25.3.21

Manfaatkan Sampah Untuk Menjadikan Peluang Usaha

 

 

 

Putri Sartika / 19310410001

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Essay kedua Ujian Tengah Semester 4 Psikologi Lingkungan

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Penumpukan sampah terjadi karena volume sampah yang sangat besar sehingga melebihi kapasitas daya tampung tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Sampah seringkali dianggap barang yang sudah tak berguna, seringkali sampah juga dianggap merupakan barang kotor. Padahal dengan adanya pengelolaan sampah yang baik bisa menambah nilai ekonomi. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut  sifat-sifatnya, diantaranya :

Sampah organik - dapat diurai (degradable)

Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.

Contohnya: Daun, kayu, kulit telur, bangkai hewan, bangkai tumbuhan, kotoran hewan dan manusia, Sisa makanan, Sisa manusia. kardus, kertas dan lain-lain.

Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable)

Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersial atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton.

 

Dari sifat-sifat sampah diatas, bisa kita daur ulang atau kita jadikan sebuah kreasi yang bisa kita jual, diantaranya:

sampah botol plastik, sampah botol platik ini bisa dijadikan kerajinan tangan seperti meja dan kursi.

kertas koran, bisa dibuat menjadi tirai warna-warni. Bahan-bahan yang perlu dipersiapakan ialah, kertas koran bekas dan botol plastik bekas, tali, gunting, lem dan cat air. Potonglah koran dan botol secara memanjang dengan lebar yang berukuran sama..

Tempelkan botol plastik dan koran dengan menggunakan lem. Berikanlah warna yang menarik dengan menggunakan cat air. Setelah kering, Anda bisa mengikatnya dengan tali dan menggantungkan tirai tersebut pada kamar

c.  Botol bekas shampo. Botol bekas shampoo ini bisa dibuat menjadi Penahan Charger Handphone. Bahan-bahan yang diperlukan ialah, sebuah botol sampo bekas, cutter, spidol dan amplas. Langkah-langkah pembuatannya, sebagai berikut :

Gambarlah botol sampo bekas dengan menggunakan spidol mengikuti bentuk dan ukuran kotak stop kontak beserta handphone Anda. Potonglah dengan mengikuti garis dengan menggunakan cutter. Haluskan potongan tersebut dengan menggunakan amplas agar tidak terlalu tajam.

Referensi :

https://www.kompas.tv/article/101089/sulap-sampah-jadi-uang

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180122132513-282-270681/kala-sampah-jadi-uang-di-bandung

 


 

0 komentar:

Posting Komentar