14.6.20

SELF-ISOLATION : BERSOSIALISASI SECARA DARING?


Tirsa Venta Han / 19310410058
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Pandemi Covid-19 sudah merebak ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Awal maret 2020, Indonesia mengkonfirmasi kasus pertamanya. Sampai Juni 2020, jumlah kasus sudah mencapai puluhan ribu. Hanya dalam tiga bulan, kondisi Indonesia yang semula normal mengalami banyak perubahan drastis. Hampir seluruh Instansi Pemerintahan sudah menjalani Work From Home selama Pandemi ini merajalela. Pemerintah menghimbau semua masyarakatnya untuk Self-Isolation di rumah selama Pandemi ini masih mewabah. Namun dengan adanya Self-isolation, maka timbullah persoalan-persoalan.

Salah satu persoalan yang timbul akibat adanya Self-Isolation yaitu seluruh kegiatan sosialisasi secara tatap  muka dalam masyarakat menurun drastis. Hal ini tentu dapat membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental seperti kesepian, stress, bahkan hingga depresi. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang diharuskan menjalin interaksi dengan manusia lain. Namun, Pandemi Covid-19 ini mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak antara satu dengan lain sehingga Virus ini dapat diminimalisirkan.

Tulisan ini terutama ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia yang menjalani Self-Isolation di rumah. Sosialisasi memang merupakan kebutuhan dasar manusia, karena dengan menjalin interaksi dengan orang lain maka seseorang akan merasakan rasa aman dan  bahagia, namun untuk sementara waktu ini lakukanlah sosialisasi secara daring dari rumah masing-masing. Patuhi himbauan Pemerintah dengan tetap di rumah saja. Jika masyarakat Patuh dan Pandemi ini dapat diminimalisirkan, maka kegiatan-kegiatan sosialisasi secara tatap muka akan lebih cepat kembali normal.

 Cara apa saja yang bisa dilakukan agar sosialisasi tetap baik selama Pandemi Covid-19 ini masih merajalela? Mari kita simak empat tips dibawah ini.
  1. Telepon atau Video Call. Pergunakan aplikasi yang tersedia untuk melakukan Video Call dengan keluarga dan teman. Aturlah waktu dan bahaslah topik yang menarik.
  2. Kegiatan secara daring. Tidak bisa nongkrong atau ata makan bersama? Pergunakan aplikasi yang memungkinkan aktivitas Video Call dengan banyak teman agar bisa nongkrong secara virtual.
  3. Bermain game daring. Jika anda bosan, bermainlah game daring bersama teman-teman. Misalnya Ludo yang sedang banyak dimainkan sekarang ini.
  4. Media sosial. Manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan teman atau keluarga. Lakukan interaksi yang positif dengan saling menyemangati.

Bersosialisasilah secara daring ditengah-tengah kondisi mewabahnya Pandemi Covid-19 ini. Banyak aplikasi yang dapat menunjang kegiatan sosialisasi secara daring. Meskipun Pandemi ini masih belum berakhir, mari pastikan bahwa sosialisasi anda dengan lingkungan tetap berjalan baik.  Yuk lakukan empat tips diatas!

DAFTAR PUSTAKA
Tim, CNN Indonesia. (2020). Cara Bersosialisasi saat Self Isolation di Tengah Corona.
CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200318133338-284-484501/cara-bersosialisasi-saat-self-isolation-di-tengah-corona (Diakses pada tanggal 7 Juni 2020)

SUMBER GAMBAR
            corona (Diakses pada tanggal 7 Juni 2020)

0 comments:

Post a Comment