20.10.20

TEORI PERSONAL KONSTRUK GEORGE A.KELLY

 



 

Liot Mayang Sari
19310410039
Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi,M.A



 

George Alexander Kelly dilahirkan di Perth, Kansas pada 28 April 1905 yang merupakan anak tunggal. Kelly mendalami berbagai bidang ilmu; pendidikan, sosiologi, ekonomi, ketenagakerjaan, antropologi, dan juga psikologi yang akhirnya merumuskan teori personal kognitif.

Menurut Kelly lingkungan sosial sangatlah kompleks maka individu perlu memiliki asumsi tentang dirinya guna menyederhanakan lingkungannya. Ketika kita ingin mengenali orang lain, maka harus mengenal pula konstruk yang dimilikinya, harus banyak mengobservasi lingkungan, melakukan aktivitas dan ikut serta berinteraksi dengan sosialnya. Karena lingkungan dapat mempengaruhi manusia, demikian  juga manusia dapat mempengaruhi lingkungan, selain itu perilaku manusia juga dapat dibentuk oleh pemikirannya sendiri.

1.Teori kognitif yang dikembangkan oleh George A. Kelly dimana hal ini membahas tiga teori yang pada dasarnya dikembangakan dengan tidak melakukan kontak dengan klien dalam terapi. Berbeda dengan teori Freud dan Rogers, George A. Kelly bermaksud memahami individu secara utuh yaitu dengan menekankan pada cara-cara dalam mengkonstruksi yaitu mempersepsi, menafsirkan, mengontrol, dan meramalkan peristiwa di sekitar dunia mereka.

Kelly menggunakan kata konstruk untuk merujuk kepada ide atau kategori yang digunakan orang untuk menginterpretasi dunia mereka. Akan tetapi, Kelly mengeksplorasi proses kognitif tertentu yang menjadi alat individu untuk mengategorikan orang atau benda dan mengkosntruk makna dari peristiwa harian setiap individu secara mendetail. Orang-orang mengaplikasikan konstruk mereka terhadap interpretasi peristiwa sehari-hari melalui prosedur mental yang umumnya disebut “proses kognitif”. Kelly meyakini bahwa tidak ada kebenaran yang objektif dan kebenaran yang mutlak absolut. Fenomena yang terjadi hanya berarti manakala dihubungkan dengan cara individu mengkonstruksi fenomena yang ada.

Variabel struktural kunci dalam teori kepribadian Kelly adalah “konstruk personal”. Konstruk adalah konsep yang digunkan untuk menginterpretasikan atau menterjemahkan dunia/lingkungan. Konstruk merupakan konsep yang digunakan individu dalam menafsirkan, mengategorisasikan, dan mempetakan tingkah laku. Upaya mengkonstruksikan persamaan dan perbedaan sesuatu membimbing ke arah pembentukan suatu konstruk. Suatu konstruk kehidupan ini akan kacau.

Kelly memandang bahwa semua konstruk itu dikotomus, masing-masing mempunyai persamaan dan perbedaan. Dalam mengkonstruk peristiwa dapat digunakan konstruk dari segi kualitas dan kuantitasnya. Kelly mengukuhkan bahwa konstruk itu tersusun dari dua kutub atau kombinasi; persamaan-perbedaan. Dengan kata lain, bahwa kita tidak dapat memahami hakikat konstruk seseorang, apabila kita hanya menggunakan kutub persamaan atau perbedaan saja. Konstruk-konstruk itu dapat dikategorikan ke dalam cara yang bervariasi, yaitu:

a.       Core (inti), konstruk dasar dari fungsi individu.
b. Peripheral (pinggir, luar), konstruk yang dapat diubah tanpa modifikasi mendasar, serius dari konstruk inti.
c. Permeable (dapat ditembus), konstruk yang terbuka, dapat menerima elemen-elemen yang baru.
d. Impermeable (tak tertembus/tertutup), konstruk yang menolak elemen-elemen baru.
e. Tight (rapat/erat), konstruk yang tidak dapat mengbauh-ubah prediksi.
f. Loose (longgar), konstruk dimana individu mengharapkan suatu hal dalam satu waktu dan hal yang berbeda dalam kondisi yang sama.
g. VerbaI, konstruk yang mempunyai simbol kata yang konsisten.
h. Preverbal, konstruk dimana individu belum mempunyai simbol kata yang konsisten, konstruk ini dialami/dipelajari individu sebelum perkembangan masa bayi/masa kanak-kanak awal.
i. Submeged (tenggelam), konstruk ini bisa jadi tidak diverbalisasikan dan individu mungkin tidak akan dapat melaporkan semua elemen yang ada pada dalam konstruk tesebut.

2.Konstruk Dan Konsekuensi Interpersonal

3.Tipe Dan Sistem konstruk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pusaka

https://www.kompasiana.com/fnuryakin/psikologi-dan-konstruk-personal-gkelly_54f7091aa3331108208b467e
http://maria_c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/53341/PPT+G.+A.+Kelly.pdf
https://www.academia.edu/12957908/Teori_Kepribadian_Personal_Konstruk_George_Kelly

 


0 komentar:

Posting Komentar