30.3.21

PENERAPAN 3R OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

 

3R (REDUSE, REUSE, RECYCLE) DI SEKOLAH

PENERAPAN 3R OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

 

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI LINGKUNGAN

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Sampah plastik adalah Jenis sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan begitu saja butuh waktu bertahun - tahun untuk dapat diuraikan. Selama ini sampah plastik sudah menjadi masalah besar bagi sebagian negara yang ada didunia termasuk di indonesia. Di Indonesia jumlah sampah plastik mencapai 175.000 ton/hari atau 0,7 kilogram/orang atau sekitar 67 juta ton/tahun (Kompasiana 25/3/2019).

Permasalahan sampah ini dapat diatasi dengan upaya yang disebut 3R (Reduse, Reuse, Recycle). Apakah yang dimaksud 3R? Menurut Agus, dkk (2019) konsep 3R yaitu reuse(menggunakan kembali), reduce (mengurangi), recycle (mendaur ulang). Dari 3R ini  dapat dibuat sebuah produk kerajinan misalkan dari plastik atau koran bekas sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat maupun bagi lingkungan.

Arisona (2018) memaparkan bahwa Reduce atau  reduksi  sampah  merupakan  upaya  untuk  mengurangi timbulan sampah di lingkungan sumber dan bahkan dilakukan sejak sebelum sampah  dihasilkan,  setiap  sumber  dapat  melakukan  upaya  reduksi  sampah dengan cara merubah pola hidup komsumtif, menjadi  efisisen dan    sedikit    sampah. Reuse berarti menggunakan kembali bahan atau material agar tidak menjadi  sampah  (tanpa  melaui  proses pengelolaan)  seperti  menggukan    kembali  botol  bekas  ”minuman”  untuk tempat  air.  Recycle berarti  mendaur  ulang  suatu  bahan  yang  sudah  tidak berguna  (sampah)  menjadi  bahan  lain  setelah  melalui  proses  pengolahan seperti  mengolah  botol/plastik  bekas  pot, atau mengolah kertas  bekas  menjadi  bubur  kertas  dan  kembali  dicetak  menjadi  kertas dengan   kualitas   lebih   rendah   dan   lain-lain.

Kegiatan 3R ini tidak hanya dapat dilakukan di lingkungan masyarakat saja, namun bisa juga dilakukan di lingkungan sekolah. Penerapan 3R di lingkungan sekolah ini juga dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada siswa. Sikap peduli lingkungan ini dapat diterapkan melalui pembelajaran, salah satunya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Menurut Arisona (2018) penerapan pendidikan  karakter  peduli  lingkungan dalam  konsep 3R  (Reduce,  Reuse,  Recycle)  dalam  Pembelajaran  IPS dapat  dilakukan  di dalam maupun luar kelas. Contohnya  seperti  kita  membeli sausbotol ketika  habis  tidak  perlu  membeli sausbotol  yang  baru  tetapi  kita  cukup membeli isi saustersebut. Sedangkan di luar kelas penerapan konsep recycledapat di kembangkan oleh guru melalui proyek yang diberikan kepada siswa sehingga menghasilkan produk. Recycle atau mendaur ulang dapat diartikan mengolah  menjadi  bahan  lain  yang  bermanfaat,  misalnya  mendaur  ulang sampah menjadi kerajinan ataupun pupuk kompos (Anwar, 2008).

Arisona (2018) mengatakan bahwa pada pembelajaran IPS, penerapan 3R dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan, contohnya adalah :

1.       Contoh Reduce, yaitu penggunaan kertas dapat digantikan dengan mengumpulkan makalah atau tugas dalam pembelajaran IPS menggunakan softfile saja atau melalui perangkat digital.

2.       Contoh Reuse, yaitu pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan menggunakan barang plastik kembali. Siswa dapat menggunakan botol minum yang dapat digunakan kembali.

3.       Contoh Recycle, yaitu pengelolaan sampah dengan konsep recycle terbagi menjadi tiga, yaitu pengelolaan sampah organik (basah), anorganik, dan B3. Seperti, pengelolaan sampah organik (basah) menjadi kompos, pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan dan media pembelajaran IPS, yaitu membuat alat peraga gunung meletus dari bubur kertas.

Dengan demikian, persoalan sampah di sekolah dapat diatasi dengan penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada  pembelajaran  di sekolah. Hal ini sangat mungkin dilaksanakan serta dapat menumbuhkan sikap peduli  lingkungan pada siswa. Siswa menjadi tahu bagaimana cara untuk memanfaatkan sampah menjadi barang yang berguna.

 

Daftar Pustaka

Masalah Sampah Plastik Bagi Dunia https://www.kompasiana.com/mahardika17/5c98287c7a6d88571e4934f4/masalah-sampah-plastik-bagi-dunia (Diakses pada 30 Maret 2021)

Agus, Ria N, dkk. (2019). 3R : Suatu Alternatif Pengolahan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Anwar, N. (2008). “Apa yang akan Kau Lakukan Terhadap Sampah?”. Bandung: PT Elisa Surya Dwitama

Arisona, Risma D. (2018). PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE)PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No.1

0 komentar:

Posting Komentar