27.6.20

Seminar Online: Strategi Menghadapi New Normal dari Sisi Psikologis dan Ekonomi


Oleh:
Alia Nanda Rumekti
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

            New Normal adalah istilah yang sedang cukup booming ditengah masyarakat. New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal (Sumartiningtyas, 2020). New Normal tentu tidak mudah bagi seluruh masyarakat. Perlu adanya strategi khusus untuk menghadapi New Normal. Strategi tersebut diantaranya adalah strategi secara Psikologi dan Ekonomi. Psikologi dan Ekonomi dapat menjadi dasar bagi seseorang untuk beradaptasi. Psikologi berperan dalam penumbuhan pikiran dan perasaan positif. Ekonomi berperan dalam penyusunan rencana keuangan dan usaha. Lalu, bagaimana sebenarnya sisi Psikologis dan Ekonomi memandang New Normal?
          Seminar Online Strategi Menghadapi New Normal dari Sisi Psikologis dan Ekonomi ini memuat jawaban atas pertanyaan tersebut. Seminar ini merupakan kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Fakultas Psikologi UP45, HIMPAUDI cabang Kecamatan Ngaglik, UPT Pelayanan Pendidikan, KUI UP45, dan BUDDIES KUI UP45. Tujuannya adalah memberikan motivasi dalam menghadapi kondisi New Normal bagi guru, orangtua, mahasiswa, dan masyarakat umum. Seminar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Juni 2020, ini menghadirkan dua orang narasumber. Yaitu Ibu Dewi Handayani Harahap, S. Psi., M. Psi, Psikolog dan Dra. Eny Sulistyowati, M. M. Keduanya saling bersinergi dalam menyampaikan materi dari sisi keilmuan masing-masing.
            Ibu Dewi Handayani Harahap, S. Psi., M. Psi., Psikolog, sebagai Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi UP45 tentu lebih merujuk kepada tinjauan secara psikologis. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa strategi menghadapi New Normal yang utama adalah penerimaan diri (self-acceptance). Penerimaan diri menjadi hal yang sangat mendasar bagi seseorang untuk menghadapi transisi, perubahan, dan memudahkan dalam beradaptasi. Penerimaan diri tidak hanya sekadar berhenti bertanya “kenapa”, tetapi juga mulai memikirkan tentang solusi dari sebuah masalah. Beliau juga menuturkan bahwa ketika seseorang sudah mampu menerima dirinya, maka ia mampu menemukan strategi menurut versi pribadi masing-masing. Sebagai penutup materi beliau memberikan cara adaptasi secara psikologis. Cara tersebut adalah konsisten menjalani perubahan, mempertahankan pola baru, dukungan keluarga dan lingkungan sangat diperlukan, tidak berputus asa, pantang menyerah, serta kuatkan rasa syukur.
            Hal serupa juga dikemukakan Ibu Dra. Eny Sulistyowati, M. M., dalam materinya. Beliau yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi UP45, tentunya meninjau hal ini dari sisi ekonomi. Menurutnya, New Normal bisa berdampak pada perekonomian. Salah satunya disebabkan oleh hampir seluruh pelaku ekonomi tidak bisa berproduksi secara penuh. New Normal mungkin diharapkan oleh sebagian masyarakat. Terutama masyarakat yang bergantung pada penghasilan harian dan kini menganggur. Pengaruh New Normal terhadap perekonomian adalah pemulihan yang lambat, bisnis akan berubah, protokol kesehatan menjadi ketat di dunia usaha. Ada beberapa perubahan yang perlu diantisipasi dalam menghadapi New Normal. Salah satunya adalah memperhatikan kebersihan dan keamanan dari produk yang dijual. Hal ini disebabkan karena perkiraan usaha yang akan berkembang adalah usaha yang berbasis kebutuhan, keamanan, kesehatan, dan kebersihan.
           Covid-19 pada kenyataannya berdampak pada berbagai sektor. Pandemi ini juga menyebabkan kerugian dari berbagai sisi. Hal ini membuat masyarakat harus segera bangkit dan menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi ini. Penerimaan diri adalah langkah awal yang tepat dalam tahap penyesuai diri terhadap kondisi ini. Penerimaan diri yang baik akan menuntut seseorang untuk dapat menyusun rencana hidupnya berikutnya, termasuk perencanaan usaha. Orang yang mampu bertahan dalam kondisi sulit bukanlah orang yang paling kuat atau pintar. Melainkan, orang yang mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.

Daftar Pustaka:

Sumartiningtyas, H. K. (2020, Mei 26). Kompas.com. Diambil kembali dari https://www.kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/26/163200023/apa-itu-new-normal-presiden-jokowi-sebut-hidup-berdamai-dengan-covid-19


0 comments:

Post a Comment