21.10.20

KURT LEWIN

 

KURT LEWIN

Okrtober 18, 2020

KURT LEWIN

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro.,S.Psi.,MA

Engelbertha Savsavubun / 19310410015

 

Kurt lewin lahir pada tanggal 9 september 1890 disuatu desa kecil di Prusia, daerah dosen. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara, Lewin menyelesaikan sekolah menengahnya di Berlin tahun 1905 kemudian ia masuk Universitas di Freiburg dengan maksud belajar ilmu kedokteran, tetapi ia segera melepaskan idenya ini dan setelah satu semester belajar psikologi pada universitas di sana. Setelah meraih gelar doktornya pada tahun 1914, Lewin bertugas di ketentaraan Jerman selama empat tahun. Pada akhir perang ia kembali ke Berlin sebagai instruktur dan asisten penelitian pada lembaga Psikologi.

Konsep teori Kurt Lewin

Teori kurt lewin dikenal dengan “Teori Medan”. Teori medan adalah teori yang digolongkan sebagai suatu metode untuk menanalisis hubungan-hubungan kausal dan untuk membangun konstruk-konstruk ilmiah.

Ciri-ciri utama dari teori Kurt Lewin

a.      Tingkah laku adalah suatu fungsi dari medan yang ada pada waktu tingkah laku itu terjadi.

b.       Analisis mulai dengan situasi sebagai keseluruhan dari mana bagian-bagiannya dipisahkan.

c.        Orang yang konkret dalam situasi yang konkret dapat digambarkan secara matematis.

Teori ini membahas mengenai struktur, dinamika dan perkembangan kepribadian yang dikaitkan dengan lingkungan psikologis, dimana konsep-konsep ini telah diterapkan dalam berbagai gejala psikologis dan sosiologis.

1.      Struktur Kepribadian

Lewin menggambarkan pribadi individu dengan menggunakan definisi konsep-konsep structural secara spasial. Konsep structural yang paling umum dalam teori lewin adalah pribadi, lingkungan psikologis dan ruang hidup.

a.       Ruang hidup

Ruang hidup mengandung kemungkinan fakta yang dapat menentukan tingkah laku individu.

b.      Lingkungan psikologis

Meskipun pribadi dikelilingi oleh lingkungan psikologinya, namun ia bukanlah bagian dalam lingkungan tersebut. Dalam hal ini fakta-fakta lingkungan dapat mempengaruhi pribadi.

c.       Pribadi

Menurut Lewin pribadi adalah heterogen. Terbagi menjadi bagian-bagian yang terpisah meskipun saling berhubungan dan saling tergantung.

2.      Dinamika Kepribadian

Konsep-konsep dinamika pokok dari lewin yakni kebutuhan energy psikis,tegangan, kekuatan atau vector dan valensi. Konstruk-konstruk dinamik ini menentukan lokomosi khusus dari individu dan cara mengatur struktur lingkungannya, lokomosi dan perubahan struktur berfungsi mereuksikan tegangan dengan cara memuaskan kebutuhan.

Dinamika kepribadian menurut kurt lewin :

1.      Energy

Energy muncul dari perbedaan tegangan antar sel atau antar region.

2.      Tegangan

Tegangan dibagi menjadi 2 yaitu tegangan yang cenderung menjadi seimbang dan cenderung untuk menekan bondaris system yang mewadahinya.

3.      Kebutuhan

Kebutuhan mencakup pengertian motif, keinginan dan dorongan.

4.      Tindakan (action)

Disini dibutuhkan dua konsep dalam tindakan yang bertujuan di daerah lingkungan psikologis.

5.      Valensi

Valensi adalah nilai region dari lingkungan psikologis bagi pribadi. Region valensi positif dapat mengurangi tegangan dan region valensi negative dapat meningkatkan tegangan (rasa takut)

6.      Vector

Tingkah laku atau gerak seseorang akan terjadi kalau ada kekuatan yang cukup mendorongnya. Lewin menyabutnya dengan vector. Arah dan kekuatan vector merupakan funsi dari valensi positif dan negative.

7.      Lokomosi

Lingkaran pribadi dapat pindah dari satu tempat ketempat lain di dalam daerah lingkungan psikologis. Perpindahan lingkaran itu disebut lokomosi. Lokomosi bisa berupa gerak fisik atau perubahan focus perhatian.

8.      Event

Lewin mendeskripsikan dinamika jiwa dalam bentuk gerakan atau aksi di daerah ruang hidup, dalam bentuk peristiwa atau event. Event adalah hasil interaksi antara 2 atau lebih fakta baik didaerah pribadi maupun didaerah lingkungan.

Daftar Pustaka

http://annisa-city-fib13.web.unair.ac.id/artikel_detail-100813-Etika%20Kepribadian-Teori%20Kepribadian%20menurut%20Kurt%20Lewin.html

https://nadianadhirah.wordpress.com/2014/10/15/teori-medan-kurt-lewin/

 

0 komentar:

Posting Komentar