14.6.20

RENDAH HATI BOLEH, RENDAH DIRI JANGAN


Tirsa Venta Han / 19310410058
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Sikap rendah hati merupakan sikap positif yang disarankan untuk dimiliki setiap individu. Sedangkan sikap rendah diri adalah sikap negatif yang sangat tidak disarankan untuk dimiliki karena akan berdampak buruk bagi diri sendiri. Sikap rendah diri hanya akan merugikan diri sendiri Istilah rendah diri digunakan untuk menyebut konsep diri yang rendah (inferiority complex), orang yang menderita “penyakit” rendah diri bersikap amat negatif, tidak menyukai diri sendiri dan pesimis tentang kemungkinan untuk menjadi manusia yang diidamkan (Centi, 1993:13). Banyak persoalan yang terjadi akibat adanya sikap rendah diri.

Persoalan-persoalan yang ditemui akibat adanya sikap rendah diri yaitu seseorang yang akhirnya menyendiri dan menarik diri dari pergaulan, ragu dalam bertindak, tidak mau bersaing secara positif dan sebagainya. Hal – hal tersebut tentu sangat merugikan diri sendiri. Sikap rendah diri disebabkan oleh dua faktor, antara lain yang pertama, faktor internal yang adalah faktor dari diri sendiri misalnya cacat tubuh, kelemahan dalam bidang tertentu dan sebagainya. Kedua, faktor eksternal yang adalah faktor dari luar misalnya keluarga yang lemah perekonomiannya dan sebagainya.

Tulisan ini terutama ditujukan untuk semua individu yang selalu memiliki sikap rendah diri. Rendah diri adalah sikap yang sangat merugikan karena hanya akan membuat anda selalu berpandangan buruk terhadap diri sendiri. Hingga akhirnya anda menjadi takut untuk memulai sesuatu, ragu untuk mencoba hal baru, tidak berkembang, dan pesimis dengan segala hal karena yang ada hanyalah rasa minder, minder dan minder. Individu yang rendah diri hanya akan berpandangan bahwa dirinya akan selalu gagal. Hal ini tentu tidak baik bagi diri karena akan berdampak buruk pada kondisi psikis anda.

Bagaimana cara mengatasi sikap rendah diri? Yuk simak enam tips berikut.
  1. Sadari bahwa setiap orang pastilah memiliki kelemahan dan kelebihan. Terima kekurangan Anda dan cari kelebihan lain yang Anda miliki. 
  2. Berpikir positif terhadap diri sendiri. Yakinlah bahwa Anda lebih baik dari apa yang Anda pikirkan.
  3. Berikan afirmasi postif kepada diri anda untuk merangsang conscious mind (pikiran sadar) dan sub-conscious mind (pikiran bawah sadar) yang dapat meningkatkan keyakinan anda dalam melakukan tindakan.
  4. Tingkatkan kepercayaan diri dengan bergaul di lingkungan orang-orang yang dapat menimbulkan sikap positif pada diri Anda. Selain itu, bacalah buku-buku yang dapat memotivasi diri Anda.
  5. Tentukan tujuan hidup Anda guna mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.
  6. Jangan menganggap suatu kegagalan seperti akhir dari kehidupan. Bangkit dan jalani semuanya untuk hasil yang lebih baik lagi.

Tips-tips diatas merupakan tips sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara untuk mengatasi rasa rendah diri yang dialami. Berpandanganlah bahwa anda juga adalah manusia beruntung yang berhak bahagia. Jangan hanya berpandangan bahwa kegagalan merupakan bagian anda dan keberhasilan merupakan bagian orang lain. Mulailah dari berpikir positif, maka tips-tips diatas dapat anda lakukan dengan baik.
                                          
DAFTAR PUSTAKA
Centi, P. J. (1993). Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta: Kanisus.
Redaksi Dokter Sehat. (2018). Ciri-Ciri Orang Rendah Diri dan Tips Mengatasinya.
Dokter Sehat. https://doktersehat.com/ciri-ciri-orang-rendah-diri-dan-tips-mengat asinya/ (Diakses pada tanggal 10 Juni 2020)

SUMBER GAMBAR
            (Diakses pada tanggal 10 Juni 2020)

0 comments:

Post a Comment