14.10.20

Pemaksaan Kehendak Adalah Sumber Perpecahan

 Bayu Pratama / 19310410022

Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta

Dr. Arundati Shinta. M.A

(sumber: Republika/Yasin Habibi)

Perbedaan adalah suatu hal yang wajar dalam lingkungan sosial. Semakin maju perkembangan jaman, perbedaan pun semakin jelas terlihat. Perbedaan tidak memandang bulu, baik itu hal besar ataupun kecil pasti akan ada perbedaan. Apapun usaha manusia untuk menghindari perbedaan, pasti perbedaan itu akan selalu tetap ada.

Salah satu perbedaan yang dapat kita temui adalah perbedaan mengemukakan pendapat dalam suatu kelompok diskusi. Ketika mengutarakan pendapat, seringkali kita melihat orang lain ataupun mungkin anda sendiri memaksakan pendapat agar diterima, baik kepada yang pro maupun yang kontra.

Pemahaman yang salah tentang suatu pendapat bisa menjadi sumber dari perbedaan pendapat tersebut. Daya kritis dalam menghadapi masalah dapat mrmpengaruhi itu. Seringkali dalam kelompok ada yang mengungkapkan pendapatnya dan disanggah oleh anggota kelompok yang lain dan perdebatan pun dimulai.

Contohnya si A pengusulkan pembagian tugas untuk mengerjakan tugas kelompok kuliah. Akan tetapi ada yang menyanggah karena dianggap tidak adil dan menguntungkan si A. Hal tersebut adalah hal yang wajar dan sah karena setiap anggota berhap mengungkapkan pendapatnya. Dalam hal ini harus ada penengah dalam perdebatan tersebut dan untuk mencarikan jalan keluar yang baik dan adil bagi setiap anggota kelompok tersebut.

Dalam hadapi suatu perbedaan pendapat kita harus menekan ego kita dan berpikir kembali apakah pendapat yang dikemukakan orang lain itu benar atau tidak. Pentingnya sikap lapang dada dan menerima segala keputusan adalah kunci utama. Sikap terbuka dan tidak memaksakan pendapat dapat menjadikan keputusan bersama yang baik bagi semua anggota.

 

Referensi:

Rahman, Arif. 2013. ” Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat”,

https://www.kompasiana.com/architectur034/5529dedcf17e619733d62403/cara-menyikapi-perbedaan-pendapat, diakses pada 10 Oktober 2020.

Sasongko, Agung. 2018. “Kaidah Penting Menyikapi Perbedaan Pendapat”,

https://republika.co.id/berita/p4hfnw313/kaidah-penting-menyikapi-perbedaan-pendapat, diakses pada 10 Oktober 2020



0 comments:

Post a Comment