9.10.20

Perbandingan Kelompok Diantara Kelas Atas dan Kelas Menengah Di Kalangan Remaja

 

Adanya Penolakkan Dalam Suatu Kelompok di Kalangan Remaja

Putri Sartika / 19310410001

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

 

Sumber Gambar ( www.mainmain.id )

Dalam usia remaja kelompok teman sebaya akan memungkingkan individu untuk saling berinteraksi, bergaul dan memberikan semangat terhadap teman sebaya yang lain secara emosional.

Pada masa remaja, terdapat banyak hal baru yang terjadi. Karena hal yang baru mereka alami itu tanda-tanda mereka menuju kedewasaan. Dengan adanya teman kelompok di lingkungan sosialnya itu menjadi hal pertama bagi mereka dimana masa remaja adalah belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungan sebayanya.

Dalam hubungan seperti ini remaja sering dihadapkan pada persoalaan penerimaan atau penolakaan lingkungan sosialnya. Karena banyak juga dari mereka yang sudah mempunyai kelompok sosialnya sendiri dan ada juga ketika ingin bergabung ke kelompoknya itu harus melakukan sesuatu agar bisa diterima dalam kelompok tersebut.

Contohnya : ketika saya kelas 1 SMP, sebelum saya berteman dengan saya. Saya sering melihatnya sendiri duduk dikantin maupun di kelas. Ketika saya tanyakan kepada dia, “ kenapa tidak gabung dengan teman yang lain ? ’’dia hanya menjawab “ saya tidak ingin kalian malu dengan kehadiran saya di kelompok kalian, kalaupun saya bergabung dengan kalian. Saya tidak ingin kalian malu karena saya tidak sepadaan dengan saya dan saya tidak sanggup untuk mengikuti apa yang mereka katakan kepadaku ”

Ketika saya mendengar jawabannya seperti itu, saya langsung mengajaknya untuk bertemu dan berkenalan dengan teman-teman saya yang lain. Teman-teman saya pun menerima kehadirannya dan tanpa persyaratan tertentu. Dan sampai sekarangpun kami masih berteman dengannya dengan baik.

 

Referensi  :

https://kalselpos.com/2019/12/20/kelompok-teman-sebaya-sebagai-wadah-penyesuain-pribadi-dan-sosial-remaja/

https://www.kompasiana.com/indra_gunawan/56891e10a623bd4207916f78/ada-apa-dengan-remaja


0 comments:

Post a Comment