20.3.21

Gelas Minuman Untuk Tanaman

 Nama: Mita Dwi Wijayanti

Nim: 19.310.410.037

Dosen Pengampu: Arundhati Shinta

  Menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab setiap manusia, salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. Namun, dimasa sekarang ini penggunaan sampah plastik semakin hari semakin banyak. Selain itu, banyak orang juga yang belum bisa bijak mengelolah sampah plastik dengan baik. Contohnya seperti membuang sampah plastik begitu saja tanpa memilahnya terlebih dahulu atau bahkan membuangnya dengan sembarangan. Hal tersebut yang nantinya akan menjadikan permasalahan terhadap lingkungan, apalagi kita juga tahu bahwa butuh waktu bertahun-tahun agar sampah plastik bisa terurai, jika tidak diolah atau dimanfaatkan dengan baik. 

    Di era saat ini banyak kita jumpai penjual minuman kekinian yang berwadahkan gelas plastik yang bisa menarik minat pembeli. Minuman seperti ini banyak digandrungi oleh remaja, anak-anak, bahkan orang dewasa dengan alasan mudah untuk dibawa kemana-mana. Banyaknya orang yang mengonsumsi minuman kekinian ini menimbulkan penggunaan sampah plastik semakin naik. 

      Seringnya mengonsumsi minuman kekinian ini membuat sampah gelas plastik menumpuk dirumah. Padahal kita juga harus bisa mengurangi pemakaian sampah plastik, karena kita tahu bahwa sampah memerlukan waktu yang lama untuk bisa diuraikan.  Untuk itu ketika gelas plastiknya sudah semakin banyak agar tidak mengganggu lingkungan biasanya pada waktu senggang saya memanfaatkannya untuk menanam bunga, tomat, dan juga bawang. Untuk menggunakannya biasanya saya mencuci gelasnya terlebih dahulu, setelah itu saya potong bagian bawahnya agar nantinya ketika menyiram airnya bisa meresap sampai bawah. Setelah itu barulah diisikan dengan tanah dan juga tanaman yang akan ditamam. Tidak lupa juga tanah yang dipakaikan untuk menanam biasanya telah saya campurkan dengan pupuk kandang agar tanamannya tumbuh subur. Selain itu, untuk memanfaatkan pupuk kandang yang ada dirumah, agar bisa bermanfaat dengan baik. Dengan memanfaatkan gelas-gelas plastik ini sudah ada beberapa tanaman bunga yang tumbuh subur dihalaman rumah saya.

    Dengan adanya ini semoga saya bisa membantu untuk mengurangi pencemaran limbah plastik di lingkungan masyarakat. Karena, saya pikir mubazir jika gelas-gelas itu dibuang percuma, padahal masih bisa dimanfaatkan, selain itu jika saya buang begitu saja malah menyebabkan menumpuknya limbah plastik, ataupun ketika saya bakar malah justru mencemari udara disekitarnya. Untuk itu memanfaatkannya adalah menjadi pilihan, selain bisa membantu pengurangan limbah plastik juga bisa membantu mengisi waktu luang. Jadi, waktu luang kita dirumah tidak terbuang percuma.

0 komentar:

Posting Komentar