15.6.20

VITAMIN MOTIVASI SOLUSI KARYAWAN PENING

Vitamin Motivasi Solusi Karyawan Pening

 

Erlyna Rahma Sari (19.310.410.084)

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Motivasi sudah seperti vitamin bagai setiap orang. Motivasi diperlukan untuk menumbuhkan semangat. Semangat yang terkuras sebaiknya disiram kembali dengan harapan atau kata-kata yang  membangun. Seperti tanaman harus disiram agar tidak layu. Diri kita tentu butuh motivasi untuk terus bekerja. Motivasi bisa didapatkan dari diri sendiri atau orang lain.  Apalagi bagi karyawan yang setiap hari gigih bekerja. Bekerja secara terus-menerus di tengan tumpukan beban kerja bisa menghilangkan semangat. Motivasi dalam bekerja bisa menumbuhkan semangat saat tenaga sudah terkuras habis. Motivasi merupakan suatu kekuatan potensial yang ada pada diri seseorang manusia, yang dapat dikembangkannya sendiri, atau dikembangkan oleh sejumlah kekuatan luar yang pada intinya sekitar imbalan moneter dan imbalan non moneter, yang dapat mempengaruhi hasil kinerjanya secara positif atau negatif, hal mana tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang yang bersangkutan (Winardi, 2001:45).

Motivasi (Sumber: Riaukarya.com)

Persoalan yang biasa terjadi adalah karyawan yang kelelahan dan merasa penat dengan beban pekerjaan akan kehilangan motivasi kerja. tentunya akan menjadi kendala dalam bekerja. Tulisan ini membahas tentang pentingnya motivasi kerja. Hal ini penting karena motivasi dalam bekerja sangat dibutuhkan para karyawan, sebab akan ada dorongan untuk tetap giat bekerja secara tim maupun individu. Jika antar rekan kerja tidak solid dan kurang komunikasi motivasi juga akan sulit terbangun. Idealnya karyawan bisa profesional  dalam berkerja meskipun beban pekerjaan menghantui.

Saling memotivasi antar rekan kerja bisa menjadi solusi. Hal ini penting, karena dua hal. Pertama, Dengan begitu setiap karyawan tidak kehilangan motivasi, alasannya setiap motivasi yang mulai luntur akan terisi kembali karena saling menguatkan satu sama lain. Kedua, beban pekerjaan akan terasa ringan, pekerjaan cepan selesai. Oleh karena itu disarankan kepada karyawan untuk menumbuhkan motivasi dalam bekerja setiap hari.


Bagaimana agar tercipta motivasi kerja? Berikut motivasi untuk karyawan.

Pertama, jalin komunikasi yang baik antar atasan atau rekan kerja. Menjalin komunikasi yang baik bisa memberi kesan adanya rasa dihargai dari setiap karyawan. Bisa memuji pekerjaannya yang bagus atau berbicara tentang hal diluar pekerjaan.

Kedua, berikan inspirasi. Pemberian inspirasi juga bisa menumbuhkan motivasi kepada karyawan. Misal beri contoh atau berkaca pada kesuksesan bisnis lain.

Ketiga, berikan kesempatan. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk memberikan idenya atau kreativitas. Hal ini akan memotivasi diri mereka.

Keempat, tidak terlalu mengkritik kesalahan. kelalian atau kesalahan memang perlu diatasi, namun jika kesalahan terjadi setelah karyawan bekerja keras, maka perlu dipuji. Memarahi karyawan akan membuat motivasi, inovasi, dan kreativitas mati. Lebih baik adakan evaluasi dengan emosi terkendali.

Kelima, beri penghargaan. Penghargaan berarti menunjukan apresiasi terhadap hasi kerja yang telah dicapai. Hal ini bisa membuat karyawan semakin termotivasi.

Menghadapi hilangnya motivasi dalam bekerja tentu akan berdampak pada kinerja karyawan. Hal ini bisa diatasi dengan adanya komunikasi yang baik, memberikan kesempatan untuk menjalankan idenya, selalu memberi masukan demi kemajuan bersama, dan memberi penghargaan. Bila itu semua bisa dijalankan, motivasi akan tumbuh pada diri karyawan dan beban pekerjaan dapat diatasi dengan baik.

Referensi:

Sutrischastini, A. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Kajian Bisnis, vol. 23(2). Hlm. 121-137.

Sumber gambar:

https://images.app.goo.gl/sXmcD1YxdopjQnLB6 (diakses pada 15 Juni 2020)

https://images.app.goo.gl/Gvgm7pX9Y72FdEef7 (diakses pada 15 Juni 2020)

https://images.app.goo.gl/DQ8BFSWPcHaQybrR6 (diakses pada 15 Juni 2020)

1 comment:

  1. Yap benar, dengan adanya motivasi akan membuat karyawan konsisten dalam bekerja, juga apabila motivasi tertanam dengan baik persaingan dalam bekerja akan tumbuh tanpa menghilangkan aspek kerja sama tim, itu bisa mamberikan dampak yang cukup bagus bagi mereka sendiri maupun perusahaan terkait.

    ReplyDelete