21.10.20

Gordon Allport

 

Gordon Allport

Oktober 21, 2020

Gordon Allport

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro.,S.Psi.,MA

Engelbertha Savsavubun / 19310410015

 

Gordon Alport, merupakan seorang psikolog. Ia meraih gelar doktor psikologi dari Harvard pada tahun 1922. Allport meyakini bahwa manusia adalah makhluk rasional yang digerakkan kesadaran, yang berdasar pada masa kini, masa depan, dan bukan masa lalu. Allport meyakini bahwa tingkah laku seseorang adalah sesuatu yang terus menerus bergerak, sehingga konsep utama teorinya adalah motivasi yang membuat orang terus bergerak. Allport memandang kepribadian sebagai organisasi dinamik dalam sistem psikofisik individu yang menentukan penyesuaian unik dengan lingkungannya.

Goldon Allport berpendapat bahwa karakter adalah suatu konsep etis dan menyatakan bahwa “kami lebih suka mendefinisikan karakter sebagai teori psikologi kepribadian yang dievaluasi, sedangkan teori psikologi kepribadian adalah karakter yang dievaluasi” (character is personality evaluated and personalityin character devaluated. 1961, hlm 32). Baca juga mengenai : teori frustasi dalam psikologi.

Hakikat individu menurut Goldon Allport

Secara umum teori Goldon Allport mengangggap positif terhadap individu, teori Goldon Allport itu telah membantu individu untuk melihat diri sendiri sebagai mahkluk yang baik dan penuh harapan. Hal tersebut terlihat dari teorinya, yaitu” gambaran kodrat individu adalah positif, penuh harapan dan menyanjung-nyanjung”. Memandang satu pribadi positif dan apa adanya merupakan salah satu definisi pribadi sehat, inilah kelebihan dan kekuasan dari teori Goldon Allport.

Individu terdiri dari beberapa konponen dasar seperti pandangan yang positif , penuh harapan, dan menyanjung – nyanjung.

Berbeda dengan pendapat frued yang menyatakan bahwa individu tidak mempunyai pandangan hidup karena menurut frued sifat – sifat yang tampak sekarang merupakan gambaran ia di masa lalu ( masa kanank – kanak ) sehingga apabila pada masa kanak – kanak mempunyai sifat buruk maka sekarang ataupun besok individu tersebut sifatnya tetap buruk dan tidak bisa berubah.

Lain halnya dengan Goldon Allport lebih optimis tentang kodrat individu bahwa individu memiliki beberapa pandangan positif yang mampu berfikir ke depan sehingga harapan – harapan yang baru akan muncul. Apabila seorang individu mempunyai pengalaman yang burk pada masa kanak – kanak, maka pengalaman tersebut tidak dijadikan dasar untuk menggambarkan teori psikologi kepribadian seseorang pada saat ini ataupun kedepannya. Karena menurut Goldon Allport individu mempunyai pemikiran luas yang mampu mengubah cara berfikirnya.

Individu adalah individu yang sehat

Goldon Allport dengan frued mempunyai beberapa pandangan-pandangan yang berbeda. Frued tidak percaya bahwa orang – orang yang matang dan sehat dikontrol dan dikuasai oleh pikiran-pikiran bawah sadar, kekuatan yang tidak dapat dilihat dan dipengaruhi.

Namun Goldon Allport percaya bahwa kekuatan – kekuatan tak sadar itu merupakan pengaruh yang penting pada tingkah laku orang-orang yang neuritis. Akan tetpai individu yang sehat yang berfungsi pada tingkat rasional dan sadar menyadari sepenuhnya kekuatan-kekutan yang membimbing mereka dan dapat mengontrol kekuatan-kekuatan itu juga.

Jadi menurut Goldon Allport pikiran seseorang yang sekarang bukanlah gambaran dimasa lalu. Berbeda dengan orang yang neuritis yaitu orang yang beroperasi dalam pandangan-pandangan dan pengalaman-pengalaman kanak-kanan dan teori psikologi kepribadian yang sehat berfungsi pada suatu taraf yang berbeda dan lebih tinggi.

Individu memerlukan motivasi untuk menuju kesuksesan

Individu adlah makhluk sadar dan rasional, berbuat berdasarkan pada apa yang diharapkannya dapat tercapai, bukan berdasar pada keinginan primitif atau pengalaman traumatik pada masa lalu. Motivasi merupakan hal yang paling mutlak dan harus dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu aktivitas sehari-hari,

Tanpa adanya motivasi pekerjaan seseorang akan sulit untuk mencapai kesuksesan. Goldon Allport percaya bahwa hal ini sangat penting karena teori psikologi kepribadian yang sehat tidka dibimbing oelh kekuatan – kekuatan tidak sadar atau pengalaman – pengalaman masa anak – anak melainkan individu tersebut mempunyai motivasi untuk mampu berpikir secara realistis sehingga tujuan hidup untuk jangka panjang bisa terwujud.

Daftar Pustaka:

universitaspsikologi.com/2018/05/teori-psikologi-kepribadian.html#:~:text=Allport%20meyakini%20bahwa%20tingkah%20laku,menentukan%20penyesuaian%20unik%20dengan%20lingkungannya.

https://dosenpsikologi.com/teori-psikologi-kepribadian-menurut-goldon-allport

0 komentar:

Posting Komentar