21.3.21

Ramah Lingkungan dengan Mengurangi Sampah Plastik

 Ramah Lingkungan dengan Mengurangi sampah plastik 



Oleh:

ANDRI WIJAYANTO 

19310410023

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

   

   Masalah sampah khususnya di kota yogyakarta saat ini semakin tak terkendali. Yogyakarta yang menjadi salah satu tujuan wisatawan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat. Namun di samping itu juga membawa dampak negatif bagi masyarakat. Terutama maslalah sampah yang memumpuk. Beberapa waktu lalu sehabis musim liburan kota yogyakarta di pusingkan dengan sampah yang menumpuk di mana mana terutama sampah plastik. hal ini juga di perparah tutup nya tpst piyungan selama beberpa hari . Lebih dari 1.500 Ton Sampah Menumpuk di Kota Yogyakarta Selama Operasional TPST Piyungan Terhenti.

   Perlu kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungannya. Salah satu upaya mengurangi sampah khususnya plastik dengan membawa minuman dan makanan sendiri dari rumah setiap beraktivitas. Dengan membawa bekal dari rumah, hasil masakan sendiri akan terjamin kebersihan. Bahan makanan yang digunakan pun pastilah pilihan dengan pengolahan yang tepat pula sehingga tidak kehilangan nutrisinya. Selain itu kita juga akan mengurangi porsi jajan. Tentu saja kita akan mengurangi penggunaan styrofom, kantong plastik, dan gelas atau botol minum plastik sekali pakai.

  Dengan gerakan ini, diharapkan menjadi pembiasaan untuk cinta lingkungan dan cinta kebersihan. program harus dijalankan bersama. Butuh komitmen bersama oleh semua masyarakat.  

  

0 komentar:

Posting Komentar