3.10.20

Riview Jurnal Hubungan Resiliensi dengan Work Engagement dalam Perusahaan

 

TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamsi 45

Yogyakarta

Hesmi nurhidayatun

183104101186

 


topik

Memberikan riview terhadap jurnal yang mengenai relisiensi work engagement pada karyawan bank,penelitian ini adalah bentuk gambaran dari dimana suatu wilayah yang berkembang sangat pesat akan membutuhkan sumber daya manusia dengan kinerja yang baik.

  sumber

Juda Steven & Unika Prihatsanti (2017). Hubungan antara resiliensi dengan work engagement pada karyawan Bank Panin cabang menara imperium Kuningan Jakarta. Jurnal empati. Vol.7, No.3. Agustus, P160-P169

  teori

1.         Memasuki  masa era globalisasi atau masa modern seperti saat ini segala sesuatunya baik dari media informasi dan teknologi yang menjamah di hampir seluruh dunia banyak pengusaha sukses yang bersaing untuk semakin mengembangkan bisnisnya terutama dalam bidang perbankan. Namun bukan hal yang mudah menjalankan usaha dalam bidang perbankan,banyak tuntutan tuntutan tersebut dapat berupa bank dalam beroprasi harus bisa memberikan berbagai inovasi,mengeluarkan ide kreatif agar tetap dapat bertahan dalam persaingan antar bank yang semakin ketat khususnya pada Bank umum swasta. Persaingan antar Bank baik Bank umum pemerintah, Bank asing maupun sesama bank swasta membat kebanyakan Bank tersebut memiliki nasabah yang sama pula seperti misalnya nasabah A adalah nasabah milik Bank Panin,namun ternyata nasabah A juga menjadi nasabah di Bank BRI maka tak heran juga setiap individu memiliki jumlah kartu ATM yang lebih dari 1.

2.         Tingkat produktivita bank juga tak luput dari tuntutan apabila bank mampu menyalurkan dana kepada masyarakat dengan baik maka bank tersebut memiliki kesempatan untuk mengumpulkan dana tersebut yang dapat di berikan kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman,dalam hal ini di perlukan karyawan yang berkualitas tinggi sehingga dapat memberikan kontribusi yang tinggi pula terhadap bank.

3.         Resiliensi di gambarkan sebagai individu yang mampu beradaptasi dengan keadaan dan juga dapat mengendalikan keadaan itu sendiri juga memiliki kemampuan dalam mengelola emosi baik sehingga waktu yang di habiskan individu tersebut tidak akan menjadi sia sia.

4.         Work engagement atau employe engagement yaitu keadaan positif yang dapat memenuhi diri dan keadaan pikiran yang berhuungan dengan pekerjaan akan mendatangkan energi ang tinggi,seperti kekuatan apabila dalam diri karyawan terdapat energi yang tigggi ia dapat mencurahkan seluruh kemampuannya pada perusahaan tersebut, ada juga pengabdian karyawan sangat antusias terhadap pekerjaanya dan bangga akan tugas dan tanggung jawabnya. Konsentrasi apabila ini dimiliki oleh seorang karyawan ia akan mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan selesai tepat waktu. namun apabila didalam Bank terdapat pegawai dengan work engagement yang rendah juga akan berpengaruh kepada diri pegawai dan juga bank itu sendiri seperti misalnya kelelahan,stress kerja dan beban tinggi yang di berikan perusaahan. Maka dalam hal seperti ini di perlukan adanya hubungan timbal balik seperti perusahaan yang memberikan fasilitas yang memadai bagi para pegawainya akan berpengaruh terhadap intensitas kinerja karyawan nya dan juga sebaliknya.

5.         Hipotesis dalam riview jurnal ini adalah ada hubungan yang positif terhadap resiliensi dengan work engagement dimana semakin tinggi seorang resiliensinya emakin tinggi juga work engagement nya dimana yang artinya apabila seorang karyawan memiliki kemampuan untuk menerima keadaan maka karyawan tersebut juga akan mampu menerima tanggung jawab yang di berikan perusahaan. Juga sebaliknya semakin rendah tingkat resiliensi yang dimiliki oleh seorang karyawan maka semakin rendah juga work engagement pada karyawan tersebut.

 permasalahan

karyawan bank Panin setiap tanggal akhir atau awal bulan memasuki masa krusial pada sistem perbankan, apabila tanggal tersebut jatuh pada hari diluar hari kerja, beberapa karyawan akan dibutuhkan untuk tetap masuk kerja dan karyawan tersebut akan bersedia walaupun sebenarnya bisa digantikan oleh rekan lainnya.

  metode

1.         Metode yang di gunakan peneliti dalam jurnal ini adalah metode kualitatif dengan alat ukur skala psikologi yang di buat oleh peneliti dan juga menggunakan alat skala dari peneliti lain,dengan model skala Rikert dimana dalam skala ini terdapat empat kategori jawaban yang di ajukan kepada karyawan Bank Panin yaitu: SS (sangat sesuai), S (sesuai), TS (tidak sesuai), STS (sangat tidak sesuai).

2.         Tekhnik pengambilan sampel pada karyawan Bank Panin sebanyak 50 karyawan dari total 82 karyawan yang ada. Karyawan karyawan tersebut adalah karyawan tetap dari Bank panin.

  Hasil

penelitian

terdapat hubungan positif antara resiliensi dengan work engagement karyawan Bank Panin Imperium Kuningan, Jakarta Semakin tinggi resiliensi maka semakin tinggi work engagement. Sebaliknya, semakin rendah resiliensi maka semakin rendah work engagement. Uji linieritas hubungan antara variabel resiliensi dengan work engagement mendapatkan hasil F=57.580 dengan p=0.000 (P<0.001). Koefisien korelasi antara resiliensi dengan work engagement sebesar 0.73 dengan P= 0.000 (p<0.05).

  diskusi

Meskipun tidak seluruh karyawan Bank Panin memiliki relisiensi yang tinggi namun mayoritas karyawan Bank Panin Imperium Kuningan, Jakarta berada pada work engagement dengan kategori tinggi hal tersebut  dapat terlihat pada karyawan Bank Panin Imperium Kuningan, Jakarta dalam keadaan yang positif dan memenuhi diri, keadaan pikiran yang berkaitan dengan pekerjaan dikarakteristikkan dengan adanya energi tinggi.

Kelemahan penelitian ini yaituPenliti tidak menyebutkan gender pada responden sehingga sulit di prediksi lebih dominan pegawai laki laki atau pegawai perempuan yang memiliki resiliensi dan work engagement yang tinggi

 

0 comments:

Post a Comment