15.3.21

Ketergantungan Terhadap Sungai

 

Ujian Mid Semester Psikologi Lingkungan

Yudit Ilham Ramadhana / 19310410018

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Sungai atau biasa disebut kali merupakan aliran air yang berasal dari  hulu ke hilir yang memiliki peran penting dalam menjaga kehidupan makhluk hidup. Sungai tidak hanya berada pada daerah pedesaan dan pegunungan saja, namun juga pada daerah perkotaan. Sungai sendiri dapat terbentuk secara alami, yaitu melalui proses yang dilakukan oleh alam, dan juga dapat terbentuk oleh campur tangan manusia.

                Sungai memiliki manfaat kehidupan masyarakat, seperti meningkatkan kualitas hidup hingga menguatkan ekonomi lokal. Seperti sungai yang berada didaerah Jomegatan,Bantul,Yogyakarta, sungai yang airnya dimanfaatkan sebagai pengairan dibidang pertanian. Sungai tersebut mengairi lahan pertanian berupa padi dan tebu. Dapat terlihat pada foto dokumentasi pribadi saya bahwa padi mulai menguning dan tumbuhan tebu tinggi menjulang yang dapat dipastikan akan memasuki masa panen.

                



            Sungai tersebut merupakan hasil alam yang dapat dijadikan investasi oleh masyarakat sekitar, karena dapat menunjang perekonomian warga sekitar. Dalam melakukan dokumentasi tersebut, saya juga bertemu dengan petani sekitar yang sedang melakukan pemanenan padi disekitar sungai tersebut. Petani tersebut mengaku bahwa sudah dari ia kecil sungai tersebut menopang perekonomian keluarganya, yaitu dengan mengairi lahan pertaniannya.


            



Sungai yang berada didaerah Jomegatan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi perekonomian masyarakat dibidang pertanian saja, tetapi juga bermanfaat dibidang perikanan juga. Dapat dilihat pada dokumentasi pribadi saya, bahwa masyarakat sekitar sedang memberi makan ikan dan melihat perkembangan ikan tersebut. Masyarakat memelihara ikan disungai tersebut dengan berwadahkan karamba, atau berupa kayu bambu yang dibentuk seperti kendang ayam yang dimasukan kedalam sungai. Masyarakat sekitar memelihara ikan air tawar berupa ikan nila,ikan lele dan ikan patin. Saat saya bertemu dengan mereka, sistim karamba tersebut sangat menguntungkan bagi mereka, karena mereka yang tidak memiliki lahan luas ditempat tinggalnya tetap dapat memelihara ikan tersebut diarea sungai.



Pentingnya sungai dapat kita lihat pada dua kasus tersebut dan pastinya masih banyak lagi kasus-kasus lain yang dapat dijadikan bahwa sungai sangat penting bagi kehidupan. Maka dari itu mari kita jaga lingkungan kita,dengan tidak membuang sampah dan limbah dialiran sungai, demi terciptanya ekosistem yang sehat sehingga kelak anak cucu kita dapat merasakan hasilnya.


0 komentar:

Posting Komentar