7.4.21

LINGKUNGAN YANG BERSIH DARI SAMPAH

 





       


Teguh sundoro/ 19310410054

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45

Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta, M.A

      Lingkungan adalah tempat berlangsungnya kehidupan semua makhluk hidup.Sebagai makhluk hidup kita harus bisa menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan menjadi bersih,indah,dan nyaman.Lingkungan yg bersih adalah lingkungan yg terbebas dari polusi,apakah itu polusi air,tanah,ataupun udara.Kita harus bisa menjaga kebersihan lingkungan,membiasakan pola hidup bersih,seperti membuang sampah pada tempatnya,menjaga kebersihan agar kita terhindar dari penyakit, lingkungan yg indah menurut saya adalah lingkungan yang rapi dan nyaman.Cara untuk menjadikan lingkungan yg indah adalah tetap menjaga keindahan lingkungan.Atau membersihkan semua yg ada di sekitar kita dari sampah seperti menyapu halaman,Lingkungan yang nyaman sangat penting bagi kita karena jika kita menempati lingkungan yg nyaman kita akan merasa betah tinggal di lingkungan tersebut.

      Mempunyai tempat tinggal yang berada pada lingkungan yang sehat tentu sangatlah menyenangkan. Setiap hari kita akan disambut oleh udara yang bersih dan menyegarkan dan sangat membantu untuk menghilangkan seluruh stress kita karena pekerjaan. Lingkungan rumah yang masih sehat dan asri memang saat ini sudah cukup jarang untuk bisa ditemui karena semakin padatnya lingkungan tempat tinggal di mana saja.Memang saat ini pertambahan jumlah penduduk meningkat secara pesat dan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi semakin padat. Dengan pertambahannya jumlah penduduk juga otomatis membuat lingkungan bisa menjadi lebih tidak sehat dan kotor. Sungguh disayangkan memang jika melihat lingkungan yang kita tinggali secara perlahan menjadi kotor dan tidak terawat.Lingkungan tempat tinggal yang kotor dan tidak menyehatkan akan membawa banyak dampak yang buruk bagi siapa saja yang tinggal di dalam lingkungan tersebut. Oleh karena itulah kita harus ikut berperan langsung untuk menciptakan lingkungan sehat dimulai dari rumah kita sendiri.Jumlah penduduk yang terus meningkat maka kita perlu diadakan proses perawatan lingkungan yang didasari oleh setiap individu masing – masing. Dengan tersedianya sebuah sistem yang mengharuskan setiap lingkungan untuk menjaga kebersihan dari lingkungan maka bisa didapatkan sebuah kondisi lingkungan yang kondusif dan tertata dengan baik,untuk menciptakan dan menjaga lingkungan yang sehat adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Pisahkanlah antara sampah yang bisa diolah dan tidak agar mempermudah pekerjaan dari petugas kebersihan untuk memisahkannya. Selain itu juga daur ulang kembali sampah plastik Anda agar bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat sebelum akhirnya Anda buang begitu saja.

     Setiap hari rasanya sulit melepaskan diri dari plastik. Bertahun-tahun kita dimanjakan dengan kemudahan, kepraktisan, dan murahnya harga kemasan plastik. Mulai dari membeli air mineral, secangkir kopi, berbelanja di supermarket, hingga membeli bubur ayam di pagi hari, sudah pasti kita bertemu dengan kemasan plastik.Sayangnya, sampah plastik yang bersifat anorganik ini sulit diurai bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya. Plastik yang kita gunakan karena alasan kepraktisan berubah menjadi polutan yang membahayakan lingkungan.Kantong plastik menjadi isu pembicaraan penting akhir-akhir ini di dunia pengelolaan sampah. Harganya yang murah, gampang ditemukan, dan mudah digunakan membuat kantong plastik telah menjadi bagian dari hidup manusia. Hampir semua kemasan makanan dan pembungkus barang dan makanan menggunakan plastik dan kantong plastik. Belum lagi plastik untuk kebutuhan lain seperti peralatan dan perabotan rumah tangga, mainan anak-anak, alat olahraga, peralatan elektronik maupun medis, dan sebagainya.

   Plastik baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20. Namun  penggunaannya berkembang secara luar biasa dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an, menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005. Plastik menjadi primadona karena beberapa sifatnya yang istimewa yakni, mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan; bobotnya ringan sehingga bisa menghemat biaya transportasi; tahan lama; aman dari kontaminasi kimia, air dan dampaknya; aman sebagai kemasan barang maupun makanan; dan tahan terhadap cuaca dan suhu yang berubah; dan yang lebih penting lagi adalah harganya murah.Fenomena booming sampah plastik telah menjadi momok yang menakutkan di setiap belahan bumi. Tidak saja di negara-negara berkembang tetapi juga di negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, dan Jepang. Saat ini penggunaan material plastik di negara-negara Eropa Barat mencapai 60kg/orang/tahun, di Amerika Serikat mencapai 80kg/orang/tahun, sementara di India hanya 2kg/orang/tahun.

         Akibat sampah plastik yang memerlukan ratusan bahkan ribuan tahun untuk terurai kembali ke bumi, 57 persen sampah yang ditemukan di pantai berupa sampah plastik. Sebanyak 46 ribu sampah plastik mengapung di setiap mil persegi samudera bahkan kedalaman sampah plastik di samudera pasifik sudah mencapai hamper 100 meter. Bahkan menurut catatan lebih dari 1 juta burung dan 100 ribu binatang laut Di Indonesia, menurut data statistik persampahan domestik Indonesia, jenis sampah plastik menduduki peringkat kedua sebesar 5.4 juta ton per tahun atau 14 persen dari total produksi sampah. Dengan demikian, plastik telah mampu menggeser sampah jenis kertas yang tadinya di peringkat kedua menjadi peringkat ketiga dengan jumlah 3.6 juta ton per tahun atau 9 persen dari jumlah total produksi sampah.

Referensi:

-       https://inswa.or.id/fenomena-sampah-plastik-di-indonesia/

-       https://www.rumah.com/panduan-properti/sampah-plastik-masalah-yang-muncul-dan-solusinya-27262

0 komentar:

Posting Komentar