14.6.20

INSECURE : TERLALU MEMPERSOALKAN DAN TERLALU MENGABAIKAN


Tirsa Venta Han / 19310410058
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Semua individu pasti pernah mengalami yang namanya Insecure. Itu merupakan hal yang wajar. Namun akan tidak wajar apabila terlalu mempersoalkan dan terlalu mengabaikannya. Insecure atau rasa tidak aman bisa diartikan sebagai rasa takut akan sesuatu yang dipicu oleh rasa tidak puas dan tidak yakin akan kapasitas diri sendiri. Seseorang yang merasa Insecure berlebihan akan memicu dirinya menjadi individu yang tidak percaya diri. Bahkan Insecure dapat membuat seseorang harus menggunakan topeng agar sisi yang ingin disembunyikan tidak terlihat oleh orang lain. Insecure yang berlebihan tentu akan menimbulkan berbagai persoalan.

Persoalan – persoalan yang timbul karena Insecure yaitu yang pertama, seseorang akan selalu memiliki rasa cemas (Anxiety) berlebihan terhadap pandangan orang lain tentang dirinya. Kedua, membuat individu menjadi pribadi yang penakut untuk menampilkan sisi aslinya. Ketiga, membuat individu menjadi pribadi yang rendah diri sehingga mengakibatkan munculnya perasaan-perasaan negatif seperti gelisah, rasa tidak mampu, takut gagal dan sebagainya. Keempat, membuat seseorang menjadi pemalu sehingga ragu-ragu untuk melakukan suatu hal dan menarik diri dalam berhubungan dengan orang lain.

Tulisan ini terutama ditujukan untuk semua individu yang merasakan Insecure berlebihan. Terlalu mempersoalkan rasa Insecure hanya akan membuat individu menjadi cemas dan menutup diri. Suatu hal yang membuat diri tidak nyaman memang akan membuat diri berpikir negatif.  Namun yang terpenting adalah setiap individu harus lebih mencintai dirinya sendiri. Terlalu mengabaikan juga akan membuat seseorang menjadi pribadi yang acuh tak acuh sehingga tidak akan berusaha membenahi diri menjadi lebih baik. 

Hal – hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi perasaan Insecure? Mari simak hal-hal dibawah ini.
  1. Pahami apa yang anda rasakan. Tanyakan pada diri sendiri “Mengapa anda merasa tidak aman?” karena setiap perasaan Insecure memiliki banyak penyebab. Namun akan lebih baik jika diri sendiri mengetahui akar dari rasa Insecure yang dialami.
  2. Mengubah perspektif.  Pikirkan diri sendiri, pikirkan orang lain yang menghargai diri sendiri, dan pikirkan hal-hal positif lainnya.
  3. Melakukan hal terbaik. Lakukan hal terbaik versi anda. Jangan fokus terhadap orang lain. Lakukan hobimu atau aktivitas positif lainnya.
  4. Jangan bandingkan diri dengan orang lain. Cintai diri sendiri. Lakukan hal-hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. 


Insecure adalah hal yang wajar karena tidak ada yang sempurna di bumi ini. Lawanlah rasa Insecure dengan mencintai diri sendiri. Jangan terlalu memikirkan pandangan orang lain dan hal-hal yang menjatuhkan dirimu. Manusia tidak akan memiliki rasa puas. Begitupun orang-orang yang berkata negatif tentang dirimu. Jika terus menanggapi dan membandingkan, maka itu hanya akan membuat diri menjadi lelah. Yuk atasi Insecure dengan mulai mencintai diri sendiri!

DAFTAR PUSTAKA
Mu'awwanah, U. (2017). Perilaku Insecure pada Anak Usia Dini. aṣ-ṣibyān: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 48-55. file:///C:/Users/Margareth/Downloads/1 336-145-3347-1-10-20190128.pdf (Diakses pada tanggal 7 Juni 2020)
Rahman, S, F. (2020). Mudah, Begini 6 Cara Mengatasi Perasaan Insecure. Liputan6.
https://www.liputan6.com/health/read/4148986/mudah-begini-6-cara-mengatasi-perasaan-insecure (Diakses pada tanggal 7 Juni 2020)

SUMBER GAMBAR                        
            e (Diakses pada tanggal 7 Juni 2020)

0 comments:

Post a Comment