26.11.20

Tips Mengurangi Kecanduan Game Online

 Psi Sosial 2 

Putri Sartika / 19310410001

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

  Game online merupakan permainan yang menggunakan akses internet untuk memainkannya. Para game online ini sering disebut juga dengan “gamers” yang biasanya para pemainnya itu dimainkan oleh anak-anak, remaja maupun dewasa. Dengan perkembangannya teknologi ini banyak game-game baru yang diciptakan dan sangat mudah untuk dimainkannya, bisa menggunakan komputer ataupun Hp.

Bermain game disaat libur memanglah sangat menyenangkan, tetapi ketika kita sedang bermain game harus juga ingat waktu. Jangan sampai kita tidak mengerjakan apa yang menjadi prioritas utama kita. Dengan kelebihan dan kekurangannya ketika sedang bermain game tidaklah buruk bila dimainkan dengan  bisa mengatur waktunya, dan bagi anak-anak juga harus diberi pemahaman kepada anak agar anak-anak tidak menajdi kecanduan dalam bermain game online. 

Tidak ada salahnya dalam bermain game online, apalagi ketika kita bermain game online itu untuk menghilangkan rasa jenuh ataupun kebosanan. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi kecanduan game online ini yang dapat kita lakukan :   

 1.Lakukan perubahan secara bertahap

Lakukan perubahan secara bertahap dengan mengurangi durasi bermain game per harinya. Misalnya dengan mengurangi 10 hingga 15 menit per hari, lalu ditingkatkan menjadi 15 hingga 20 menit keesokan harinya.

2. Bermain dalam Batas Wajar dan Terkontrol 

Bermain game menjadi salah satu aktifitas yang menantang dan begitu banyak diminati, hingga sebagian orang justru mengalami kecanduan permainan. Hindari kondisi ini dengan baik, yakni dengan cara bermain game dalam batas yang wajar dan terkontrol.

3.      Batasi penggunaan smartphone, terutama di saat istirahat

Smartphone menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk mengakses permainan game, maka mulailah mengurangi aktifitas dengan perangkat yang satu ini. Batasi penggunaan smartphone di dalam aktifitas harian, terutama di saat-saat jam istirahat yang pada umumnya selalu digunakan untuk mengakses permainan game.

4.      Lakukan lebih banyak hobi lainnya yang bermanfaat

Bermain game mungkin saja menjadi hobi utama, namun bukan tidak mungkin aktifitas lainnya juga menjadi hobi yang menyenangkan juga. Jadikan hobi ini sebagai aktifitas baru untuk mengalihkan perhatian dari berbagai permainan game, sehingga hari menjadi lebih menyenangkan dan tidak fokus pada game saja.

Referensi :

https://www.kompasiana.com/tokobagus21/5db6a4f9097f36699d427523/cara-mengatasi-kecanduan-game-online-ampuh-untuk-berhanti?page=all

https://www.kompasiana.com/ryvoimmanuel/5e3596b7097f362787007742/kecanduan-game-online

0 komentar:

Posting Komentar