14.10.20

Insecurity Bisa Menjadi Boomerang Dalam Diri 

Sekar Pramesthi Armindariani/19310410072

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

                                                            Dr. Arundanti Shinta. M.A  



Insecurity pasti tidak asing dengar kata ini. Insecurity adalah  keadaan dimana seseorang ragu atau tidak percaya sama dirinya sendiri. Insecure dalam psikologi jika kita artikan merupakan sebuah upaya dari adanya emosi yang terjadi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Kemudian mengenai suatu aspek tertentu yang terjadi di dalam kehidupan kita yang bisa kita anggap sebagai kehidupan yang relevan, serta hal- hal yang menjadi penilai dapat menimbulkan vaensi negative di dalam perasaan yang kita miliki.   
Biasanya seseorang yang merasa insecure dengan dirinya cenderung menjadi pribadi yang tertutup dan dapat menyebabkan stress. Insecurity sering terjadi dikalangan remaja. Hal ini disebabkan karena para remaja biasanya memiliki sifat perfeksionis.

Penyebab munculnya rasa insecure pada setiap orang bisa berbeda-beda, bahkan terkadang, cukup sulit untuk benar-benar memetakan serta mengetahui dengan pasti tentang penyebab insecurity.

Hal ini disebabkan oleh perilaku individu itu sendiri yang terkadang memilih untuk tidak menceritakan suatu masalah kepada orang-orang terdekatnya, seperti keluarga




Beberapa penyebab insecurity pada remaja di antaranya yaitu masalah pendidikan, seperti nilai akademik, gagal mencapai suatu prestasi, hingga merasa gagal memenuhi ekspektasi orangtua.

Ada pula permasalahan yang disebabkan oleh kondisi sosial, seperti merasa tidak punya teman untuk berbagi cerita, ditolak oleh lingkungan sosial, kurang populer, mengecewakan orang-orang terdekat, hingga persoalan body shaming dan beauty standard yang sedang marak terjadi.

Dengan adanya pemikiran insecure dalam diri kita hal ini dapat menggagu kegitan kita sehari-harinya, menganggu mepikiran kita dalam menilai orang lain, oleh karena itu pentingnya kita menolong dirikita dari insecure terhadap diri sendiri.

Agar rasa insecure tersebut tidak mengganggu dirimu dalam menjalani kegiatan sehari-hari, yaitu dengan cara :

Pahami Apa yang Dirasakan

Dilansir dari Everday Health, cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi insecure adalah menanyakan pada diri sendiri mengapa tidak merasa nyaman. Hal ini karena insecure bisa saja berasal dari berbagai penyebab.

 Ubah Perspektif

Coba untuk pikirkan diri sendiri. Berhenti memandang diri sendiri terlalu kritis. Sebab, rasa insecure sendiri bisa muncul karena cara pandang yang terlalu berlebihan terhadap diri sendiri.

Lakukan Hal Terbaik yang Diketahui

Temukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik, seperti hobi yang disukai dan bisa membangun rasa percaya diri. Atau bisa dengan melanjutkan pendidikan hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Sekecil apa pun pencapaiannya, beri hadiah untuk diri Anda sendiri. Hadiah tersebut merupakan sebuah penghargaan untuk diri sendiri sehingga bisa membantu dalam menghilangkan pandangan negatif di masa yang akan datang.

 Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan sangat melelahka

“Cantik itu belum tentu bahagia.” (Rara)

 

Referensi

Asta, Derina. Insecure Dalam Psikologi.  https://dosenpsikologi.com/insecure-dalam-psikologi. Di akses 11 oktober 2020

 

Aryanto, Fakhiriyan.2020. Insecure adalah Rasa Tidak Percaya Diri dalam Segala Kondisi Pahami Cara Mengatasinya. https://hot.liputan6.com/read/4321931/insecure-adalah-rasa-tidak-percaya-diri-dalam-segala-kondisi-pahami-cara-mengatasinya di akses 11 oktober 2020

 

Ade,Chandra.2020. Mengenal Insecure dan Cara Mengatasinnya.

 https://satupersen.net/blog/insecure-mengenal-dan-cara-mengatasinya

 

Wildan, Muhamd.2019. 7 kutipan Qouets Flim Imperfet.

https://www.kincir.com/movie/cinema/quotes-nonton-film-imperfect di akses 11 oktober 2020

0 comments:

Post a Comment