14.6.20

Pengaruh Dari Persepsi Orang Tua Pada Remaja Dalam Memilih Antara Kuliah Atau Bekerja


Ujian Akhir Semester Psikologi Sosial I
( Semester Genap 2019/2020 )

Putri Sartika / 19310410001
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kita jalani pada saat ini, apalagi di era modern ini. Segala sesuatunya didasarkan atas dasar pendidkan yang kita miliki, misalnya untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau mau melamar pekerjaan. Setiap tahunnya banyak dari lulusan siswa-siswi yang ingin daftar ke Perguruan Tinggi favoritnya dan ada juga yang langsung melamar pekerjaan.

            Terkadang yang menjadi problematika pada remaja adalah ketika kita ingin mendaftar ke Peguruan Tinggi atau melamar pekerjaan adalah keterlibatan orang tua dalam pendidikan ataupun kariernya. Permasalahan ini memang sering terjadi, ketika sang anak ingin melanjutkan kuliah di universitas pilihannya atau melamar pekerjaan, orang tua menyarankan kepada anaknya agar mengikuti nasihat dari mereka. 

            Konflik tentang harapan orang tua dapat mempengaruhi persepsi anak. Persepsi tersebut akan diterima secara berbeda oleh masing-masing remaja. Ada remaja yang akan mempersepsikan itu sebagai suatu motivasi dan dukungan dari orang tua, sedangkan ada juga remaja yang lain akan menganggapnya sebagai suatu tekanan bagi dirinya sendiri. Remaja sering mengalami dilema yang sangat besar antara mengikuti kehendak orang tua atau mengikuti keinginannya sendiri.

            Namun permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik dengan cara saling memberi pengertian satu sama lain, misalnya ketika anak sudah diizinkan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan jurusan yang sang anak inginkan. Maka gunakanlah kesempatan itu dengan baik, dengan cara menunjukkan prestasi yang diperoleh di Perguruan Tinggi tersebut. Begitu juga ketika ingin melamar pekerjaan, alangkah baiknya orang tua tau tempat kerjanya dimana dan posisinya sebagai apa.

            Begitupun dengan orang tua, sudah saatnya orang tua memberikan kepercayaan kepada anaknya dalam mengambil suatu keputusan, walaupun sudah diberi kepercayaan tetapi anak masih dalam pantauan orang tua walaupun itu jauh. Berikan lah dukungan dan support pada anak agar anak tetap semangat dalam menjalni apapun keputusan dan tetaplah menjaga kepercayaan satu sama lain.

Referensi :

Wahyono Tri. (2010). Keputusan Orang Tua Dalam Menentukan
Pendidikan Tinggi Bagi Anak Perempuan Di Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo.

Mashadi Ircham. (2015). Problematika Dan Solusi Mahasiswa Yang Bekerja Bagi Keberlangsungan Belajarnya. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Walisongo: Semarang.

Dita Dityas H, Erti Ikhtiarini, Latifa Aini S. (2014). Hubungan Persepsi tentang Kesesuaian Harapan Orang Tua Dengan Diri dalam Pilihan Studi Lanjut dengan Tingkat Stres Pada Siswa Kelas XII di Kabupaten Jember. Jurnal Pustaka KesehatanJurnal Pustaka Kesehatan. 2(1): 125-126

Alfikalia. (2017). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Imiah Psikologi. 8(1): 42-54

0 comments:

Post a Comment