29.10.20

Aku Ngapain Sih?

Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA
(Sumber gambar: BeritaBojonegoro.com)

Oleh : Yudit Ilham Ramadhana

Dunia tengah diguncang oleh kehawatiran karena adanya suatu virus yakni corona atau covid-19, virus yang kecil namun mampu membunuh ratusaan ribu orang. Munculnya virus ini menjadi duka bagi seluruh dunia, karena telah menyebar hampir ke seluruh dunia, dan Indonesia merupakan salah satunya. Meningkatnya persebaran covid-19 di Indonesia sendiri sudah tercatat dengan positif terjangkit 396.454 orang, sembuh 322.248 dan meninggal 13.512 orang. (OkeNews,27 Okt 20)

Persebaran virus yang cukup luas dan cepat ini tentunya menumbuhkan kekhawatiran yang berdampak ke banyak sektor. Ekonomi merupakan sektor yang dirasa sangat terdampak oleh adanya persebaran covid-19. Mulai dari para pengusaha hingga para pekerja atau karyawan dan para serabutan merasakan imbas dari persebaran virus ini.

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan nilai sosial kebersamaannya, yaitu saling membantu. Kegiatan sosial banyak digalakan oleh berbagai elemen, mulai dari pemerintahan, intansi, komunitas dan kelompok sosial lainnya, sehingga masa pandemi ini menjadi masa yang sangat tepat untuk merajut kebersamaan, toleransi, tolong-menolong antar umat beda agama dan kepercayaan, tanpa mempertanyakan apa suku dan kebudayaan mereka tetapi atas nama kemanusiaan dalam memerangi virus ini.

            Mahasiswa sebagai agen of change tentunya sangat bisa menjadi pelopor ditengah masyarakat untuk bersama-sama memerangi virus ini, salah satunya dengan menjadi penggiat sosial atau mengkampanyekan perang melawan covid-19. Sebagai mahasiswa, kita juga dapat mengerahkan kemampuan kita selama berada di akademisi agar dapat bermanfaat dimasa pandemi seperti ini, misalnya program studi Kedokteran dapat mengkampanyekan kesehatan, program studi Ekonomi membantu pemulihan atau strategi dalam berwirausaha, dan masih banyak lagi program studi yang mampu membantu pemulihan dimasa pandemi seperti ini. Jadi, ayo kita gunakan ilmu yang telah kita dapatkan agar dapat bermanfaat dan berguna bagi orang lain.

Referensi :

https://nasional.okezone.com/read/2020/10/27/337/2300345/update-corona-di-indonesia-27-oktober-2020-positif-396-454-orang-322-248-sembuh-13-512-meninggal (diakses pada 27 Oktober 2020)


0 komentar:

Posting Komentar