2.11.20

TEORI KEPRIBADIAN GORDON W ALLPORT

 





 

Liot Mayang Sari
19310410039
Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi,M.A

 


Gordon Willard Allport lahir pada 11 November 1897 di Montezuma, Indiana, Menurut Allport kepribadian adalah sesuatu yang terorganisasikan dan terpolakan. Definisi komprehensif Allport tentang kepribadian ini menunjukkan bahwa manusia adalah produk sekaligus proses yang memiliki sejumlah struktur yang berorganisasikan, sementara di waktu yang sama memiliki kemampuan untuk berubah. Kepribadian bukanlah suatu mental yang sifatnya ekslusif semata, melainkan semua komponen yang menyusun kepribadian adalah satu kesatuan yang utuh melingkupi tubuh dan jiwa seseorang.

teori Allport ini telah membantu manusia untuk melihat diri sendiri sebagai mahkluk yang baik dan penuh harapan. Hal tersebut terlihat dari teorinya, yaitu” gambaran kodrat manusia adalah positif, penuh harapan dan menyanjung-nyanjung”. Memandang satu pribadi positif dan apa adanya merupakan salah satu definisi pribadi sehat, inilah kelebihan dan kekuasan dari teori Allport.

Berbeda dengan pendapat Frued yang menyatakan bahwa individu tidak mempunyai pandangan hidup karena menurut Frued sifat-sifat yang tampak sekarang merupakan gambaran ia di masa lalu ( masa kanank-kanak ) sehingga apabila pada masa kanak-kanak mempunyai sifat buruk maka sekarang ataupun besok individu tersebut sifatnya tetap buruk dan tidak bisa berubah. Lain halnya dengan Allport lebih optimis tentang kodrat manusia bahwa manusia memiliki beberapa pandangan positif yang mampu berfikir ke depan sehingga harapan-harapan yang baru akan muncul. Apabila seorang individu mempunyai pengalaman yang burk pada masa kanak-kanak, maka pengalaman tersebut tidak dijadikan dasar untuk menggambarkan kepribadian seseorang pada saat ini ataupun kedepannya. Karena menurut Allport individu mempunyai pemikiran luas yang mampu mengubah cara berfikirnya.

 

 

 

Daftar Pusaka

https://justalittlescience.wordpress.com/2016/06/23/201/





0 komentar:

Posting Komentar