19.10.20

TEORI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW

 




Liot Mayang Sari
19310410039
Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi,M.A



Abraham Maslow, adalah seorang psikologi yang lahir pada 1 April 1908 di Brooklyn, New york. Dan wafat pada 8 juni 1970. Ia adalah seorang psikolog yang terkenal di Amerika dengan teori motivasinya mengonstruksi hararki. Teori Abraham Maslow di masukan kedalam paradigm traits karena teori itu ditekankan akan penting nya peran kebutuhan dalam pembentukan kepribadian.

Maslow menyusun teori motivasi manusia dimana variasi keburuhan manusia dipandang tersusun dalam bentuk hikarki, dimana setiap hirarki akan terpenuhi setelah kebutuhan sebelumnya (relative) terpenuhi. Hikarki kebutuhan manusia sebagai berikut;

            Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan Fisiologis adalah kebutuhan dasar pada manusia,yaitu untuk bertahan hidup (makan,minum,dan sebagainya).
kebutuhan-kebutuhan fisiologis, adalah hebutuhan dasar (basic needs) yang jika tidak dipenuhi dalam keadaan yang sangat ekstrim (misalnya kelaparan) bisa menyebabkan manusia yang bersangkutan kehilangan kendali atas prilakunya sendiri karena seluruh kapisitas manusia tersebut dikerahkan dan dipusatkan hanya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya itu.

 

 

Kebutuhan Rasa Amanan

Setelah kebutuhan fisiologis terpuaskan\terpenuhi,muncul kebutuhan rasa aman,proteksi,dan keteraturan. Kebutuhan fisiologis adalah pertahanan hidup jangka pendek, sedangkan rasa aman adalah pertahanan hidup jangka panjang. Kebutuhan keamanan sudah ada sejak bayi. Kebutuhan akan rasa aman ini tidak bisa terpenuhi secara total.

            Kebutuhan Dicintai

Setelah kebutuhan dasar dan rasa aman relatif dipenuhi, maka timbul kebutuhan untuk dimiliki dan dicintai. Kebutuhan ini penting disepanjang hidup. Menurut Maslow ,kegagalan memenuhi kebutuhan dimiliki dan cinta menjadi sebab dan hampir semua bentuk psikopatologi.

            Kebutuhan harga diri

Ada dua macam kebutuhan akan harga diri. Pertama adalah kebutuhan-kebutuhan akan kekuatan ,penguasaan,kompetensi,percaya diri,dan kemandirian. Sedangkan yang kedua adalah kebutuhan akan penghargaan dari orang lain. Orang-orang yang terpenuhi kebutuhannya akan harga diri akan tampil sebagai orang yang percaya diri, tidak tergantung pada orang lain dan selalu siap untuk berkembang terus untuk selanjutnya meraih kebutuhan yang tertinggi yaiu aktualisasi diri, kebutuhan tertinggi yang ditemukan Maslow.

            Kebutuhan Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri adalah keinginan untuk memperoleh kepuasan dengan dirinya sendiri (self fulfillment), untuk menyadari semua potensi dirinya,dan untuk menjadi apa saja yang dia lakukan.

Menurut Maslow, pemuasan berbagai kebutuhan tersebut didorong oleh dua kekuatan yaitu motivasi kekurangan(defeciency motivation) dan motivasi perkembangan (growth motivation). Motivasi kekurangan bertujuan untuk mengatasi masalah ketegangan manusia karena berbagai kekurangan yang ada.  Sedangkan motivasi pertumbuhan didasarkan atas kapasitas setiap manusia untuk tumbuh dan berkembang.

 

Daftar Pusaka

Sartilo W. Sarwono. (2002) Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bulan Bintang

(sumber gambar: https://images.app.goo.gl/XVeXcMKSVFqq8zhp9 )

 


0 komentar:

Posting Komentar