14.6.20

Hubungan Gaya Belajar Dosen dengan Motivasi Mahasiswa





Sekar Pramesthi Armindariani/19310410072 


Dr. Arundanti Shinta. M.A

Fakultas Psikologi Univeritas 45

Motivasi belajar mahasiswa dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan dalam diri mahasiswa yang mendorong dan mengarahkan perilakunya kepada tujuan yang ingin dicapainya dalam mengikuti pendidikan tinggi (Sardiman, 2011). Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar seseorang adalah kondisi lingkungan mahasiswa, antara lain dosen dengan segala aspek yang dimilikinya termasuk metode pembelajaran, penggunaan model-model pembelajaran yang tepat, kemampuan pengelolaan kelas, kemampuan berkomunikasi secara interpersonal dengan mahasiswa, media, kurikulum perguruan tinggi , sarana dan prasarana belajar dan tata tertib serta kedisiplinan Uno (2010). 

Komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan antara pengirim pesan (sender) dengan penerima (receiver) baik secara langsung maupun tidak langsung (Suranto, 2011). Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya (Muhammad, 2005). Hubungan mahasiswa dengan dosen di dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga mahasiswa ingin belajar dan dosen nyaman dalam mengajar.
                                           (Sumber Gambar : Damarjaya)

Proses mencapai tujuan pembelajaran, maka dosen harus mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Metode harus sesuai dengan materi pembelajaran yang akan membuat mahasiswa mudah memahami dan mencerna materi yang disajikan. Selanjutnya jika pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas monoton dan tidak menarik perhatian mahasiswa, maka akan membuat mahasiswa menjadi sulit belajar yang akhirnya mendatangkan kejenuhan belajar.

Kesulitan belajar adalah salah satu gejala yang nampak pada mahasiswa yang ditandai dengan prestasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan mahasiswa yang lainnya, bahkan prestasi belajar jauh lebih rendah dari pada sebelumnya. Mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar akan menghambat proses belajar mereka, yang pada akhirnya mendatangkan kejenuhan belajar, sehingga membuat prestasi belajar mereka menjadi menurun. Kejenuhan belajar membuat mahasiswa menjadi malas belajar dan sulit berkonsentrasi, sehingga berdampak pada menurunnya daya serap mahasiswa terhadap materi dan berimbas kepada menurunnya prestasi belajar atau tidak adanya peningkatan prestasi sesuai yang diharapkan dalam proses pembelajaran (Sugihartono, 2007: 81)
                                                    (Sumber Gambar: Pribadi)
Dosen  berperan penting dalam miningkatan motivasi mahasiswa dalam belajara karena dosen adalah salah satu komponen penting dalam dunia perkuliahan maupun dalam pematangan para mahasiswa. Apabila kita ingin memajukan sebuah bangsa dari para remajanya tentu diperlukan tenaga pengajar dan pendidik yang memang benar mampu dalam hal tersebut.


Dosen memiliki banyak tugas dalam beberapa bidang namun dalam kegiatan akademik, idealnya  dosen juga harus memerhatikan hal-hal berikut ini. 



  •   Memiliki gaya mengajar yang mampu merangsang belajar mahasiswanya

Seorang dosen diharapkan mampu memberikan stimulus atau rangsangan kepada para mahasiswa untuk semakin giat belajar. Mahasiswa akan lebih mudah menyerap bahan mata kuliah saat mereka dilibatkan didalamnyaMemiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan jelas
Komunikasi menjadi kunci bagaimana materi kuliah bisa tersampaikan dengan baik. Informasi yang didapatkan harus bisa dipahami dengan baik. Seorang dosen saat memberikan materi juga diharapkan mampu mengkaitkan teori, prinsip-prinsip, serta penerapan konsep tersebut secara praktis.
3.     

  •        Materi kuliah wajib dikuasai
Dosen diwajibkan memahami apa yang akan diajarkan kepada mahasiswanya. Ngga lucu kan kalo pas ditanya mahasiswanya malah ngga bisa jawab, hehe. Punya modal dalam penguasaan materi dan ilmu pengetahuan yang luas serta mendalam sangat dibutuhkan saat mengajar dalam suatu perkuliahan.


  •        Mampu mengorganisir segala bentuk perkuliahan
Kemampuan dalam membuat perencanaan perkuliahan selama satu semester, seminggu, maupun sehari merupakan salah satu cara untuk bisa mengajar dengan baik. Untuk memudahkan mahasiswa dalam menyerap mata kuliahnya, coba garis bawahi ide-ide yang utama. Selain itu gunakan alat bantu beljar dengan baik seperti memanfaatkan LCD dengan baik maupun alat bantu lainnya.


  • Materi kuliah wajib dikuasai
Dosen diwajibkan memahami apa yang akan diajarkan kepada mahasiswanya. Ngga lucu kan kalo pas ditanya mahasiswanya malah ngga bisa jawab, hehe. Punya modal dalam penguasaan materi dan ilmu pengetahuan yang luas serta mendalam sangat dibutuhkan saat mengajar dalam suatu perkuliahan.

  •   Mampu mengorganisir segala bentuk perkuliahan
Kemampuan dalam membuat perencanaan perkuliahan selama satu semester, seminggu, maupun sehari merupakan salah satu cara untuk bisa mengajar dengan baik. Untuk memudahkan mahasiswa dalam menyerap mata kuliahnya, coba garis bawahi ide-ide yang utama. Selain itu gunakan alat bantu beljar dengan baik seperti memanfaatkan LCD dengan baik maupun alat bantu lain.

  •    Punya keterbukaan, kreativitas, dan flesibilitas
Gaya dalam penyajian kuliah diharapkan mampu menggunakan gaya yang beragam dan tidak monoton. Dia juga berusaha menyajikan ide-ide baru secara berkala untuk menghindari kejenuhan selama perkuliahan. Dia harus mampu membaca cara yang tepat untuk berhadapan dengan mahasiswanya, bagaimana semuanya mampu fokus kepadanya melalui metode pendekatan yang tepat.



Dosen sangatlah berperan penting dalam proses pembelajaran maupun menentukan output dari para mahasiswanya. Output disini tidak hanya secara nilai saja tapi yang lebih penting adalah output dalam hal profesionalitas. Karena sangat diharapkan lulusan dari mahasiswa-mahasiswa mendapatkan skill yang lebih baik dari mereka yang tidak beruntung dalam melanjutkan pendidikannya. Dosen harus mempunyai konsep pembelajaran yang memang mampu menentukan hasil yang baik dalam pembelajaran. Mungkin setiap mahasiswa baru akan mengalami perubahan-perubahan karena zaman yang juga terus berkembang.

Referensi
Uno,    H.B.    2010.    Teori    Motivasi    & Pengukurannya Analiasis Dibidang Pendidikan (1rd ed). Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman,    A. M.    2011.    Interaksi    dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali  
Suranto, A.W 2011. Komunikasi interpersonal.   Yogyakarta:   Graha Ilm
Muhammad, A. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugihartono, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press 

LSP3I. (2019). " Idealnya Peran Dosen"

Sumber Gambar

Damarjaya. “Dosen Ima Mengajarin Motivasi Mahasiswa Damarjaya Siap Hadapi Dunia Kerja”

1 comment: