Air merupakan kebutuhan primer untuk keperluan rumah tangga sehari-hari, seperti mandi, minum, memasak dan mencuci. Kebutuhan terhadap air mutlak harus bisa dipenuhi setiap manusia. Oleh karena itu, disetiap daerah harus bisa mengoptimalkan ketersediaan sumber daya air yang ada untuk bisa dimanfaatkan dalam penggunaanya secara baik dan efesien. Mengingat dari tahun ke tahun penduduk Indonesia selalu mengalami pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kebutuhan air.Air mempunyai nilai ekonomis. Nilai ekonomi akan berbeda di setiap lokasi karena ketersediaannya. Selain itu, nilai ekonomi akan semakin tinggi karena air menjadi salah satu input untuk proses industri berbagai produk yang memerlukan air, seperti industri yang memproduksi minuman, industri berbagai produk. Pada kondisi jumlah yang membutuhkan semakin meningkat maka potensi terjadinya konflik sangat besar sehingga perlu berhati-hati dalam memanfaatkannya serta perlu praktik pengelolaan yang baik.

        Dalam perkembangannya, air secara sangat cepat menjadi sumberdaya yang

makin langka dan relatif tidak ada sumber penggantinya. Meskipun Indonesia termasuk 10 negara kaya air, namun dalam pemanfaatannya terdapat permasalahan mendasar yang masih terjadi. Pertama, adanya variasi musim dan ketimpangan spasial ketersediaan air. Pada musim hujan, beberapa bagian di Indonesia mengalami kelimpahan air yang luar biasa besar sehingga berakibat terjadinya banjir dan kerusakan lain yang ditimbulkannya. Di sisi lain, pada musim kering kekurangan air dan kekeringan menjadi bencana di beberapa wilayah lainnya. Permasalahan mendasar yang kedua adalah terbatasnya jumlah air yang dapat dieksplorasi dan dikonsumsi, sedangkan jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menyebabkan kebutuhan air baku meningkat secara drastis. Masalah kualitas air semakin mempersempit alternatif sumber-sumber air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Ketersediaan air sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, bahkan air dapat menjadi salah satu factor penghambat pertumbuhan perekonomian suatu negara.

 

      Pada awalnya sumberdaya air lebih banyak dimanfaatkan untuk aktivitas pertanian namun dengan berkembangnya berbagai sektor lainnya yang juga membutuhkan air  sebagai contoh pembuatan kolam atau ternak ikan  Potensi sumber daya air yang melimpah di wilayah Desa Ngawen Maguwoharjo Depok Sleman disertai dengan pengelolaan yang optimal.sebagai contoh yaitu masyarakat membuat kolam ikan nilai merah baik pembibitan maupun pembesaran

kolam merupakan lahan yang dibuat untuk menampung air dalam jumlah tertentu sehingga dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan dan atau hewan air lainnya sehingga air yang mengalir dari atas tidak masuk langsung ke sungai besar sehingga pemanfaatan air bisa maksimal atau lebi bermanfaat lebih optimal Berdasarkan pengertian teknis (Susanto, 1992), kolam merupakan suatu perairan buatan yang luasnya terbatas dan sengaja dibuat manusia agar mudah dikelola dalam hal pengaturan atau pengelolaan air, jenis hewan budidaya dan target produksinya. Kolam selain sebagai media hidup ikan juga harus dapat berfugsi sebagai sumber penghasilan masyarakat sekitar, artinya kolam harus berpotensi untuk dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar. Pembangunan perikanan bertujuan untuk mewujudkan stabilitas ekonomi yang seimbang sekaligus pengembangan pembangunan desa dan meningkatkan taraf hidup pengusaha ikan nila. Diperlukan strategi usaha yang tepat dan dapat diandalkan agar budidaya ikan nila ini berkesinambungan dan perekonomian masyarakat meningkat.Pengembangan perikanan budidaya dalam negeri memang tengah digenjot pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut potensi lahan budidaya di Indonesia masih sangat luas, baik untuk komoditas air tawar, payau, juga laut. Kemudian tren konsumsi hasil perikanan yang kian meningkat membuat subsektor ini menjanjikan nilai ekonomi yang tinggi.

 

Referensi:

-       https://media.neliti.com/media/publications/62436-ID-pemanfaatan-waduk-untuk-budidaya-ikan-da.pdf

-       http://www.opi.lipi.go.id/data/1228964432/data/13086710321320145698.makalah.pdf

-       https://www.researchgate.net/publication/265151944_Potensi_Sumber_Daya_Air_di_Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar