14.3.21

Penyangga Tatanan Negara : Pertanian di Hiruk Pikuk kota

 

Ujian Mid Semester Psikologi Lingkungan

Sekar Pramesthi Armindariani/19310410072 


 

Dosen Pengampu : Dr. Arundanti Shinta, MA  

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45


Indonesia merupakan negara yang strategis dengan memiliki banyak kepulauan selain memiliki banyak pulau Indonesia di kelilingi 2 samudra dan 3 lautan luas hal ini membuat melimpahnya sumber daya laut yang luar biasa. Sebagai negara kepulauan dan memiliki wilayah yang luas, Indonesia adalah negara yang dianugerahi oleh kekayaan alam yang tidak pernah ada habisnya. Dari keindahan alam untuk wisata hingga kekayaan alam yang bisa diproduksi menjadi sumber energi tersendiri, salah satunya berasal dari sektor pertanian.

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang berarti Negara yang mengandalkan sektor pertanian baik sebagai sumber mata pencaharian maupun sebagai penopang pembangunan

Berada dihiruk pikuk kota, banyaknya pembangunan tak lantas merelakan lahan tanah mereka untuk di jual, oleh karena itu mereka mempertahankan lahan mereka untuk  meproduksi sumber pangan  sebagai penghasilan ekonomi mereka. Dengan adanya persawahan di tegah hiruk pikuk kota hal ini menjadi objek pemandangan tersendiri dan sebagai penyejuk dikala kebisingan suara kendaran, kepadatan kota.  Hal ini menarik peluang membangun usahan dengan pemanfaatan pemandagan area persawahan menjadi point tersendiri bagi membangun usaha rumah makan atau cafe hal ini dikarenkan dengan mendatangi cafe atau rumah makan dengan suasana pemandangan menjadi tempat untuk melepas penat dari serangkaian kegiatan menjemukan.  

Terlepas adanya peluang usaha yang menjanjikan, mereka para petani tetap mempertahankan warisan nenek moyang mereka, megelola persawahan mereka dan menompang kehidupan. 


                                                           (Sumber Gambar : Pribadi)                                                        

Sejak dahulu, Indonesia selalu kaya dengan hasil dari pertanian seperti padi, kedelai, jagung, kacang tanah, ketela pohon dan ubi jalar. Selain itu, ada juga hasil dari pertanian yang disebut sebagai hasil pertanian tanaman perdagangan yaitu teh, kopi, kelapa, kina, cengkeh, tebu, karet dan yang lainnya. Oleh karena itu mayoritas warga negara indonesia adalah petani hingga sekarang.  Melimpahnya sumber daya alam salah satunya air, air merupakan salah satu anugerah kekayan alam yang luar biasa dan penting bagi kehidupan manusia. Berbicara mengenai air, salah satu sektor penyongkong perekonomian Indonesia yaitu sektor pertanian, tidak lepas dari namanya air. Hal ini dikarenakan, sektor pertanian akan selalu membutuhkan air untuk tanaman pertania. Untuk itu diperlukan suatu strategi interaktif untuk mensuplay kebutuhan akan air.

Pengairan yang dilakuan oleh kelurahan Paingan, Maguwoharho,kec Depok. kabupaten Sleman dengan membangun saluran irigasi hal ini dikarenakan jaunhya lokasi sumber air dengan lokasi persawahan mereka. 

                                                       (Sumber Gambar : Pribadi)

Irigasi merupakan salah satu cara alternatif pengairan lahan tadah hujan pada musim kemarau.Biasanya para petani menggunakan irigasi untuk membantu meningkatkan produksi hasil pertanian. Sehingga dengan adanya irigasi, lahan tidak lagi mengandalkan hujan yang datangnya tidak menentu. Dengan adanya irigasi merupakan penyediaan, pengambilan, pembagian, pemberian dan pengaliran air yang menggunakan sistem berupa saluran dan bangunan tertentu. Salah satun menunjang produksi pertanian atau persawahan. Oleh karena itu dengan membangun saluran irigasi petani dapat  mensuplay air ke area sawah tanpa khawatir akan kekurangan air. Dengan adanya saluran irigasi ini sangat membantu  dalam kegiatan persawahan, oleh karena itu saluran irigasi tidak boleh tersumbat ataupun kotor oleh sampah, apabila saluran irigasi tesumbat ataupun kotor oleh sampah akan berdampak pada sistem kegiatan petani. dengan demikian saluran irigasi harus tetap dijaga agar dapat tetap aktif mengalir ke area persawahan mereka.

  Referensi 

Nugraha, Jevi.(2020).  4 Jenis Irigasi yang Perlu dikerahui Kenali Fungsi dan Manfaatnya. diakses dari            https://www.merdeka.com/jateng/4-jenis-irigasi-beserta-fungsinya-yang-perlu-diketahui-kln.html  

Kompas.com.2019.  Indonesia Sebagai Negara Agrasis Apa Artinya. di akses dari. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/12/172322669/indonesia-sebagai-negara-agraris-apa-artinya? 

0 komentar:

Posting Komentar