6.6.20

PERUSAHAAN : MAU SUKSES? YUK SELEKSI DENGAN TELITI !

Oleh :
Tirsa Venta Han / 19310410058
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 



     Setiap organisasi memiliki kriteria masing-masing dalam seleksi karyawannya. Sondang P Siagian (2006:131) Seleksi adalah proses yang terdiri dari berbagai langkah spesifik, yang diambil untuk memutuskan pelamar mana yang akan diterima atau pelamar mana yang akan ditolak. Seleksi ini didasarkan kepada spesifikasi tertentu dari setiap perusahan bersangkutan.  Cara – cara yang biasanya digunakan organisasi – organisasi untuk melakukan seleksi terhadap karyawannya antara lain : seleksi administrasi, testing (psikotest, tes keahlian dan sebagainya), dan bekerja sebagai percobaan. Berbagai persoalan ditemukan saat sesi seleksi telah selesai. 

     Persoalan yang paling banyak ditemukan yaitu seperti hasil seleksi yang tidak sebanding dengan prestasi kerja karyawan tersebut. Ada karyawan yang hasil seleksinya sangat bagus tapi saat bekerja karyawan tersebut tidak mampu menorehkan prestasi sebaik hasil seleksinya. Hal ini tentu bukan persoalan yang biasa saja karena ini menyangkut kesuksesan perusahaan itu sendiri. Jika perekrutan terjadi pada karyawan yang tidak mampu berprestasi baik, maka akan berdampak buruk terhadap penilaian perusahaan tersebut oleh organisasi lain. Oleh karena itu, dalam setiap perekrutan karyawan perusahaan, sebaiknya benar-benar memperhatikan kriteria yang sebanding dengan kemampuan karyawan saat penyeleksian.

     Tulisan ini terutama ditujukan untuk perusahaan-perusahaan yang ingin meraih kesuksesan. Kesuksesan perusahaan paling banyak berada di tangan karyawannya. Jika karyawan yang dimiliki sebuah perusahaan sesuai dengan kriteria dan mampu berprestasi, maka semua target perusahaan akan tercapai semaksimal mungkin dan penilaian dari organisasi lain terhadap perusahaan akan semakin meningkat. Karyawan berprestasi akan menghasilkan Kinerja yang baik dalam perusahaan dan itu akan berdampak positif terhadap perusahaan tersebut.

     Apa saja yang harus diperhatikan  oleh sebuah perusahaan saat proses seleksi terhadap calon karyawannya? Yuk simak empat hal yang harus diperhatikan secara teliti. 
  1. Karakter : Perusahaan harus merekrut seseorang yang benar-benar telah memiliki karakter yang dibutuhkan oleh perusahaan.  Karakter bisa  diketahui dengan bertanya kepada tempat kerja sebelumnya. Karakter juga bisa dilihat dari masa percobaan yang diberikan kepada calon karyawan tersebut.
  2.  Kompetensi : Artinya memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan seseorang untuk suatu pekerjaan. Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melihat kompetensi seseorang. Tiga cara tersebut adalah melihat dari CV yang mereka berikan kepada kita, bertanya ke atasan ia di tempat sebelumnya, dan hasil evaluasi kerjanya pada masa percobaan. 
  3.  Kinerja : Hasil kerja secara kuantitas dan kualitas seseorang. Kinerja dipengaruhi oleh kompetensi dan karakter. Tanpa kompetensi dan karakter yang bagus, seseorang akan kesulitan menghasilkan kinerja yang bagus. Kinerja dapat dilihat dari hasil kerja yang diciptakan selama masa percobaan. 
  4.  Motivasi : Artinya yang membuat seseorang nyaman dan bahagia melakukan sesuatu. Untuk mengetahui motivasinya, tanyakan kepada calon karyawan tersebut tentang apa motivasi ia ingin bekerja di perusahaan atau bisa juga bertanya apa cita-cita terbesar yang ia miliki dalam hidup untuk ia wujudkan.


     Sebuah perusahaan yang memperhatikan proses penyeleksian pada calon karyawannya dengan baik dan teliti, akan memperoleh karyawan yang berprestasi. Perusahaan tersebut akan selalu optimal dalam pencapaian target-target yang telah ditentukan. Selain itu, perusahaan tersebut juga akan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahan yang lainnya.

DAFTAR PUSTAKA
Dun’yana, D. (2008). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Pada PT
Siloam Motor Bandung. (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama). https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/4369/Bab%202.pdf?sequence=7 (Diakses pada tanggal 5 Juni 2020)
Bisnis Manajemen. (2014). K3M: 4 Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Rekrutmen
Karyawan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/manajemenbisnis.info/54f 85662a33311315e8b4ad8/k3m-4-hal-yang-harus-anda-perhatikan-dalam-rekrutmen-karyawan (Diakses pada tanggal 5 Juni 2020) 

SUMBER GAMBAR
(Diakses pada tanggal 5 Juni 2020)

0 comments:

Post a Comment