31.12.20

Ini Bukan Kuliah Biasa

  



Sekar Pramesthi Armindariani/19310410072

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Dr. Arundanti Shinta. M.A  


Tinggal satu hari berganti tahun 2020 menuju 2021 dan sudah 10 bulan lamanya penyebaran virus covid 19 di indonesia sejak Maret 2020 pemerintah mengelurakn himbaun untuk social standing atau jaga jarak. Hal ini mempengaruhi segala aspek kehidupan. Ekonomi terpuruk karena beberapa usaha gulung tikar, dan tidak semua sektor bekerja maksimal, sektor wisata menurun karena pelangaran kunjungan wisata, dan kegiatan di bidang sosial budaya ditiadakan karena peraturan untuk dirumah saja oleh pemerintah agar tidak adanya kerumunan namun semua harus di kendalikan dengan maksimal oleh pemerintah, salah satunya adanya Perkuliahan Daring .

Perkuliahan Daring atau bisa di sebut kuliah online adalah merupakan pergantian sistem komunias antra mahasiswa dan dosen. Sudah banyak kampus menerepkan kulah online karena adanya Covid 19, berbagai aplikasi atau platfrom digunkan untuk menunjang perkulihan.  Banyak yang berpikir kalau kuliah online enak ya, sama seperti yang saya pikirkan awal kuliah online menyenangkan karena bisa santai di rumah tapi lama- kelamaan kuliah rasa mulai bosan dan melelahkan.

Selama kuliah online banyak terjadinya suka duka salah satunya apabila adanya tugas kelompok susahnya untuk berdikusi antar kelompok walau jaman sudah canggih adanya handphone dan menghubungi melalui whatsaap, akan tetapi berbeda saat berdikusi secara langsung, rasa lelah muncul pada masa kuliah online aneh bukan? Padahal saat kuliah online kita berada di rumah, Lelah yang dirasakan pun beragam. Lelah terlalu banyak menulis, lelah terlalu sering menatap layar laptop, lelah karena otak dipaksakan untuk mengerti materi yang diberikan karena tidak ada penjelasan dari dosen, dan lelah karena dikejar-kejar oleh tugas yang berdatangan sambung-menyambung seperti kereta.

Tak hanya itu suka duka selama kuliah online yang di hadapin mahasiswa  :  

1.    Koneksi internet tidak stabil

Tidak di punkiri tidak stabilnya sinyal internet sangat menganggu perkulihan, bukan hanya itu saja kondisi internet di berbagai wilayah sangat berbeda mungkin bagin yang berdomisil di kota tidak mengalami masalah pada koneksi tapi bagaimana yang tinggal di pedasaan.

 

2.    Perangkat tidak memadai

Harus diakui latar belakang mahasiswa sangat berbeda-beda. Bagi yang keluarganya berekonomi tinggi mungkin tidak masalah pada hal ini, tidak perlu memusingkan untuk melalukan kelas online ataupun tidak perlu khawatir dengan kuota internet yang habis. Tetapi bagaimana dengan keluarganya berekonomi rendah, walaupun adanya bantuan dari perintah yaitu kuota kemendikbud tetapi  apakah cukup untuk satu bulan.

3.    Beberapa Dosen Tidak Memberi Feedback

Karena sulitnya komunikasi, banyak tugas diberikan tanpa diberi feedback oleh dosen. Seakan formalitas semata, tugas diberikan, dikumpulkan, lalu diberikan tugas kembali. Mahasiswa seakan-akan dianggap sudah menguasai semua materi.

                                                  

 
( Sumber Gambar : lpmprogress) 
                      

      Disisi lain kuliah online memiliki banyak suka untuk mahasiwa

1.    Dapat berkumpul dengan keluarga.

Bagi mahasiswa yang merantau ke luar kota untuk pendidikan dan tidak bisa pulang dengan berbagai hal, ini munkin moment yang menyenangkan bisa berkumpul dengan keluarga tidak perlu memikirkan hal yang lainya lagi.

2.     Bisa dilakukan dimana saja.

Kuliah online bisa dilakukan dimana saja, dapur, tempat tidur, saat bekerja bagi yang bekerja namun semua harus tetap berlandasan kesopanan pada dosen.

3.    Hemat

Selain penggunaan kuota yang banyak, perkuliahan online sungguhnya hemat dari segi biaya. Apabila diperhitungkan, biaya untuk berkuliah biasa dikeluarkan untuk berbagai kebutuhan, seperti make up, bensin, uang makan, hingga jajan. Namun dengan kuliah online kita hanya mengeluarkan uang untuk membeli kuota internet dan sisanya bisa didapatkan di rumah masing-masing 

Adanya perkulihan online bukanlah keinginan dari pihak tertentu, jadi tetaplah melaksanan kuliah online yang semana mestinya dengan baik dan tetaplah semangat melakukanya 


Referensi 

Damanyati. Elsa.2020. Apa Kabar Mahasiswa dengan Kuliah Daringnya?.  di akses 25 Desember 2020 dari https://muda.kompas.id/baca/2020/04/17/apa-kabar-mahasiswa-dengan-kuliah-daringnya/   

Binsasi.Krisantus de rosari.2020. Suka-Duka Mahasiswa Ikut Kuliah Online di Masa Pandemi. di akses  25 Desember 2020. dari  https://www.minews.id/gaya-hidup/suka-duka-mahasiswa-ikut-kuliah-online-di-masa-pandemi 

Referensi gambar 

Lpmprogress.2020. Ketika Skirpsi Terkendala Situasi. diakses 25 Desember 2020 dari  

http://www.lpmprogress.com/post/ketika-skripsi-terkendala-situasi


0 komentar:

Posting Komentar