15.3.21

Pinggiran Kota Dengan Lahan Pertaniannya


Ujian Mid Semester Psikologi Lingkungan

Bayu Pratama/19310410022

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Provinsi D.I. Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, kota budaya maupun kota wisata merupakan salah satu provinsi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi orang diluar Provinsi DIY. Kota kecil yang sangat kompleks dari gunung hingga pantai dimiliki oleh Provinsi DIY. Dari kekayaan budaya, sejarah maupun kekayaan alamnya menjadi keunikan dan identitas. Sawah yang masih banyak dijumpai sebagai lahan pertanian dan penopang ketahanan pangan bagi masyarakat Yogyakarta. Sawah sebagai lahan pertanian biasanya ditanami padi sebagai bahan makanan pokok.

Disamping itu, Pertanian adalah salah satu aktivitas yang cukup lazim di Indonesia. Pertanian berkelanjutan merupakan pengelolaan sumber daya pertanian untuk memenuhi perubahan kebutuhan manusia, mempertahankan atau meningkatkan kualitas lingkungan dan melestarikan sumberdaya alam (Arwati, 2018). Pertanian berkelanjutan diharapkan dapat memaksimalkan hasil pertanian, meningkatkan keuntungan, dan merawat sumber daya alam.

Sewon yang merupakan kecamatan yang terletak dipinggiran kota masih banyak dijumpai sawah untuk lahan pertanian. Lokasinya yang dilewati oleh Sungai Winongo menjadikan lahan pertanian mudah untuk masalah perairan. Akan tetapi lokasinya juga dekat dengan pabrik gula Madukismo yang pembuangan limbah produksinya buang ke sungai berdampak pada tercemarnya air. Hal itu membuat air menjadi tidak bagus untuk pertanian akibatnya hasil panen tidak bisa maksimal.



Warga masyarakat tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi pencemaran air tersebut. Kurangnya pengetahuan dan biaya untuk mengatasi pencemaran air di lahan pertanian merupakan alasan utama. Alhasil warga hanya bisa pasrah dan menggunakan air yang ada untuk pengairan tanaman padi mereka.

Usaha yang dilakukan masyarakat dalam melakuan upaya memaksimalkan hasil pertanian mereka yaitu dengan cara merawat tanaman padi dengan baik dengan harapan hasil panennya akan maksimal.  




Referensi :

Arwati, S. (2018). Pengantar Ilmu Pertanian Berkelanjutan. Makasar: Inti Mediatama

0 komentar:

Posting Komentar