15.3.21

Manfaat Mata Air Jenih Alami “Sendang Geulis Kahuripan” Untuk Kesehatan Tubuh Dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit


Ujian Mid Semester Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr. Aruandanti Shinta, MA.

LOLA YORISSA / 20310420033

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Air     merupakan     kebutuhan     mutlak     bagi     kehidupan manusia, tidak ada kehidupan yang dapat berlangsung tanpa air. Kebutuhan manusia akan air diperoleh  dari  berbagai  macam  sumber,  baik  yang  berupa  air  hujan,  air  permukaan  maupun  air  tanah.  Kebutuhan   air   dari   air   tanah   antara   lain   dapat   diperoleh     dari     mata     air,     yang     merupakan     pemunculan  air  tanah  ke  permukaan  tanah  (Todd,  1980).  Kebutuhan  air  yang  diperoleh  dari  mata  air sangat nyata dirasakan ketika terjadi musim kemarau panjang. Sehingga dapat dikatakan   dalam   kondisi   semacam   ini   mata   air   merupakan “penyelamat” bagi   masyarakat   yang kekurangan air.

Kebutuhan manusia akan air selalu mengalami peningkatan  dari waktu ke  waktu, bukan   saja   karena   meningkatnya   jumlah manusia    yang    memerlukan    air    tersebut, melainkan juga karena meningkatnya intensitas  dan  ragam  dari  kebutuhan  akan  air tersebut.  Di  lain  pihak,  air  yang  tersedia  di dalam    alam    yang    secara    potensi    dapat dimanfaatkan  manusia  tetap  saja  jumlahnya (Daud Silalahi, 2003).

Menurut Indarto (2010), menyatakan bahwa   air   adalah   substansi   yang   paling melimpah   dipermukaan   bumi,   merupakan komponen utama bagi semua makhluk hidup, dan  merupakan  kekuatan  utama  yang  secara konstan   membentuk   permukaan   bumi.   Air juga    merupakan    faktor    penentu    dalam pengaturan  iklim  dipermukaan  bumi  untuk kebutuhan makhluk hidup.

Pertumbuhan  jumlah  penduduk  selalu  disertai  dengan  meningkatnya kebutuhan  akan  air.  Sumber  air  utama  yang  digunakan  untuk  keperluan rumah tangga dan pengairan sebagian besarnya diambil dari air tanah, salah satunya  berupa  mata  air.  Hal  ini  dikarenakan  mata  air  mempunyai  kualitas air  yang  baik,  sehingga  sering  dimanfaatkan  untuk  memenuhi  kebutuhan sehari –hari.

Berikut 9 Manfaat Mata Air Yang Bersih:

1.  Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

2. Menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh

3. Membersihkan badan

4. Membersihkan bahan makanan dan masak

5. Untuk membantu pekerjaan sehari-hari

6. Untuk irigasi pertanian

7. Menjaga ekosistem lingkungan

8. Penyuplai energi

9. Menghemat pengeluaran

 


Di Kampung Cilangkop RT 03 RW 03, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat terdapat mata air yang jernih yang mempunyai manfaat sangat baik untuk  tubuh manusia yaitu Sendang Geulis Kahuripan. Nama Sendang Geulis Kahuripan berasal dari bahasa Sunda. “Sendang” adalah kolam atau telaga, sementara “geulis” berarti cantik. “Kahuripan” yang berarti kehidupan memiliki makna bahwa Sendang Geulis Kahuripan merupakan telaga memesona yang menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar.

Air di Sendang Geulis Kahuripan berasal dari mata air alami yang muncul dari sela-sela batu. Air tersebut selalu dalam kondisi mengalir sehingga tidak terdapat kotoran yang bisa menyebabkan kekeruhan. Di atas kolam alami terdapat sebuah pohon karet yang sudah tampak sangat tua. Warga sekitar percaya bahwa pohon itulah telah menjaga kondisi air tetap jernih. Terlepas dari kebenaran kepercayaan tersebut, keberadaan pohon karet dan pohon-pohon lainnya di sekitar kolam memberikan keteduhan dan ketenangan. Air di Sendang geulis Kahuripan dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh maupun menyembuhkan berbagai penyakit. Pengunjung biasanya datang dengan tujuan berendam di kolam berair jernih ini.

Mata air yang muncul pada daerah tersebut memberikan manfaat yang tidaklah   sedikit, baik   dari   air   mata   air   maupun   lingkungan   sekitar pemunculan  mata  air  tersebut,  sehingga  mata  air  menjadi  hal  yang  sangat penting  bagi  penduduk. Air  yang  keluar  dari  mata  air  tersebut  tidak  hanya digunakan untuk kebutuhan domestik, tetapi juga untuk kebutuhan pertanian (irigasi), perikanan, wisata.

Daftar pustaka

https://media.neliti.com/media/publications/114194-pengelolaan-mata-air-untuk-penyediaan-ai-c509239f.pdf

https://sedekahair.org/9-manfaat-air-bersih-bagi-manusia-dan-lingkungan/

https://media.neliti.com/media/publications/252693-pemanfaatan-sumber-mata-air-sebagai-kebu-38373ac5.pdf

0 komentar:

Posting Komentar