2.10.20

Menelisik Ruang Lingkup di dalam Psikologi Klinis

 

Menelisik Ruang Lingkup di dalam Psikologi Klinis

Hesmi nurhidayatun

183104101186

Psikologi klinis

Dosen pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A.




Psikologi klinis ialah salah satu bidang psikologi terapan selain psikologi pendidikan,psikologi perkembangan,psikologi industri dan psikologi lainnya. Dalam psikologi klinis terdapat konsep-konsep seperti psikologi abnormal,psikologi perkembangan,psikopatologi dan juga psikologi kepribadian, juga terdapat prinsip-prinsip dalam asesmen dan juga intervensi, untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang mengalami maslah psikologis maupun gangguan tingkah laku abnormal.

Menurut Phares (1992), Psikologi klinis adalah bidang yang membahas kajian, diagnosis, dan penyembuhan (treatment) masalah psikologis, gangguan (disorders) atau tingkah laku abnormal. Dalam psikologi klinis juga terdapat ruang lingkup yang dapat mencangkup segala tingkatan tingkah laku individu yang dapat di ketahui melalui :

1.      Assesment

menurut Bern dan Nietzel dalam (Markam, 2003) assesment dalam psikologi klinis adalah pengumpulan informasi untuk digunakan sebagai dasar bagi keputusan yang akan disampaikan oleh penilaian.

2.      Intervensi

upaya untuk mengubah perilaku, pikiran, perasaan seseorang. Kendall dan Norton Ford dalam (Wiramihardja: 2012: hal.157-158). berpendapat bahwa intervensi klinis meliputi penggunaan prinsip psikologi untuk menolong orang menangani masalah-masalah dan mengembangkan kehidupannya yang memuaskan.

3.      Penelitian

Penelitian di dalam psikologi klinis ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu teori dalam praktiknya dan untuk lebih memahami keunikan perilaku, perasaan, dan pikiran individu klien, bukan untuk mengadakan generalisasi. Tujuan dan penekanannya adalah untuk keperluan populasi khusus.

Sehingga didalam ruang lingkup psikologi klinis ini berfokus pada upaya untuk mengembalikan atau memulihkan keadaan psikologis seseorang atau sekelompok orang. Termasuk upaya untuk mencegah terjadinya tindakan dan perilaku abnormal.

Referensi

https://teropong.id/forum/2017/09/18/pengertian-psikologi-klinis-ciri-sifat-bidang-kajian-dan-ruang-lingkup-psikologi-klinis/ (diakses tanggal 1 oktober 2020).

Phares, J. E. (1992). Clinical Psychology: Concept, methods, & profession, 4th edition. California: Brooks-Cole Publishing Company.

Markam, Suprapti Slamet I.S Sumarmo. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sutardjo, A. Wiramihardja. (2012).    Pengantar Psikologi Klinis. Bandung : Replika Aditama.

0 comments:

Post a Comment