14.6.20

Seleksi Calon Karyawan: Tips and Trik Sukses Interview Generasi Milineal Harus Tahu

UJIAN AKHIR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI 1
(Semester Genap 2019/2020)
Wahyu Hidayah / 19310410052
Dosen Pengampu : Dr Arundati Shinta MA
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Keberuntungan dalam hal apa pun, termasuk mendapatkan pekerjaan, memang harus diciptakan. Hal ini karena keberuntungan tidak akan turun dari langit. Semakin pandai kita menciptakan peluang keberuntungan, maka semakin dekatlah Dewi Fortuna dalam kehidupan kita. Bagaimana menurut kalian guys? bener nggk guys, nah aku dapat kata-kata itu dari dosen aku ibu Sinta, jadi kita juga harus tahu nih tips dan trik gimana sih biar kita sukses interview sebagai generasi milenial ini, kamu harus tahu tipsnya, yuk kita bahas satu persatu.

Sebelum kita bahas tips dan trik untuk wawancara kita akan membahas tentang apa sih pengertian dari seleksi dan wawancara itu sendiri. Seleksi adalah usaha pertama yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh karyawan yang kualifikasi dan kompeten yang akan menjabat serta mengerjakan semua pekerjaan pada perusahaan. Menurut marwansyah seleksi adalah proses identifikasi dan pemilihan orang-orang dari sekelompok pelamar yang paling cocok atau yang paling memenuhi syarat untuk jabatan atau posisi tertentu. Gomes (1995: 1 17) pengertian seleksi adalah serangkaian langkah kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah seorang pelamar diterimaditolak, tetap/tidaknya seorang pekerja ditempatkan pada posisi - posisi tertentu yang ada di dalam organisasi. Kemudian bagaimana dengan pengertian dari wawancara adalah suatu jenis tahapan dalam seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar/pencari kerja dengan pihak perwakilan dari organisasi yang mempekerjakan untuk melihat, apakah calon pekerja merupakan kandidat yang tepat atau tidak. Sebelum tahap wawancara kerja biasanya didahului oleh evaluasi rangkuman riwayat hidup tiap pencari kerja, kemudian perusahaan akan memilih sejumlah kecil kandidat untuk melakukan proses selanjutnya yaitu wawancara kerja. Sampai saat ini wawancara kerja masih dipandang sebagai salah satu proses yang paling penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi karyawan potensial yang di diperlukan oleh perusahaan. Dalam tahap wawancara kerja memungkinkan calon karyawan untuk dapat mendapatkan informasi seputar budaya kerja dan peraturan-peraturan dalam sebuah perusahaan. Wawancara kerja biasanya memiliki beberapa tahapan. Di Indonesia biasanya tahap paling awal setelah seleksi administrasi adalah wawancara dengan staf rekrutmen, selanjutnya wawancara kerja dengan calon atasan, atau bisa juga jajaran direksi, bahkan beberapa perusahaan menggunakan jasa profesional konsultan dari kalangan psikolog agar mendapatkan karyawan yang lebih potensial, loyal, dan sehat secara rohani. Tujuan dari wawancara bagi kita untuk menerangkan keahlian dan kualifikasi yang dimiliki yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan diisi. Wawancara kerja masih menjadi momok bagi sebagian orang apalagi pencari kerja yang baru lulus kuliah nih, selain dari CV setiap cerita dan gerak-gerik yang ditampilkan oleh kita para pencari kerja bisa dinilai dalam hati oleh HRD, bayanganmu akan tatapan dan pertanyaan tajam para HRD pun melebihi ngerinya keroyokan dosen penguji saat pendadaran, mulai sekarang jauhi momokmu itu! Ini dia tips dan trik sukses interview kerja untuk generasi milenial.

1. Siapkan penampilan kamu secara elegan
tips yang pertama nih guys siapkan penampilan kamu secara elegan hadapi interview kerja dengan memperhatikan penampilan kenapa hal ini jadi hal pertama yang harus dipersiapkan sih sebab penampilan itu citra diri pribadi jika kamu berpenampilan yang benar maka akan memberikan kesan menarik penampilan yang benar dan menarik itu tak harus mengenakan pakaian mahal yang penting rapi simple namun enak dipandang.
Hindari baju warna cokelat, oranye, dan merah. Baju cokelat memberikan kesan kuno, pasif, tak berpikiran terbuka, dan tidak bisa diatur. Sementara baju warna merah bisa mengesankan orang yang terlalu ambisius dan seksi sehingga membuat beberapa orang tak menyukai hal ini. Sedangkan oranye menjadi warna baju terburuk saat dipakai untuk wawancara kerja. Warna baju oranye dapat memberikan kesan tidak profesional. Lalu warna baju apa yang terbaik? Warna baju terbaik untuk wawancara kerja adalah navy blue. Biru tua memberikan kesan percaya diri dan supel. Namun jika Anda akan bekerja di perusahaan kreatif, ungu bisa menjadi pilihan bagus yang memberikan kesan artistik.

