8.6.20

Penutupan Sementara Jalan Desa Akibat Covid-19


Penutupan Sementara Jalan Desa Akibat Covid-19


Hesmi nurhidayatun
183104101186
Psikologi lingkungan

Sejak mewabahnya covid-19 di indonesia beberapa pekan lalu banyak desa desa melakukan lockdown atau penutupan akses desa mandiri,hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran covid yang meluas, tidak sedikit desa desa yang menerapkan penyemprotaan apabila hendak berkunjung sedangkan untuk masyarakat luar kota diharapkan lapor kepada ketua Rt setempat.

Sejak adanya lock down mandiri di gang-gang desa masyarakat membatasi interaksi di luar rumah sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19,masyarakat juga bekerja sama dalam pencegahan covid-19 dengan penyemprotan desinfektan kerumah rumah warga,selain itu terdapat tenda di jalan utama yang di jaga oleh pemuda guna mengetahui aktivitas keluar masuk desa,dengan menyemprotkan desinfektan ke kendaraan.
Adanya lock down atau penutupan gang gang di desa ini mendapat beragam tanggapan dari warga setempat ada yang mengkhawatirkan aksi penjagaan di pintu pintu masuk jalan utama akan mengundang kerumunan orang yang berjaga sehingga di takutkan terjadinya kontak. Mengingat hal tersebut justru membahayakan bagi kesehatan warganya sendiri,apalagi saat menjaga di area utama pintu masuk social distancing tidak di patuhi oleh pemudanya.
Lock down di gang-gang desa bukanlah lock down secara penuh jika lockdown secara penuh warga dilarang berinteraksi dan melakukan kegiatan diluar rumah, lock down yang dimaksdukan adalah lock down untuk membatasi interaksi  dan warga masih tetap bisa beraktivitas di luar rumah seperti bekerja,namun saat warga beraktivitas di luar rumah di wajibkan menggunakan masker.
Dengan adanya penutupan jalan di gang-gang desa secara mandiri di harapkan warga tidak terinfeksi oleh virus covid-19 yang sedang menyebar  hampir dunia seluruh dunia, warga juga di berikan edukasi mengenai tata cara mencuci tangan yang baik dan benar serta menyiapkan setidknya keran air dan sabun di luar rumah guna untuk mencuci tangan setelah beraktivitas di luar ruangan.

Referensi


0 comments:

Post a Comment