19.10.20

Psikologi Kepribadian II

 

A

BRAHAM MASLOW

Oktober 16, 2020

 

ABRAHAM MASLOW

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

       



Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro.,S.Psi.,MA

Engelbertha Savsavubun / 19310410015

 

         Maslow adalah seorang Psikholog Amerika Serikat dalam bidang Psikhologi Humanistik. dalam makalahnya, “A Theory of Human Motivation”, beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi lebih dulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi. Konsep hierarki kebutuhan dasar ini bermula ketika Maslow melakukan observasi terhadap perilaku monyet. Berdasarkan pengamatannya, didapatkan kesimpulan bahwa beberapa kebutuhan lebih diutamakan dibandingkan dengan kebutuhan yang lain. Contohnya jika individu merasa haus, maka individu akan cenderung untuk mencoba memuaskan dahaga. Individu dapat hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu. Tetapi tanpa air, individu hanya dapat hidup selama beberapa hari saja karena kebutuhan akan air lebih kuat daripada kebutuhan akan makan.

        Dalam Wikipedia, Maslow menyebutkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang digambarkan sebagai sebuah hierarki atau tangga yang menggambarkan tingkat kebutuhan. Ada lima tingkat kebutuhan dasar, yaitu: kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan pengahargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Menurut Maslow, pemuasan berbagai kebutuhan tersebut didorong oleh dua kekuatan yakni motivasi kekurangan (deficiency motivation) dan motivasi perkembangan (growth motivation).

        Menurut saya teori dari Abraham Maslow benar adanya karena semua orang di dunia ini pada dasarnya membutuhkan makan, minum, tidur dan bernapas, tempat tinggal, pakaian dan lain-lain (kebutuhan fisiologis), begitu juga manusia membutuhkan rasa aman pada diri sendiri ketika sesuatu yang negatif akan menimpa diri mereka akan mencari tempat perlindungan agar merasa aman. Selain itu, kebutuhan manusia akan rasa memiliki dan kasih sayang, seperti ada rasa memiliki orang tua yang sangat berarti untuk diri setiap individu dan memiliki rasa sayang pada orang tua, keluarga, pacar, sahabat dan seterusnya. Manusia juga butuh penghargaan dan aktualisasi diri, misalnya seorang mendapat prestasi yang baik sewaktu kuliah, seseorang ini membutuhkan pujian dari orang lain. Manusia juga ingin menggunakan semua kemampuan yang ada dalam dirinya untuk mencapai apapun yang mereka inginkan.

Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Abraham_Maslow

 

0 comments:

Post a Comment