2.Kenali  lajari perusahaan
yang selanjutnya adalah kenali dan pelajari perusahaan ketika mendapat panggilan untuk interview, apakah kamu sudah bersiap diri untuk menghadapinya? kamu harus mencari tahu informasi penting tentang perusahaan yang kamu lamar supaya kamu bisa mengenal visi dan misi perusahaan serta bagaimana sih skill kamu agar sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

3. Jawab pertanyaan dengan santai namun tegas. Tunjukkan hal tersebut saat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh si pewawancara dan jangan lupa ketika menjawab usahakan kamu tetap tersenyum sehingga aura optimis terpancar dari wajah kamu. Sebelum itu pelajari pertanyaan apa aja yang biasanya dipertanyakan dalam interview contohnya pertanyaan seputar data diri kamu tentang kemampuan dan pengalaman seputar hak dan kewajiban sebagai calon karyawan. Kamu bisa mempelajari pertanyaan yang biasanya keluar di wawancara di link berikut ini : https://id.wikipedia.org/wiki/Wawancara_kerja

http://keberuntungan.web.id/_karir.php?_karir=menulis-cv

4. Jelaskan apa yang menjadi kekurangan kamu tapi jadikan itu sebagai peluang dari kelebihanmu.
jangan asal menginformasikan apa kekurangan namun lebih kepada kekurangan yang bisa jadi kelebihan misalnya gini nih “kekurangan saya adalah saya akan merasa bosan jika tidak ada target dari perusahaan karena saya tipe orang yang tidak bisa bekerja ketika tidak dipancing dengan hal yang menantang” jadi anda menjelaskan kekurangan yang justru membuat perusahaan tertarik meminang Anda bekerja di perusahaannya.

5. Jelaskan  dan uraikan secara singkat alasan kamu bekerja di perusahaan tersebut.
Berikan alasan yang wajar dan objektif tanpa terkesan sedang membanggakan diri atau “menjilat” dengan keinginan agar diperhatikan. Ingat, si pewawancara adalah orang yang paham tentang psikologi seseorang. Jadi, jangan asal memberikan jawaban, sebab satu kata saja memengaruhi nilai Anda di mata si pewawancara. So, cara menghadapi interview kerja yang satu ini sangat penting diketahui mengingat jarang yang memahami hal tersebut.

6. Yang terakhir nih guys, kita bahas tentang gaji. Gimana caranya agar gaji sesuai dengan harapan kita, yang pertama jangan menyinggung nominal gaji jika tidak ditanyakan, menyebutkan nominal gaji di saat yang tidak tepat akan mengurangi tingkat profesionalitas kamu sebagai pelamar jadi tunggu HRD  mengarah pada pertanyaan yang berhubungan dengan gaji, kamu baru bisa mematok gaji yang diinginkan dan jangan lupa siapkan alasan yang mendasari kamu menyebutkan nominal gaji tersebut. Kemudian yang selanjutnya adalah jangan langsung menolak tawaran gaji pada saat negosiasi baru dimulai,  jika perusahaan menawarkan gaji yang tidak sesuai dengan harapan, jangan langsung bersikap acuh tak acuh itu akan membuat kamu langsung dicoret dari daftar kandidat, sebaiknya lakukan negosiasi mendekati nominal gaji yang diinginkan jika ternyata tawaran gaji di awal masih jauh dari apa yang diharapkan. Tunjukkan sisi positif dan juga kelebihanmu ya guys agar perusahaan itu luluh dan menyetujui negosiasi yang kamu negosiasikan.

Daftar pustaka:
B, Denny. 2009. Proses Seleksi dalam Departemen SDM dalam : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/proses-seleksi-dalam-departemen-sdm.html(diakses pada 14 Juni 2020)

Dipboye, R. L., & Macan, T. (1988). A process view of the selection-recruitment interview. In R.Schuler, V.Huber, & S.Youngblood (Eds.), Readings in personnel and human resource management (pp. 217–232). New York: West.

Grensing, Lin dan Phopal. 2006. Human Resources Book: Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.

Huffcutt dan Arthur (1994)

Janz, T. (1982). "Initial comparison of patterned behavior description interviews versus unstructured interviews.". Journal of Applied Psychology67: 577–580. doi:10.1037/0021-9010.67.5.577.

Latham, G. P., Saari, L. M., Pursell, E. D., & Campion, M. A. (1980). The situational interview. Journal of Applied Psychology, 65, 422–427 dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Wawancara_kerja (diakses pada 14 Juni 2020)

Marwansyah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Riggio, R. E. (2003). Introduction to industrial / organizational psychology. New Jersey: Upper Saddle River. Chapter 4. Employment selection pp. 79- 122.

Shinta, A. (2012). Psikotes & keberuntungan dalam berburu pekerjaan. (tersedia di http://lintaskampusup45.blogspot.com/2012/12/psikotes-dan-keberuntungan-dalam.html)

http://dictionary.cambridge.org/dictionary/business-english/job-interview(diakses pada 14 Juni 2020)

Sumber gambar:

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Frepublika.co.id%2Fberita%2Fpmc6kr368%2F7-kesalahan-ini-bisa-bikin-wawancara-gagal-total&psig=AOvVaw0MQdsJ0w3hSbuYYdhHIqUn&ust=1592191298174000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCMDPl4ytgOoCFQAAAAAdAAAAABAE

29 comments:

  1. Bagus kak beemanfaat, terus smngt menulis nya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kembali kasih kak 🤗😊 Semangat berbagi kebaikan ❤️

      Delete
  2. Alhamdulillah dapat ilmu tambahan, terima kasih kak. Ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. kembali kasih kak Imel, semoga selalu diberikan kesempatan untuk berbagi 🤗😊

      Delete
  3. Sangat membantu:)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Alhamdulillah, semoga sukses ya kak, terimakasih 🤗😊

      Delete
  5. Yups bener.., memang wawancara termasuk hal terpenting disebuah perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan yang ingin bekerja di perusahaanya dan untuk mengahadapi hal itu kita bener2 harus dipersiapkan entah dari pakaian kita harus rapi, gaya bicara kita, pengetahuaan kita tentang perusahaan yang kita lamar dn terpenting adalah skill kita karena ada beberapa perusahaan yang meminta bukti nyata setelah melihat CV yang kita bawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak bener banget, jadi apa yg ada di CV kita harus benar² kita alami ya, harus jujur.
      Terimakasih kak 😊🤗

      Delete
  6. Wawancara merupakan bagian penting dalan seleksi karyawan, Memang benar kita harus mempersiapkan diri dan belajar bagaimana agar wawancara yg kita hadapi tidak terlalu menakutkan dan berjalan lancar.
    Terimakasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, begitu ya kak, kembali kasih, semoga bermanfaat 😊🤗

      Delete
  7. Sangat membantu, semangat terus mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih, semangat juga 🤗😊

      Delete
  8. Bermanfaat sekali kak, semangat terus yaaa 😊

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat sekali kak, semangat terus yaaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih 😊🤗
      Keep spirit 😄

      Delete
  10. Bermanfaat sekali kak sering sering buat yaa :)🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat juga untuk yang lain, terima kasih..semangat belajar nulis lagi 🤗😊

      Delete
  11. Emb.. Makasih bgt kak.. Tambahan ilmu ini sangat bermanfaat bagi saya, karena di masa pandemi ini lowongan kerjaan sangat sedikit. Sehingga ilmu seperti ini sangat bermanfaat bila ada panggilan kerja saya bisa menyiapkan dan bisa sedikit lebih paham bagaimana menghadapi pewawancara..
    Trima kasih kak wahyu hidayah..
    Semangat terus membagikan ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih kak, semangat terus, semoga keadaan segera membaik 🤗😊

      Delete
  12. Weww terimakasih infonya. Menarikk

    ReplyDelete
  13. Terimakasih kak artikelnya sangat bermanfaat, semoga bisa membantu kaum milenial yg belum punya pengalaman interview 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih kak, Alhamdulillah, semoga selalu bermanfaat.. 😊🤗

      Delete
  14. Alhamdulillah nambah ilmu tentang interview,menarik untuk dibaca. Semoga bermanfaat yaa kak. Sukses mulia ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga selalu bermanfaat, sukses mulia ❤️😊

      Delete