7.4.21

DAYA TARIK BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI MASA PANDEMI COVID -19

 

Oleh :
Argasyah Ahmad Al kabir

NIM 20310410036

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta MA.


COVID-19, selain berdampak pada budidaya tanaman hias yang semakin marak sebagai upaya mencegah kebosanan yang dialami karena terlalu lama berada dirumah juga berdampak pada budidaya ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi.

Semakin banyaknya minat masyarakat akan budidaya ikan air tawar berimbas pada permintaan benih ikan yang semakin hari semakin meningkat, baik di yogyakarta dan sekitarnya maupun di luar pulau jawa. Untuk mengakomodasi permintaan benih ikan air tawar yang semakin tinggi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Pasar Ikan Krido Baruno juga menjadi salah satu yang menjadi pasar yang cukup ramai dan mengalami peningkatan permintaan akibat adanya pandemic COVID-19.

Pasar Ikan Krido Baruno merupakan pasar ikan yang menjual berbagai ikan hias dan ikan konsumsi mulai dari benih hingga indukan. Pasar ini dikelola oleh warga sekitar yang memiliki bisnis penjualan ikan hias dan konsumsi. Fasilitas dan ketersediaan air yang mendukung bagi kehidupan ikan di Pasar Ikan Krido Baruno juga menjadi factor utama yang menjadi alasan banyaknya petani ikan.

Pasar Ikan Krido Baruno menjadi salah satu tujuan penjual ikan hias dari berbagai wilayah di sekitar Yogyakarta. Selain harganya yang murah, kaulitas ikan yang ada di Pasar Ikan Pasar Ikan Krido Baruno sudah terkenal memiliki kualitas baik.

Adanya COVID-19 secara langsung juga memberikan dampat terhadap peningkatan permintaan ikan di Pasar Ikan Krido Baruno. Pedagang di Pasar Ikan Krido Baruno pun kemudian menambah kuantitas ikan yang dijualan dan juga melayani pembelian ikan melalui pemesanan. Selain berdampak pada ekonomi pedagang secara langsung, Pasar Ikan Krido Baruno juga berdampak pada ekonomi sekitar khususnya warga yang berjualan di sekitar pasar.

 

 

Daftar Pustaka:

 

Gunawan, Memed, 1996. Trend perkem-bangan agribisnis perikanan dan peran penelitian dalam meningkatkan daya saing pro-duk pada pasar global. Prosiding rapat kerja teknis. Pusat Penelitian dan Pengem-bangan Perikanan. Departe-men Pertanian, Jakarta.

Sadili, D., Haryani, Y.P., Mursidi, Azizi, A.,dan Wahyudi, A., 1991. Pemasaran ikan mas hasil karamba jaring apung di waduk Saguling, Jawa Barat. Bulletin penelitian perikanan darat. Balai penelitian perikan-an air tawar, Bogor.

0 komentar:

Posting Komentar