7.4.21

KEBERSIHAN KANDANG AYAM

 



Teguh sundoro/ 19310410054

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45

Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta, M.A


            Banyak masyarakat yang telah mengenal ayam petelur, karena ayam ini merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Telur merupakan hasil dari siklus reproduksi ayam betina atau bagi unggas betina pada umumya dalam proses menghasilkan keturunan, namun pada ayam petelur, khususnya ayam petelur untuk diambil telurnya.Ayam ras petelur merupakan hasil dari berbagai perkawinan silang dan seleksi yang sangat rumit dan diikuti upaya perbaikan manajemen pemeliharaan secara terus menerus, akibatnya ayam ras petelur bisa disebut sebagai hewan ternak yang “manja” kesalahan atau kealpaan dari berbagai segi tatalaksana pemeliharaan akan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit, sebagai contoh a. ayam ras petelur mudah terserang berbagai penyakit, sehingga upaya pencegahan harus terus dilakukan secara teratur baik dengan cara mengontrol kebersihan kandang, melakukan vaksinasi untuk penyakit tertentu atau memisahkan ayam yang sakit agar penyakitnya tidak menular pada ayam lainnya. b. Pemberian pakan dengan kualitas yang rendah dari semestinya, terutama saat pertumbuhan diperkirakan berada pada titik maksimal, dan mengakibatkan laju pertumbuhan, akibatnya tahun produksi yang semestinya sudah bisa dicapai saat berumur 16 – 18 minggu bisa mundur sampai umur 20 minggu. Untuk itu perlu kiranya mengetahui bagaimana tatalaksana pemeliharaan ayam ras petelur yang baik dan benar.Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan agar penghuninya tidak gampang terserang penyakit akibat kuman-kuman yang bersarang di lingkungan kandang. Supaya kondisi kandang selalu bersih dan terjaga, kotoran-kotoran yang ada di dalam kandang harus dibersihkan setiap hari. Namun perlakuan ini belum menjamin kandang bebas dari bibit-bibit penyakit.Tidak hanya bagi manusia yang menginginkan rumah yang nyaman, kesehatan kandang ayam juga harus dibuat nyaman agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal. Kenyamanan kandang didapatkan ayam dari ketepatan pengaturan suhu dan kualitas udara, kelembapan, cahaya yang masuk, ketersediaan air dan pakan, serta segala jenis keamanan yang dapat menghindari ayam dari bahaya utama yang dapat mengancam kelangsungan hidup ayam. Konstruksi kandang yang benar pun akan sangat membantu ayam  untuk tinggal dengan nyaman di dalam kandang.Pengaturan suhu dan pertukaran udara dalam kandang ayam layer harus diperhatikan agar ayam tidak terlalu kedinginan dan kepanasan serta dapat bernapas dengan baik. Peredaran udara dalam kandang harus dapat membuat udara bersih masuk ke dalam kandang dan udara kotor keluar dari kandang. Udara segar di dalam kandang akan membuat ayam seola-olah berada di ruang terbuka dan alam bebas. Polusi udara juga tidak boleh terjadi di dalam kandang sehingga ayam bisa benar-benar menghirup udara bebas.

         Ayam merupakan jenis unggas yang mudah terserang penyakit menular seperti tetelo, berak kapur, kolera dan cacar. Pencegahan dengan vaksinasi saja rasanya belum cukup tanpa dibarengi dengan Vaksinasi dan hanya bertujuan untuk memberi kekebalan pada ayam, bukan membasmi kuman sebagai sumber penyakit.kebersihan kandang,sering dikeluhkan  oleh  para  peternak adalah kebersihan  kandang  ini erat kaitannya dengan  pencemaran  yang  dihasilkan dari  kotoran  ayam.  Kotoran  ayam sendiri mengandung  bau  yang  tidak sedap, mengandung kadar amonia dan gas lainnya,t entunya berdampak negative bagi  kesehatan  manusia  disekitar Ptern akan, selain  itu juga  berdampak  negatif pada ternak. Dampak yang paling terasa pada ternak  sendiri  adalah  turunnya produktifitas

       Kebersihan Kandang amatlah penting karena Untuk membunuh kuman, kandang harus dibersihkan dari hama secara teratur. Kandang yang bersih bebas dari kotoran ayam yang menumpuk dan mendapatkan perhatian khusus dengan menyemprotkan desinfektan pada waktu pembersihan kandang. Pembersihan kandang pun harus dilakukan secara rutin, tidak boleh menunggu kotoran ayam sampai menumpuk agar bakteri dan kuman tidak berkembang biak di dalam kandang. Kadang biasanya juga menjadi tempat makan dan minum ayam layer, maka dari itulah kandang ayam layer harus selalu bersih agar pakan dan minum ayam tidak terkontaminasi bakteri dan virus yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ayam. Kebersihan kadang ayam adalah pangkal kesehatan bagi ayam layer sehingga ayam bisa lebih produktif lagi karena kandang yang bersih dan sehat.

 

Adapun cara Membersihkan Kandang Ayam

  • Semprot langsung dengan desifektan dan insektisida setelah ayam keluar dan keluarkan semua peralatan dari kandang.
  • Buang dan bersihkan semua kotoran dari kandang.
  • Semprot seluruh bagian kandang termasuk atap, lantai, dinding, layer dan bagian lain dengan air sabun (deterjen), gunakan tekanan rendah.
  • Kerok dan sikat sampai bersih sisa kotoran ayam dari slat dan dari permukaan kandang lain ketika masih basah. Untuk membilas, semprot dengan air yang bertekanan tinggi atau gunakan air hangat.
  • Lakukan reparasi kandang dan perawatan lantai apabila dibutuhkan seperti pemberian garam dapur (NaCI) untuk membunuh cacing, kapur untuk membunuh coccidia, tawas untuk membunuh kutu.
  • Bersihkan gudang peralatan, gudang pakan dan fasilitas-fasilitas lain dalam area farm, sapu, sikat dan hilangkan sarang laba-laba. Untuk kandang yang menggunakan bin (tangki penyimpanan pakan), buang sisa pakan pada bin, dan bersihkan atau sikat bin.
  • Musnahkan hama tikus dan serangga.

 

 

 

Referensi :

  • Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
  • http://www.saranasatwa.com/index.php?option=com_content&view=article&id=146:tips-pembersihan-a-sanitasi-kandang&catid=35:artikel&Itemid=57

0 komentar:

Posting Komentar