14.6.20

KUNCI PERCAYA DIRI


Tirsa Venta Han / 19310410058
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Abdul Mu’in Amien, Endang (2000 : 9) mengemukakan bahwa kepercayaan diri merupakan suatu keadaan dalam diri seseorang yang berisi kekuatan, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang. Tidak semua individu memiliki rasa percaya diri. Ada yang memiliki rasa percaya diri rendah ada juga yang bahkan tidak memiliki rasa percaya diri. Rasa tidak percaya diri ini mampir ke semua orang tanpa memandang siapa dia. Tahukah anda mengapa rasa tidak percaya diri ini tidak baik untuk kesehatan mental anda? Ya, karena rasa tidak percaya diri menimbulkan berbagai persoalan.

Persoalan-persoalan yang terjadi akibat rasa tidak percaya diri salah satunya yaitu rasa rendah diri akan menguasai kehidupan individu tersebut dan individu tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang selalu berorientasi pada pesimisme. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan mental seseorang karena akan membuat dirinya merasa selalu kurang,  tidak mampu, tidak berdaya, putus asa, tidak memiliki daya juang dan sebagainya. Dan seharusnya rasa tidak percaya diri ini tidak dipertahankan sebagai sifat dasar seseorang .

Tulisan ini terutama ditujukan untuk semua individu yang memiliki rasa tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri hanya akan mengurung anda jika anda tidak bergerak sama sekali. Sungguh sangat tidak menguntungkan memiliki rasa tidak percaya diri.  Milikilah pemahaman bahwa apa yang ada pada diri anda, hanya anda yang paling paham. Tampilkan kemampuan, kekuatan dan keterampilan yang anda miliki karena tidak semua orang memiliki apa yang anda punya. Setiap individu berbeda. Jadi, mengapa jika berbeda? Tidak ada yang salah bukan? Kemampuan, kekuatan, dan keterampilan anda itu luar biasa.

Apa saja kunci kepercayaan diri? Mari simak cara efektif berikut.
  1. Berpikir positif. Fokuslah pada potensi diri anda, bukan keterbatasan anda. 
  2. Mengenali diri sendiri. Ketahui dan akui keterbatasan anda, jujurlah pada diri sendiri. Namun, jangan  terfokus padanya.
  3. Bayangkan pencapaian dan keberhasilan. “Fake it until you make it.”  Tipuan imajinasi tentang keberhasilan, setidaknya dapat memotivasi anda untuk terbiasa optimis dan merasa mampu. 
  4. Jadilah berani. Beranilah menampilkan apa yang anda miliki, jangan malu-malu.

Rasa tidak percaya diri akan menjadi percaya diri jika dirimu mau berusaha. Keberhasilan dan kebahagiaan adalah milik semua individu tanpa terkecuali. Jangan memikirkan malu, yang terpenting adalah anda berani menampilkan potensi anda sehingga dapat beroptimis bahwa anda berhasil dan bahagia. Anda pantas sehat mental! Mari sama-sama berani untuk percaya diri.

DAFTAR PUSTAKA
Rohayati, I. (2011). Program bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan percaya diri
siswa. Jurnal UPI, Edisi Khusus,(1). http://jurnal.upi.edu/file/36-ICEU_ROHAYATI .pdf (Diakses pada tanggal 10 Juni 2020)
Tim, CNN Indonesia. (2019). Cara-cara Efektif Meningkatkan Kepercayaan Diri. CNN
Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190712123140-284-411 556/cara-cara-efektif-meningkatkan-kepercayaan-diri (Diakses pada tanggal 10 Juni 2020)

SUMBER GAMBAR
            ktif-meningkatkan-kepercayaan-diri (Diakses pada tanggal 10 Juni 2020) 

0 comments:

Post a Comment