21.10.20

GEORGE KELLY

 

GEORGE KELLY

OKTOBER 18, 2020

 

GEORGE KELLY

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro.,S.Psi.,MA

Engelbertha Savsavubun / 19310410015

 

    George A. Kelly lahir tahun 1905 di Perth, Kansas. dia adalah anak tunggal dari keluarga yang taat agama, karena ayahnya adalah seorang pemuka agama. dia belajar di bidang sosiologi dan perburuhan pada tahun 1930 di Universitas of Edinburgh, Scotland. selain itu dia juga mendalami bidang oratory, public speaking, dramatics, serta pemerintahan. awal ketertarikannya pada psikologi setelah membaca artikelnya Freud. kemudian mempelajari psikologi selama 9 bulan dan berhasil meraih gelar doktoral dari Universitas of Iowa.

    Pandangan Kelly Terhadap Ilmu Kepribadian Kelly mendasarkan teori kepribadiannya pada pandangan tentang ilmu pengetahuan dan karakteristik penyelidikan ilmiah yang eksplisit. Pertanyaan mendasar yang harus diperhatikan di sini adalah, apa yang dilakukan ilmuwan ketika mengkonstruksi teori?. Salah satu pendapat menyatakan bahwa para ilmuwan itu mencari kebenaran. Pandangan Kelly (dan banyak ilmuwan sains kontemporer dan filsuf sains, seperti Proctor dan Capaldi, 2001 dalam Pervi 2010) adalah “benar versus salah” bukanlah pertanyaan tentang teori ilmiah. Masalahnya semua teori yang komlpeks dan terfromulasi dengan baik dengan cenderung seakan-akan itu adalah benar pada satu sisi akan tetapi untuk diajuka adalah benar pada satu sisi akan tetapi tidak pada sisi yang lain. Oleh karna itu, pertanyaan alternative untuk diajukan adalah apakah dan bagaimana teori tersebut berguna.

 

Struktur Kepribadian

    Teori kepribadian Kelly memiliki dasar terkait dengan pikiran individu (kognitif). Teorinya menekankan pada pendekatan idiographic dan orientasinya yang teleologis. Teori Kelly hampir mirip dengan teori individual Adler, bahwa manusia tidak diatur oleh realita, akan tetapi membuat tujuannya sendiri berdasarkan cara individu memaknai setiap peristiwa. Proses adaptasi dan penyesuaian dapat diprediksi melalui konstruk yang dimiliki oleh setiap individu. Proses kognitif merupakan pusat kepribadian individu, sedangkan emosi dan perilaku dipengaruhi oleh kognisi. Relasi sosial sebagai usaha individu untuk memahami konstruk personal individu lainnya. intinya Kelly memandang manusia sebagai ilmuwan.

Tipe struktur kepribadian

1.      Construction corollary: manusia mengantisipasi peristiwa dengan membentuk replikasi (pada peristiwa yang temanya sama)

2.      Individuality corollary: Manusia berbeda-beda dalam membuat konstruk atas peristiwa yang sama (tergantung interpretasi masing-masing). Adanya perbedaan individu, bagaimana individu menerima atau menginterpretasi suatu peristiwa.

3.      Organization corollary: Manusia cenderung untuk mengatur konstruk individualnya berdasarkan pandangannya terhadap hubungan antar konstruk itu (hirarki)

4.      Dichotomy corollary: Sistem konstruk manusia terdiri atas sejumlah konstruk dikotomis/bipolar

5.      Choice corollary: Manusia memilih sendiri alternatif dari konstruk dikotomis tersebut berdasarkan keinginannya untuk memperjelas atau memperluas sistem konstruknya.(Security atau adventure)

6.      Range corollary: Suatu konstruk hanya dapat digunakan untuk mengantisipasi peristiwa tertentu saja (ada yang dapat digunakan untuk beragam situasi/orang, ada juga yang hanya dapat digunakan situasi yang sangat terbatas)

7.      Experience corollary: Sistem konstruksi manusia berubah sebagai hasil dari pengalaman manusia yang berubah.

Tipe Konstruk dan Sistem Konstruk

    Kita tidak harus mengasumsikan, dari pembahasan ini, bahwa konstruk adalah verbal atau tersedia secara verbal bagi individu. Kelly tidak menggunakan konstruk sadar-bawah sadar akan tetapi, dia menggunakan konstruk verbal / preverbal untuk membahas elemen yang diinterpretasikan oleh pihak lain sebagai sadar atau bawah sadar. Konstruk verbal dapat diekspresikan dalam kata, sedangkan konstruk preverbal adalah yang digunakan bahkan ketika orang tersebut tidak memiliki kata untuk mengekspresikannya. Konstruk preverbal dipelajari sebelum seseorang mengembangkan penggunaan bahasa.

 

Daftar Pustaka:

http://webspace.ship.edu/cgboer/kellysmetaphor.gif

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar