9.10.20

Pengaruh Adanya Si Pembuat Onar Dalam Suatu Kelompok dan Pimpinan

 

Dampak Adanya Seorang Individu yang Suka Mengadu Tentang Kelompoknya pada Manajer

Putri Sartika / 19310410001

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

 

Sumber Gambar ( www.kompasiana.com )

Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari beberpa individu atau lebih yang mempengaruhi secara timbal balik. Masalah atau konflik tidak akan pernah terjadi secara pribadi / kelompok ketika tidak ada yang memulainya. Masalah / konflik bisa terjadi dikarenakan miss komunikasi dan hanya percaya dengan 1 sumber saja tanpa mencari tau yang sebenernya.

Banyak diantara kelompok-kelompok ini yang bikerja dengan baik dan ada juga yang kinerjanya kurang baik. Misalnya ketika ad pembagian tugas / pergantian shift kerja, ada yang menerima dan menyelesaikan dengan baik , dan ada juga yang tidak menyelesaikannya dengan baik atau selalu beralasan ketika sudah pergantian shift kerja.

Hal ini sangat berpengaruh dalam kepuasaan pelanggan dan berpengaruh juga dengan kelompoknya. Kita bisa bayangkan betapa sulitnya seorang manajer atau pemimpin untuk percaya dengan seorang individu atau kelompok tersebut tanpa ada perasaan atau bukti konkrit tentang apa yang mereka katakan kepada manajer, dan itu bisa berdampak buruk bagi kelompok / timnya semisal ( kurangnya kepercayaan dari manajer dan berfikiran negative tentang kelompok tersebut ) cuma gara-gara seorang individu yang suka membicarakan kejelekan  atau keburukan dari kelompoknya kepada manajernya.

Ketika kita berhadapan dengan seorang individu yang mempunyai karakter seperti itu ada 2 macam cara untuk bisa menghadapinya yaitu :

1.      1. Ditegur secara baik-baik ( kalau sudah ditegur tidak berubah dan masih sama aja lebih baik diemkan saja  )

2.      2. Diamkan saja biar manajer yang menilai ( kita diamkan saja, diamkan disini bukan berati berpura-pura tidak tau apa-apa, tetapi kita buktikan prestasi kinerja kita kepada manajer agar bisa  kita bisa memperbaiki nama kelompok tersebut dan mendapat kepercayaan lagi dari mananjer ). Disitu manajer bisa menilai mana yang benar-benar kerja dan mana yang main-main.

Referensi :

https://karier.kompas.id/baca/dinamika-kelompok/

https://www.balipost.com/news/2020/08/22/143085/Dinamika-Sosial-Anak-Muda.html

https://www.kompasiana.com/tonny49426/5c50f49943322f462d7921a7/dinamika-kelompok-mengenali-menyikapi-dan-menyelesaikan-konflik-dengan-bijaksana


0 comments:

Post a Comment