14.6.20

PEMANFAATAN INTERNET DI BIDANG BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID 19


   Ujian Akhir Psikologi Industri (Semester Genap 2019/2020)
                                                                       

         Inri Riyanti Pieter/19310410077
    Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
      Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA.


Kuliah 2 : Tren Industri

        Saat ini penggunaan internet untuk berbagai keperluan telah merambat ke segala sektor industri maupun kepada pengguna individu. Kemunculan internet telah banyak memberikan pengaruh dalam dunia teknologi, ekonomi dan bisnis. Perilaku para pelaku usaha yang semakin memperlihatkan grafik kenaikan secara signifikan, menandakan bahwa peran dari internet menjadi sangat vital demi peningkatan ekonomi, baik perusahaan maupun perorangan.
          Fenomena ini menandakan sebuah babak baru dalam perdagangan jual-beli online yang disebut e-commerce. Peluang usaha jenis ini dimanfaatkan banyak pelaku usaha mikro guna meningkatkan pendapatan baik perorangan maupun kelompok. Kemajuan inilah yang coba dimanfaatkan para pelaku usaha dalam memasarkan produk, dengan biaya yang relatif lebih murah, serta pemanfaatan waktu yang jauh lebih efisien sehingga ruang lingkup dari pemasaran mampu menjangkau seluruh bagian dari proses penjualan secara lebih sistematis.
        Dinamika penerapan bisnis komersial, proses jual-beli yang terjadi dalam sistem ecommerce sangat berbeda dengan sistem konvensional dimana semua proses mulai dari mencari informasi mengenai barang atau jasa yang diperlukan, melakukan pemesanan, hingga pembayaran dapat dilakukan secara elektronik melalui media internet. Ini menandakan literasi akan teknologi digital di masyarakat Indonesia, sudah cukup baik. Hal ini didukung dengan penetrasi internet yang telah menjangkau banyak daerah di Indonesia.
        Peran teknologi informasi dalam suatu perusahaan dikemukakan oleh Kadir & Triwahyuni (2003:546) bahwa : Untuk mempermudah bagi para pekerja di suatu organisasi dalam memperoleh informasi, teknologi informasi biasa dilibatkan. Secara lebih khusus, organisasi umumnya menerapkan sistem informasi.

                                                                         
     Gambar. Penetrasi internet per wilayah
        Penetrasi internet per wilayah dari seluruh pengguna internet di Indonesia, dapat dilihat bahwa Pulau Sumatera memiliki tingkat penetrasi mencapai 21,6% pengguna, Pulau Jawa mencapai 55,7% pengguna, Pulau Kalimantan mencapai 6,6% pengguna, Pulau Sulawesi dan Papua mencapai 10,9% pengguna, serta Pulau Bali dan Nusa Tenggara mencapai 5,2% pengguna (Sandryones,2020).
       Internet telah meluas hampir semua pelosok-pelosok pulau di Indonesia. Internet sangat berperan penting di zaman modern ini, apalagi di saat masa pandemic covid 19. Tanpa internet semua kegiatan berbisnis maupun belajar mengajar dapat terhenti,  Khususnya di bidang industri. Setiap bisnis atau penjualan membutuhkan seorang karyawan yang bukan hanya terampil tapi juga mengerti akan pentingnya media online atau internet. Para karyawan mulai bekerja dari rumah tanpa harus bertemu secara fisik.
     Situasi kerja yang menyenangkan ditandai dengan bersemangatnya karyawan dalam berkarya. Karya itu demi terwujudnya organisasi yang lebih baik dan lebih maju (Arundati, 2015). Suatu organisasi atau industri yang maju apabila industri tersebut mampu mengajari atau melati setiap karyawannya memanfaatkan internet dengan baik. Setiap karyawan ataupun industri yang masih kerja dengan sistem konvesional akan mengalami kerugian yang besar karena zaman modern saat ini semua orang ingin tetap tinggal disatu tempat namun bisa mengerjakan banyak hal dalam satu hari. Maka itu kehadiran internet sangat penting dalam era zaman modern.  Diharapkan dengan teknologi informasi individu dari perusahaan atau organisasi yang merupakan pemakai sistem tersebut menghasilkan output yang semakin baik dan kinerja yang akan meningkat (Bambang, 2005).

                                                                           
 
  Gambar. Pemanfaatan Internet
        Kecepatan dan hubungan antar jaringan dalam internet inilah yang memungkinkan dilakukannya transaksi bisnis jarak jauh, dan meningkatkan kinerja perusahaan bisnis yang memiliki berbagai cabang dibelahan dunia ini. lingkungan pebisnis dapat memanfaatkannya untuk membangun bisnis dengan jangkauan pasar tidak terbatas. Pola kehidupan sehari-hari berangsur-angsur mengalami perubahan sejak tercipta internet.. Selain itu pengusaha merasakan dampak yang positif Karena konsumen dapat mengetahui produk yang mereka tawarkan juga dapat meningkatkan penjualan melalui iklan yang mereka buat melalui media yang disediakan diinternet. Dengan adanya direct marketing melalui internet membuat masyarakat lebih percaya terhadap produk yang mereka tawarkan.
        Tidak hanya industri atau perusahan yang besar memanfaatkan internet tetapi pengusaha produk lokal juga memanfaatkan media internet dengan melakukan direct marketing terhadap produk-produk mereka di internet dengan memberikan penawaran khusus dan garansi terhadap produk yang telah terjual.
Berdasarkan pemaparan diatas Internet ibarat menjadi jantung yang mampu memajukan perekonimian suatu bangsa. Ibarat  dunia ada dalam satu genggaman, dengan internet pemerintah dapat menekan angka pengangguran, perluasan lapangan pekerjaan. Untuk itu bijaklah dalam menggunakan internet dengan baik.




Daftar Pustaka
Sandryones Palinggi, Erich C. Limbongan. 2020. Pengaruh internet terhadap industri   ecommerce dan regulasi perlindungan data pribadi pelanggan di Indonesia. Institut Teknologi Bandung. Journal vol P-ISSN:2527-5321 E-ISSN:2527-594.
Guritno, Bambang dan Waridin. 2005. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja. JRBI.
Kadir, Abdul Dan Triwahyuni, Terra. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi.
Arundati Shinta, Bimono dan Esti Listiari.2015. Membangun Situasi Kerja Yang Lebih Menyenangkan Pada Karyawan Dengan Pengadaan Minuman Yang Bergizi Tinggi.. Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.vol 1

1 comment:

  1. Wah artikelnya sangat bermanfaat sekali kak, sangat membantu kaum milenial yg belum punya pengalaman interview 😊

    ReplyDelete