21.10.20

Raymond Cattell

 

Raymond Cattell

Oktober 21, 2020

Raymond Cattell

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro.,S.Psi.,MA

Engelbertha Savsavubun / 19310410015

Raymond Bernard Cattell adalah salah satu Psikolog berpengaruh di abad 20. Kepribadian menurut Cattel adalah sesuatu yang memungkinkan prediksi tentang apa yang akan dikerjakan oleh seseorang dalam situasi tertentu. Ia memandang kepribadian sebagai suatu struktur dari sifat-sifat(traits) yang kompleks, terdiferensiasi dan Sebagian besar tergantung pada salah satu gugus dari sifat-sifat ini yang disebut dynamic traits atau sifat-sifat dinamik.

Teori kepribadian Cattell berangkat dari teorinya Gordon W.Allport yakni mengenai trait yang lebih dikembangkan lagi. Cattell mendefinisikan trait sebagai kecenderungan reaksi yang relative permanen yang merupakan bagian dari kepribadian. Menurutnya, traits adalah konsep yang penting dari teorinya. Trait juga disebut sebagai struktur mental, elemen atau komponen dari kepribadian. Untuk memahami individu, kita harus mengetahui bentuk traits yang tepat yang menentukan seseorang sebagai individu. Adapun teori dari Cattell dikenal dengan analisis factor, yaitu sebuah prosedur statistic untuk mengukur faktor-fator umum pada individu. Dalam hal ini Cattell menggunakan 3 metode pendekatan,antara lain Life Record, yaitu catatan mengenai tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari disebut juga sebagai data L. Jumlah perilaku atau skalanya yang dibuat pada dasar pengamatan. Berhubungan dengan perilaku secara nyata. Contohnya situasi sehari-hari seperti performa di sekolah atau interaksi dengan kelompok. Kemudian ada Self Rating yaitu sebagai pelengkap untuk melengkapi data yang diperoleh dengan metode life record atau disebut juga data Q, dan terakhir Objective Test, yang merupakan observasi terhadap individu dalam situasi yang diadakan secara khusus supaya dapat dibuat ramalan mengenai tingkah laku individu tersebut dalam situasi-situasi  yang lain atau disebut juga data OT.

Perkembangan Kepribadian menurut Cattell yaitu proses belajar yang merupakan kejadian-kejadian sebagai penjelmaan dari pada pola tingkah laku yang didorong oleh erg. Hasil dalam kepribadian yang berwujud perubahan atau perkembangan disebut dynamic cross road.

Pokok-pokok teori Cattell

Terdapat beberapa pokok-pokok teori Cattell untuk memudahkan memahami pendapatnya  yaitu Trait, erg, metaerg, self, dan specification equation. 

Common trait dan Unique trait

-Common trait  (sifat umum) adalah sifat yang dimiliki oleh semua individu atau setidaknya oleh sekelompok individu yang hidup dalam lingkungan sosial yang sama. Atau dimiliki semua orang, dalam tingkatan tertentu. Contohnya inteligensi. Sifat umum dimiliki dalam kadar yang berbeda-beda.

-Unique trait (sifat khusus).Adalah sifat yang hanya dimiliki oleh individu masing-masing dan tidak dapat ditemukan pada individu lain. Atau hanya dimiliki satu orang saja, tetapai bisa juga bimiliki oleh beberapa orang dengan kombinasi antar trait yang berbeda. Dipengaruhi oleh sikap dan minat.

Daftar Pustaka:

http://bellawendsa98.blogspot.com/2017/05/teori-kepribadian-raymond-b-cattell.html

0 komentar:

Posting Komentar