7.8.20

“PROGRAM PSIKOLOGI UP45 JUM’AT BERBAGI” BIRO PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Oleh:

Sulfi Amalia, S. H., M. H.

Amin Nurohmah, S. Pd., M. Sc.

Universitas Proklamasi 45  Yogyakarta


Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) saat ini telah mengguncang kehidupan manusia di dunia termasuk kehidupan masyarakat di Indonesia. Meskipun berbagai upaya percepatan penanganan COVID-19 telah dilakukan, namun pandemi tersebut berdampak pada seluruh aspek kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik dan kebiasaan hidup masyarakat. Dampak tersebut salah satunya adalah harus sesuai dengan Protokol Penaggulangan COVID-19. Pandemi ini juga memicu terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan banyak sektor usaha yang harus berhenti operasional atau gulung tikar. Tentu saja banyak masyarakat yang tidak siap dengan kondisi itu, khususnya masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah kebawah. 

Program Studi Psikologi dan Biro Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dibantu oleh para donatur, melaksanakan Kegiatan Psikologi Universitas Proklamasi 45 Berbagi, yang selanjutnya disebut Psikologi UP45 Jum’at Berbagi. Kegiatan tersebut berlangsung sebanyak 4 kali dan telah dilaksanakan setiap hari Jumat mulai dari Jum’at 26 Juni, 3 Juli, 10 Juli, dan 17 Juli Tahun 2020. Selama kegiatan berlangsung telah dibagikan kurang lebih 400 (empat ratus) nasi bungkus bagi masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19. Mereka adalah mahasiswa UP45, karyawan UP45 dan masyarakat sekitar wilayah Babarsari dan Kledokan. Nasi bungkus tersebut lebih banyak dibagikan kepada masyarakat luar UP45 (Babarsari dan Kledokan) yaitu kepada masyarakat yang lebih membutuhkan seperti driver ojol, pemulung, tukang becak dan sebagiannya. Tidak hanya itu, nasi bungkus juga dibagikan ke masjid Al-Islam Tambak Bayan Babarsari yang dikhususkan kepada jamaah yang melaksanakan shalat jumat di masjid tersebut.

Kegiatan Psikologi UP45 berbagi diharapkan bisa membantu mahasiswa, karyawan dan masyarakat sekitar kampus Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Lebih lanjut, harapannya kegiatan ini lebih mengajarkan mengenai pentingnya berbagi khususnya untuk masyarakat yang membutuhkan. Kedepannya, Prodi Psikologi dan Biro Psikologi UP45 akan terus berupaya melaksanakan kembali program/kegiatan tersebut dengan konsep yang berbeda. Sehingga dengan berjalannya program ini bisa memberikan dampak yang baik bagi Universitas khususnya Prodi Psikologi dan Biro Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.




0 comments:

Post a Comment