2.11.20

TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND B. CATTLE

 






Liot Mayang Sari
19310410039
Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi,M.A




Raymond Bernard Cattell dilahirkan di kota Staffordshire,Inggris pada tahun 1905. Raymond Cattell adalah seorang peneliti yang pada metode-metode kuantitatif tidak mempersempit spektrum perhatiannya terhadap data dan masalah-masalah psikologis. Cattell mendefinisikan kepribadian yang sangat umum “Personality is that which permits a prediction of what a person will do in a given situation”. Berdasarkan defenisi tersebut Cattell berpendapat bahwa tujuan dari penelitian mengenai kepribadian adalah menentukan hukum-hukum mengenai apa yang akan dilakukan oleh berbagai orang dalam berbagai situasi dalam berbagai lingkungannya, yaitu mengenai segala aktifitas individu baik yang nampak maupun yang tidak. Kepribadian yang dimaksud Cattell fokus dengan seluruh bentuk perilaku baik luar dan dalam. Cattell bertujuan untuk memprediksikan perilaku dengan subjek penelitiannya yaitu orang-orang normal yang dipelajari kepribadiannya, karena menurutnya bahwa tidak bijak jika ingin megubah perilaku seseorang tetapi tidak mengetahui dan memahami secara terperinci pa yang harus diubah.

Pokok-pokok teori Cattell:
Terdapat beberapa pokok-pokok teori Cattell untuk memudahkan memahami pendapatnya  yaitu Trait, erg, metaerg, self, dan specification equation.
            Trait.
-          Menurut kepemilikan

A.    Common trait dan Unique trait

-Common trait  (sifat umum) adalah sifat yang dimiliki oleh semua individu atau setidaknya oleh sekelompok individu yang hidup dalam lingkungan sosial yang sama. Atau dimiliki semua orang, dalam tingkatan tertentu. Contohnya inteligensi. Sifat umum dimiliki dalam kadar yang berbeda-beda.

-Unique trait (sifat khusus).Adalah sifat yang hanya dimiliki oleh individu masing-masing dan tidak dapat ditemukan pada individu lain. Atau hanya dimiliki satu orang saja, tetapai bisa juga bimiliki oleh beberapa orang dengan kombinasi antar trait yang berbeda. Dipengaruhi oleh sikap dan minat.

Sifat khusus ini dibagi menjadi 2, yaitu :

·         Relatively unique,kekhususannya timbul dari pengaturan unsur-unsur sifat itu.

·         Intrinsically unique,yang benar-benar hanya ada pada individu khusus tertentu.

o   Menurut Modalistas Ekspresi

Cattell mengidentifikasi 16 sifat sumber. Daripada mendaftar 16 sifat tersebut, kita akan menjelaskan berdasarkan pada alat konsptual ringkas. Dia mengelompokkan 16 sifat kedalam 3 kategori. Yaitu sifat kemampuan, sifat tempramen, dan sifat dinamis.

a.       Ability trait atau sifat kemampuan

Sifat-sifat yang menentukan keefektifan individu dalam mencapai tujuan. Sifat kemampuan mengacu pada keterampilan dan kemampuan yang memungkinkan individu berfungsi secara efektif. Contohnya intelegensi.

b.      Tempramen trait atau sifat tempramen

General style dan irama perilaku. Sifat tempramen mencakup kehidupan emosional dan gaya kualitas perilaku. Kecenderungan untuk bekerja dengan cepat berlawanan dengan lambat, menjadi tenang versus emosional, bertindak secara impulsive atau hanya bertindak setelah pertimbangan adalah kualitas dari tempramen. Contohnya ketenangan atau kegugupan, keberanian, santai, dan mudah terangsang.

c.       Dynamic trait atau sifat dinamis :

Motivasi atau pendorong tingkah laku. Atau menaruh perhatian pada kerja keras, yaitu kehidupan motivasional individu. Individu yang lebih termotivasi berbeda dalam sifat dinamisnya. Contohnya dorongan, interes, dan ambisi menguasai sesuatu.

Sifat kemampuan, tempramen, dan dinamis dipandang sebagai hasil elemen stabil yang utama dari kepribadian.

 

Daftar Pusaka

http://bellawendsa98.blogspot.com/2017/05/teori-kepribadian-raymond-b-cattell.html?m=1
https://www.academia.edu/12316862/TEORI_KEPRIBADIAN_RAYMOND_B_CATTELL
https://images.app.goo.gl/8D8QHJz6EiUVWPRh8

 


0 komentar:

Posting Komentar