29.3.21

Pertanian Penyokong Perekonomian

Pertanian Penyokong Perekonomian

 Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkuang Genap 2020/2021

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA



Nisa Armila Gunawan (19310410076)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


      Pengembangan sektor pertanian di pedesaan menghadapi berbagai tantangan dengan makin terbatasnya kepemilikan lahan oleh petani. Hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang sangat cepat diikuti dengan kebutuhan perumahan, menjadikan lahan-lahan pertanian berkurang diberbagai daerah, Lahan yang semakin sempit semakin terfregmentasi akibat kebutuhan perumahan dan lahan industri. Tidak sedikit para petani lebih memilih bekerja disektor informal daripada bertahan disektor pertanian.


   Menurut Mubyanto (1989) dalam Rojun Nurun (2020) Pertanian dapat didefenisikan menjadi dua bagian yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pertanian dalam arti sempit adalah usaha pertanian keluarga di mana diproduksi bahan makanan utama seperti beras, palawija dan tanaman lainnya seperti sayuran dan buah–buahan. Pertanian dalam arti luas adalah pertanian yang mencakup pertanian rakyat serta ditambah dengan perkebunan (baik itu perkebunan rakyat maupun perkebunan besar), kehutanan, peternakan, dan pertanian. Menurut analisis klasik yang dipelopori oleh Kuznet (1946) dalam Rojun Nurun (2020) pertanian merupakan suatu sektor ekonomi yang sangat potensial dalam bentuk kontribusinya terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional,

   Sektor pertanian memiliki peran dalam perkembangam ekonomi di Indonesia yaitu (Rojun Nurun, 2020 : 55) :
1. Sebagai sektor penghasil bahan pangan
2. Sebagai sumber tenaga kerja bagi sektor ekonomi lain
3. Sebagai salah satu penghasil sumber devisa bagi negara
4. Meningkatkan permintaan akan produk industri dan dengan demikian mendorong keharusan diperluasnya sektor sekunder dan tersier.

    Jika dilihat dari peran yang disebutkan diatas, sudah semestinya pertanian memiliki peran yang penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Oleh sebab itu kita sebagai generasi yang akan melanjutkannya, sudah seharusnya untuk menjaga sektor tersebut. Cara sederhana untuk menjaga sektor tersebut adalah dengan menjaga alam. Seperti tidak membuang sampah sembarangan agar air untuk pesawahan tetap mengalir dengan baik. Jika kita berbuat baik kepada alam, maka alam akan membalas kebaikan tersebut.


       Dengan menjaga alam tersebut, setidaknya kita meringankan sedikit beban yang dipangku oleh para petani. Beban kerja para petani bertambah seiring bertambahnya populasi manusia. Padahal, tak banyak lagi yang meminati pekerjaan di sektor pertanian.

Referensi :
Mi`Rojun Nurun Nadziroh. 2020. Jurnal Agristan : Peran Sektor Pertanian dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Magetan. Vol. 02, No. 01 : IAIN Ponorogo

0 komentar:

Posting Komentar