23.3.21

Cinta Kebersihan: Mari Bersihkan dan Rapikan Kamar Kost-mu!

 

Oleh

Alia Nanda Rumekti

19310410066

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A


            Siapa yang sudah bosan mendengar slogan Jagalah Kebersihan? Slogan tersebut memang sangat sering kita temukan di berbagai tempat. Tempat-tempat umum seperti kamar kost, lokasi wisata, rumah sakit, hotel, pasti memajang slogan ini. Meski terkesan sepele, ternyata slogan ini belum sepenuhnya diindahkan. Masyarakat terutama anak muda, tentu sangat paham betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan. Misalnya pada anak muda yang tinggal di kost. Lalu, bagaimana caranya agar kamar kost selalu bersih dan rapi?

            Menurut Poerwodarminta (1976), kebersihan adalah keadaan yang bersih atau tidak kotor (Hermawan, 2012). Kebersihan bukan hanya menyangkut kebersihan lingkungan dari sampah, tetapi juga dari hal-hal lain yang berpotensi menimbulkan penyakit. Salah satu contohnya adalah kebersihan kamar kost. Namun persoalannya adalah kita hanya sabatas menyadari pentingnya menjaga kebersihan kamar kost tanpa berusaha menjaganya. Padahal saat kita berada di kamar kost yang kotor, kita cenderung merasa gerah dan tidak nyaman.


            Menjaga kebersihan dan merapikan kamar kost bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kamar kost tetap bersih dan rapi, diantaranya:

1.      Sapu dan Pel minimal tiga kali seminggu

Sapu dan Pel kamar kost dan sekitar kamar minimal tiga kali seminggu. Bersihkan juga segala macam sampah ke tempat pembuangan atau olah-lah menjadi barang yang lebih bernilai guna.

2.      Kemasi barang yang tidak terpakai

Jika kita memiliki koper besar, maka kemaslah tas-tas kecil yang jarang atu tidak terpakai ke dalam koper terebut. Kemasi juga baju, sepatu, dan barang lainnya yang jarang/tidak terpakai. Jangan lupa membersihkan tempat pengemasan, agar barang tidak rusak.

3.      Hemat ruang

Jangan gunakan meja atau barang-barang yang bervolume besar, karena itu akan memakan banyak ruang sehingga membuat kamar kost semakin tidak rapi. Gunakanlah meja portable mini, kasur kecil, dan barang-barang lainnya yang kecil.

4.      Siapkan kerajang, ember, dan kardus

Jangan memperbanyak rak atau lemari di kamar kost. Gunakan kerja untuk menempatkan baju bersih, ember baju kotor, dan kardus untuk menyimpan buku/modul kuliah.

 


Menjaga kebersihan dan kerapian kamar kost ternyata bukan hal yang sulit. Jika kondisi kamar bersih dan rapi, maka kita akan terhindar dari perasaan gerah dan tidak nyaman. Kondisi itu juga akan meningkatkan mood belajar kita karena merasa nyaman. Oleh karena itu, mari jaga kebersihan dan kerapian!

 

Daftar Pustaka:

Poerwadarminta (1976), dalam Hermawan, Y. (2012). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Persepsi dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan. Bumi Lestari Journal of Environment, 5(2).

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar