23.12.20

Terapi Pada Psikologi Klinis

 

                                                    

TUGAS PSIKOLOGI KLINIS

 

Nama: Heny Suprapti

  

NIM:183104101183

 

Dosen Pengampu: Fx.Wahyu Widiantoro,S.Psi,M.A

 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

 


 

 

 

 

TERAPI PADA PSIKOLOGI KLINIS

 

Kebahagiaan merupakan harapan dari seluruh individu. Kebahagiaan tersebut dapat dicapai dengan memenuhi setiap keinginan dan kebutuhan manusia. Namun, pada kenyataannya, sering kali kebahagiaan tersebut sulit muncul meskipun segala kebutuhan dan keinginannya dapat terpenuhi. Permasalahan psikologis sering kali menjadi hambatan dalam mencapai kebahagiaan tersebut. Menurut Pieper dan Uden (2006), kesehatan mental adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang realistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan atau kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya, serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Seorang psikolog berusaha untuk membantu semua orang dari tiap kalangan untuk mencapai kehidupan yang bahagia, sehat, dan lebih produktif. Untuk itu, menurut Phares (1992), psikologi klinis berusaha membahas kajian, diagnosis dan penyembuhan (treatment) terhadap masalah-masalah psikologis, gangguan (disorder) atau tingkah laku abnormal. Metode terapi yang digunakan psikolog dalam memberikan treatment kepada pasiennya, selalu berfokus pada pemberian kenyamanan kepada pribadi tersebut. Faktor kecocokan merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, berikut beberapa contoh metode terapi yang digunakan dalam psikologi klinis:

1.    Couples Therapy (Terapi Pasangan)

Terapi pasangan dilakukan dengan menjalin keharmonisan antara dua orang pasangan agar tercipta hubungan yang intim diantara keduanya. Pada terapi ini, psikolog berperan dalam membantu pasangan tersebut untuk mencapai tingkat hubungan yang lebih dinamis.

2.    Family / Systemic Therapy (Terapi Keluarga)

Terapi ini merupakan metode terapi yang memberikan pengamatan terhadap hubungan dari masing-masing anggota dalam keluarga. Tujuan dari terapi keluarga yaitu mencoba mengatasi permasalahan yang muncul dalam keluarga tersebut.

3.    Group Therapy (Terapi Kelompok)

Terapi grup merupakan metode terapi yang memberikan kesempatan bagi setiap individu dalam kelompok untuk saling berbagi pengalaman dan memberikan dorongan untuk saling memahami antara anggota kelompok agar tercipta hubungan yang harmonis.

4.    Music Therapy (Terapi Musik)

Musik adalah salah satu hal dalam hidup yang memiliki kekuatan untuk menggerakkan manusia secara emosional. Menggunakan berbagai komponen musik yang berbeda untuk menyediakan satu cara untuk terhubung dengan suatu terapi yang berkaitan dengan hubungan manusia (dosenpsikologi.com).

Berikut beberapa metode terapi yang dapat digunakan seorang psikolog dalam memberikan treatment kepada pasiennya. Individu yang ingin berkonsultasi dengan psikolog, perlu memperhatikan metode terapi yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan faktor kecocokan memiliki peranan penting terhadap keberhasilan terapi.

 

Referensi

Https://dosenpsikologi.com/macam-macam-terapi-dalam-psikologi

Phares, J. E. (1992). Clinical psychology: Concepts, Methods, & Profession, 4thedition. California: Brooks-Cole Publishing Company.

Pieper, J. & Uden, M. V. (2006). Religion in Coping and Mental Health Care. New York: Yord University Press, Inc.

0 komentar:

Posting Komentar