25.9.20

Ilmu yang berhubungan di dalam psikologi klinis

 

Psikologi Klinis Dan Ilmu Yang Berhubungan Di Dalamnya

Hesmi nurhidayatun

183104101186

Psikologi Klinis

Dosen Pengampu Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A.


Psikologi klinis merupakan cabang ilmu psikologi yang berfokus pada diagnosis yang memiliki tujuan memahami,mencegah, dan mengurangi ketidakmampuan gangguan dan kenyamanan yang menimbulkan masalah psikologis. Sejarah lahirnya psikologi klinis di telisik dari sisi sejarah di temukan oleh Lightner Witmer seorang pria berkebangsaan Amerika. Witmer adalah seorang  alumni dari Universitas Pensylvana pada tahun 1988. Witmer bekerja di program doktoral bidang psikologi bersama Wilhem Wundt di Leipzig (Wiramihardja, Sutardjo 2006).

Psikologi klinis sendiri hadir untuk menangani beberapa masalah psikologis seseorang  seperti Kecemasan yang berlebihan,depresi,trauma psikologis,pikiran atau perilaku yang menyakiti diri sendiri maupun menyakiti orang lain,autis serta masalah perilaku lainnya. Penanganan tersebut hanya dapat di tangani oleh ahli klinis menurut IPK Indonesia dalam Permenkes No. 45 tahun 2017 bahwa  wewenang Psikolog Klinis diantaranya adalah:

a.       Pelaksanaan asesmen psikologi klinis

b.      Penegakan diagnosis dan prognosis psikologi klinis

c.       Penentuan dan pelaksanaan intervensi psikologi klinis

d.      Melakukan rujukan

e.       Pelaksanaan evaluasi proses asesmen dan intervensi psikologi klinis.

Psikologi klinis sendiri erat kaitanya dengan ilmu psikologi seperti :

a.       Psikologi klinis dengan kesehatan mental

Kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari oleh individu yang di dalam nya terdapat kemampuan untuk mengelola stress dalam kehidupan.

b.      Psikologi klinis dengan psikologi abnormal

Psikologi abnormal sendiri merupakan salah satu cabang psikologi dalam bidang klinis dimana psikologi abnormal ini mempelajari pola perilaku abnormal seseorang dan menggunakan cara tertentu untuk membantu orang yang mengalami perilaku abnormal tersebut.

c.       Psikologi klinis dengan psikoterapi

Psikoterapi juga bagian dari psikologi klinis, psikoterapi bisa di lakukan oleh ahli psikoterapi psikolog atau psikiater, psikoterapi merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk menangani masalah psikologis pada pasien.

Dalam hal ini psikologi klinis dan bidang ilmu yang terkait di dalamnya membahas dan mempelajari kesulitan-kesulitan serta rintangan-rintangan emosional yang bisa saja di alami oleh individu dengan demikian di samping perawatan medis seorang pasien juga membutuhkan pendampingan  psikolog klinis,pendampingan ini berguna untuk membantu pemulihan kesehatan aspek mentalnya.

 Referensi

A.    Wiramihardja, Sutardjo,         Pengantar Psikologi Klinis.    Bandung:        PT.       Refika, Aditama, 2007.

https://ipkindonesia.or.id/peraturan-dan-undang-undang-terkait-profesi-psikolog-klinis/  (diakses tanggal 25 september 2020)

https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-mental (diakses tanggal 25 september 2020)

http://news.unair.ac.id/2019/10/10/paradigma-kesehatan-mental/ (diakses tanggal 25 september 2020).

https://www.alodokter.com/psikoterapi-untuk-mengatasi-gangguan-kesehatan-mental (diakses tanggal 25 september 2020).

 

0 comments:

Post a Comment