16.3.21

Jangan Dibuang, Nasi Basi Untuk Tanaman

Sayangilah Tanamanmu, Rawatlah Dengan Baik


Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

 

    Tanaman membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya, pertumbuhan tanaman akan optimum jika tanaman memperoleh unsur hara yang cukup. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman kita dapat melakukannya dengan cara menambahkan bahan-bahan organic untuk memperbaiki sifat fisik, kmia dan biologi dalam tanah. Bahan organik memiliki kemampuan untuk meningkatkan butiran-butiran primer tanah menjadi butiran-butiran sekunder yang memberikan pengaruh baik terhadap tanaman. Pengaruh baiknya ini berupa kemampuan tanah ntuk menahan air, menyediakan unsur hara yang lebih baik bagi tanaman, serta memperbanyak jumlah dan jenis mikroba-mikroba yang ada dalam tanah.

    Bahan organik itu kita bisa memanfaatkan sampah rumah tangga yang bisa dijadikan pupuk seperti nasi basi. Bagi yang suka tanam menanam tanaman ini bisa digunakan untuk memberikan nutrisi bagi tanaman. Jadi, mulai sekarang jangan buang nasi basinya, ternyata tanpa kita ketahui nasi basi banyak manfaatnya juga. Sayangnya nasi basi ini tidak serta merta dapat diaplikasikan secara langsung untuk tanaman. Nasi basi harus diolah terlebih dahulu agar dapat bermanfaat untuk tanaman salah satunya dengan membuat Mikro Organisme Lokal (MOL).

    MOL adalah sekumpulan mikroorganisme yang bermanfaat sebagai starter dalam penguraian, farmentasi bahan organic menjadi pupuk organic padat maupun cair. MOL itu semacam bakteri buatan sendiri (lokal) untuk menyuburkan tanah atau untuk menguraikan smpah organic menjadi kompos yang berguna seperti nutrisi (vitamin) bagi tanah agar tetap subur.

Bagaimana cara membuat MOL dari nasi basi ? dalam pembauatan MOL sebelumnya harus memenuhi 3 syarat yaitu :

·       -  Karbohidrat seperti air cucian beras (Tajin), nasi basi, singkong, kentang, gandum.

·      - Glukosa, seprti molase, gula merah yang diencerkan dengan air, cairan gula pasir, gula batu yang dicairkan, air kelapa.

·        - Sumber bakteri, seperti keong sawah yang ditumbuk, buah-buahan yang busuk bonggol pisang.

 Pembuatan MOL dari nasi basi daripada dibuang dan menjadi sampah, lebih baik dimanfaatkan menjadi MOL. Berikut langkah-langkah untuk mengolahnya:



Alatnya :

·        Wadah untuk nasi basi

·        Ember dan baskom

·        Botol bekas

·        Corong

Bahannya :

·        Nasi basi

·        Air (rekomendasikan lebih baik menggunakan air hujan karena tidak mengandung pengawet)

·        Tetes tebu, gula merah, atau gula pasir.

Cara mengolahnya :

1.    Masukkan nasi basi ke dalam wadah, kemudian simpan ditempat terbuka dan jauh dari jangkauan sinar matahari selama 3-5 hari, hingga muncul jamur berwarna orange, jamur ini lah yang berperan penting dalam fermentasi pembuatan MOL.

3.     Masukkan nasi basi tadi ke ember, kemudian remas-remas nasi agar tercampur merata

4.     Tambahakan air secukupnya paling tidak 1:4 aduk merata

5.     Masukan cairan gula merah secukupnya, kemudian aduk kembali seluruh bahan yang sudah dimasukkan hingga merata

6.     Jika sudah tercampur merata, pindahkan cairan MOL ke dalam botol air yang ukurannya ¾ dengan bantuan corong.

7.     Biarkan selama 5-7 hari hingga berbau seperti bau tape

8.     Terakhir buka tutup botol setiap hari untuk membuang gas yang dihasilkan, lalu kocok botol agar nasi basi yang digunakan hancur dan tutup kembali botol sedikit saja untuk membuang gas.

 

Manfaat MOL dari nasi basi untuk tanaman :

1.                 Memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologis tanah

2.     Menyehatkan tanaman, meningkatkan produksi tanaman, dan menjaga kestabilan produksi.

3.     Menambah unsure hara tanah dengan cara disiramkan ke tanah, tanaman, atau disemprotkan ke daun.

    Mulai sekarang jangan buang nasi sisa/nasi basi nya lebih baik dibuat pupuk aja untuk tanaman agar tanamannya tetap sehat dan subur. Manfaatkan sampah rumah tangga yang ada dilingkungan sekitar untuk hal yang baik agar tidak mubazir atau hanya dibuang saja, lebih baik dibuat hal yang berguna seperti membuat pupuk nasi yang orang jarang membuatnya karena lebih memilih membuat pupuk dari kotoran hewan.

1 komentar: